Wednesday, February 3, 2016

Pepes Jamur Tiram Bumbu Iris


Menu makan siang kali ini yang ringkas dan cepat saja ya teman-teman..yang penting enak kan..! Biasa..menu emak-emak..yang makan apa aja doyan..hihi. Kalau makan malam, baru masak yang komplet buat suami dan anak. Kalau siang mah..pakai sambel bawang dan tempe goreng aja udah enak..LOL !
Kali ini aku buat pepes jamur tiram...tapi bumbu iris. Biasanya kalau buat pepes pasti kan di ulek bumbu halusnya..tapi kalau ala Sunda itu pepes jamurnya di iris ya teman-teman. Aku di ajarin temen yang punya warung masakan Sunda. Kalau makan di salah satu resto ayam goreng, itu salah satu  menunya juga ada pepes jamur bumbu iris ini. Tapi pakainya jamur kancing segar, di atas jarang yang jual, harus ke pasar Gang Baru daerah pecinan sana..jadinya..aku ganti jamur tiram aja. Rasanya enak juga kok..dan lebih murah , bahannya juga mudah di dapat.

Untuk membuat pepes ini mudah banget, tinggal iris bumbu, campur jamur, bungkus..kukus dech hingga matang. Aku suka nggak lama-lama ngukusnya sekitar 30 menit aja..jadi masih ada kenyil-kenyil jamurnya. Jika mau lebih lama dan jamurnya jadi lembut ya nggak apa-apa, tambahin aja waktu ngukusnya ya teman-teman. Pilih jamur tiram yang segar ya..agar citarasa pepesnya manis dan fresh aroma jamurnya. Seperti ini nich jamur tiram yang segar, bisa di beli di pasar  dengan mudah. Kalau beli di supermarket sudah kecoklatan, itu sudah layu, jangan di beli ya teman-teman.



Okey ini dia resepnya ya teman-teman, cobain yuk jika suka jamur tiram. Pedasnya sesuaikan selera ya :)

Pepes jamur Tiram Bumbu Iris

Bahan :
2 bungkus jamur tiram ( lupa nimbang, sesuai di foto atas ya jumlahnya kira-kira ), cuci bersih, peras, dan suwir-suwir
1 buah cabai merah, iris serong
3 buah cabai rawit, iris serong
4 butir bawang merah, 2 siung bawang putih, iris tipis
2 batang daun bawang, iris kasar
1 lembar daun salam, potong-potong
1 sendok teh kaldu ayam
1 sendok teh gula pasir

Cara Membuat :
Aduk rata semua bahan, koreksi rasa sudah pas belum gurih manisnya
Ambil 2 lembar daun pisang, sendokkan adonan pepes secukupnya, bungkus bentuk tum, semat dengan lidi
Kukus hingga matang
Sajikan hangat


Di makan pakai mendoan aja udah enak...bikin mendoannya juga cepet, pakai tepung mendoan siap pakai jualanku yang udah ada bumbunya, jadi tinggal tambah air , buat goreng tempe, dll..praktis. Jadi..walau sibuk banyak kerjaan..tetep bisa masak buat makan siang..:D




3 comments :

  1. Kelihatan enak mba pepesnya, q juga penggemar mendoan.trmakasih mba.

    ReplyDelete
  2. Kelihatan enak mba pepesnya, q juga penggemar mendoan.trmakasih mba.

    ReplyDelete
  3. Aku suka jamur, prefer pilih jamur dibanding daging. Plus ini dikukus pula. Insya Allah jadi makanan sehat kalau menunya seperti ini.

    ReplyDelete