Friday, February 12, 2016

Rupa-Rupa Tahu Isi


Musim hujan seperti ini, salah satu cemilan favorit pastinya gorengan ya teman-teman. Di pinggir jalan banyak yang jual gorengan, tapi alangkah lebih baik jika membuat sendiri di rumah. Lebih enak..lebih sehat dan lebih bersih serta ekonomis tentunya. Beragam menu gorengan sudah banyak di web aku ini. Silahkan teman-teman  pilih mana yang menjadi favorit ya..di search aja di kolom search pojok kanan atas.

Kali ini aku mau mengulas aneka rupa tahu isi ah..soalnya ini merupakan salah satu jenis gorengan favoritku. Tahu..aja enak..apalagi di beri isian yang gurih..hemmm..cemal cemil nggak terasa dech..apalagi di makan anget-anget sambil nyeplus cabe rawit..hemmm..enak..!

Tahu isi macam-macam rupa ya..kalau dari Jawa Barat atau sunda..yang terkenal itu Gehu, ada Gehu isi sayur, Gehu Pedas. Atau tahu isi Sumedang isi, banyak di jual juga di pinggir jalan ya..di gerobak gitu..yang khusus jual tahu Sumedang. Biasa hanya di isi taoge dan wortel, serta daun bawang. Tahu yang di pakai tahu Sumedang yang sudah gurih dan dalamnya masih agak basah, tapi berongga, jadi ada celah untuk mengisi isiannya. Tahu Sumedang isi ini, lapisan tepungnya tipis, dan lebih kriuk renyah. Beberepa waktu lalu lagi booming juga trend Gehu Pedas atau tahu isi pedas, yaitu tahu isi, yang isiannya di tambah cabai, jadi terasa pedas. Resep Gehu pedas sudah pernah aku posting di SINI.

Tahu Sumedang isi, seperti ini ya..teman-teman penampakannya , biasa tahunya gak kecil-kecil..jadi makan banyak gak terasa..hihi.


Kalau di Yogya, tahu isi di sebut Tahu Susur. Mungkin karena bentuknya seperti susur yang biasa di makan nenek-nenek ketika nyirih...hihi. Tahu susur ini pakai tahu yang semi agak basah, bisa tahu putih atau kuning. Balutan tepungnya lebih kental, mirip adonan mendoan, agar isian bisa tertutup dan tidak belepotan ketika di goreng. Isian tahu susur ini biasanya, kol iris, wortel iris, taoge dan daun bawang yang di tumis dan di bumbuin gurih. isian lalu di *susurkan ( di isikan ke tahu yang di belah nggak putus, celup adonan tepung lalu di goreng. Rasanya juga enak banget, karena adonan tepung yang lembut sedikit kriuk jika hangat, berpadu dengan lembut tahu dan isiannya yang gurih..hemmm..enak banget di makan anget-anget sambil nyeplus cabai rawit hejo..hemmm..!

Seperti ini rupa tahu susur ala Yogya..:) Resepnya..sudah pernah aku posting di SINI.


Kalau Di Semarang, tahu isi terbuat dari tahu pong, tahu pasar biasa yang di goreng hingga kering dan berongga bagian dalamnya, sehingga jika di isi tumisan isian itu bisa gendut-gendut..hihi. Tahu pong isi Semarang ada dua macam, ada yang isian tumisan sayur, kol, wortel, daun bawang, taoge, seperti foto di bawah ini, atau isian tumisan rebung seperti isian lumpia Semarang, seperti foto yang pertama di atas. Semuanya enak menurutku. Resep Tahu Pong isi Semarang, resepnya ada di SINI, sedang yang isian rebung resepnya sudah pernah aku tulis di SINI.

Oke..semoga bermanfaat sedikit info tentang tahu isi ini ya teman-teman..silahkan di coba dan pilih mana yang sesuai selera ya..:)


5 comments :

  1. favoritq juga ni mbak di :D
    Cuman suami engga doyan, jadi kalau q bikin tahu isi sama dianya isinya dikeluarin.hihihi

    ReplyDelete
  2. Tahu susur emang Te O Pe Be Ge Te.....­čĹŹfavoritku mbak

    ReplyDelete
  3. Mbak, bikin olahan gembus susur dong,pasti enak mbak..dulu waktu aku tinggal dijogja sering beli gembus susur enak,yg jualan didekat sma muhi jogja, ga tau sekarang masih jualan apa ga..pedes, gurih, enake pool..hehehe..*didi, banten*

    ReplyDelete
  4. Kalo saya suka tahu yg isi nya bakso..nyam..nyam..

    ReplyDelete
  5. Menu masakan berbahan Tahu selalu menggoda selera. Meskipun tahu itu hanya di goreng srenk dan disandingkan dengan sambel petis rasanya sudah TOP banget

    ReplyDelete