Friday, February 5, 2016

Sosis Kremes



Di web ku ini sudah sering banget mengulas tepung kremes yang aku jual..tapi ya masih banyak juga teman yang nanya gimana cara membuat kremes yang baik..yang bisa di gulung, yang nggak berminyak, dll. Sebenernya tips hingga step by step udah komplet sich aku tulis, cuma memang mau buat videonya yang nggak klakon terus..karena masih belum ada waktu syuting..hahah..*artis kali..syuting..LOL..! Maksudnya tuch yang nge shoot yang nggak ada waktu..huhu. Kalau pakai tripod sudah pasti kurang fokus dan terlalu lama durasinya..hihi.


Okeh..ini aku kasih contoh lagi olahan kremes selain buat ayam, tempe, udang, dll ya teman-teman..yaitu sosis. Nich untuk contoh teman-teman yang mau usaha kremesan, pakai sosis yang murah meriah aja aku buatnya..yang beli di tukang sayur, 3  biji 3 ribu itu..hihi. Tetep menggoda kan sosis kremesnya ? Jadi..kuncinya menggulung kremesan di sosisnya ketika kremesan masih setengah kering, itu daya lengketnya masih kuat. Jadi setelah adonan kremes di tuang di wajan, di minyak yang panas, kan akan langsung mengembang, nah..setelah kelihatan sarang kremesannya, kumpulkan ke tengah biar menyatu. Celup sosis ke adonan kremesan sebagai perekat, Letakkan di pinggiran kremesan yang sudah setengah matang, gulung, lalu padatkan. Sudah..jadi dech, tinggal di goreng sebentar hingga kering. Cepat kok gorengnya, nggak pakai lama lho...:D


Jika membuat sosis kremes ini pilih kremes, pastikan sosisnya sudah di *thawing atau di biarkan suhu ruang ya teman-teman, karena menggoreng kremesannya itu nggak lama. Jika masih beku, takutnya nggak matang sempurna sosisnya. Walau sebenernya sosois udah matang sich ya..hihi. Sosis kremes ini, bisa jadi lauk atau bisa di jadikan cemilan, karena tepung kremes yang aku jual itu nggak asin banget, dan cocok buat anak-anak. Tapi buat orang dewasa yang suka asin, ya tinggal tambah garam lagi sendiri. Kalau bumbu rempahnya udah komplet, jadi tinggal tambah air dan telur aja..siap di goreng dech kremesannya. 

Ini aku bahas lagi beberapa masalah yang sering di tanyakan teman-teman ketika menggoreng kremes ya :

Kremes nggak mengembang / menggumpal ketika di goreng : Itu karena mungkin minyak kurang panas, adonan sudah masuk. Ingat ya..adonan kremesan itu adonan cair dan encer, jadi jika minyak belum panas, maka nggak akan ngembang dech.

Kremesan rontok ketika di gulung : Itu karena telat menggulungnya. jadi gulung kremesan ketika setengah kering. Jika sudah terlanjur kering ya nggak akan nempel ke bahan yang di kremes.

Kremesan terlalu ngeprul : Hasil kremesan dari tepung kremes yang aku jual itu empuk renyah krememes, jika  mau lebih keras kriuknya, pakai telur utuh yang di kocok, tapi sedikit saja.

Kremesan berminyak : Minyak belum panas, adonan sudah masuk, bisa menyebabkan kremesan berminyak. Saring kremesan dengan serok berlubang dan biarkan kelebihan minyak mengalir, tiriskan di tisue dapur, ya begitu aja sich standart mengurangi minyak pada gorengan.

Minyak kotor kalau menggoreng kremesan karena remah-remah : Ya gampang tho..tinggal di saring aja pakai serok berlubang halus..hihi. Tapi kalau menggorengnya benar, nggak akan banyak remah-remahnya sich sebenernya.

Oke..kira-kira begitu dech seputar pertanyaan tehnik menggoreng kremesan yang sering di tanyakan teman-teman..semoga bermanfaat tipsnya ya..:)

Mau pesan TEPUNG KREMES nya ?..sms atau wa aja ya..ke 089654712500.


4 comments :

  1. dear mbak diah
    mbak aku udah pake tips2 dr mbak diah cr
    lbuat kremesnya. Jadi sih,tp untuk ukuran aku kok gorenganya kurang mateng ya. kremesmya mateng tapi isinya yg kurang mantep matengnya. gmn doonk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Isiannya d goreng dulu mbaaaa sampai mendekati mateng trs d angkat baru kremesannya d goreng sampe setengah mateng trs Isiannya masukin gulung goreng sampai kering

      Delete
  2. Wah bisa dicoba ini... makasih mbak tipsnya.... sangat membanti sekali ^^

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete