Tuesday, February 23, 2016

Lodeh Rebung Bumbu Ebi



Sekarang lagi musim rebung di Semarang. Perasaan selalu ada sich rebung di sini..yang membedakan itu harganya. Kalau lagi musim seperti sekarang  ini, harganya bisa murah banget. Tapi..kalau ngga musim...jangan tanya..harganya bisa mahal sekali..hihi. Makanya harga lumpia Semarang itu juga mahal..:D Sekarang nich lagi musim rebung muda, mungkin karena musim hujan ya, jadi pohon-pohon bambu banyak tunasnya. Jadi panen rebung melimpah dech. Kalau lagi musim rebung seperti ini, beli beberapa ribu aja dapat banyak. Kalau di rumah Yogya sich..gratiss..tinggal petik...hihi. Tapi..memang rebung Semarang nich menurutku rasanya beda sama rebung di tempatku di Yogya..yang rasanya itu agak pahit, kalau buat lumpia nggak enak..rebungnya..enaknya cuma di sayur.

Makanya di Semarang nich..olahan lumpia isi rebungnya jadi terkenal banget, karena memang rebung sini itu enak..dan nggak pahit. Jadi sangat cocok untuk isian lumpia. Sedang rebung mudanya..enak di sayur atau di olah jadi aneka masakan. Tapi favoritku dari sejak dulu kala kok ya di sayur lodeh , plus daun so, jangan ketinggalan..hihi. Untuk menu anak-anak sebenernya juga enak kok rebung muda ini teman-teman, bisa di buat orak-arik misalnya, seperti isian lumpia itu, cocok buat lauk anak-anak.

Kali ini aku masak rebung bumbu iris aja, plus tambahan bumbunya tak kasih ebi..wah tambah sedep rasanya. Rasa rebungnya jadi manis kres enak sekali jika di masak sayur lodeh seperti ini. Lebih enak lagi jika di inapkan semalam dulu, jadi bumbu-bumbu makin meresap, paginya di panaskan lagi, buat sarapan, wah enak sekali. Rebung nich banyak serat dan gizi juga lho sebenernya teman-teman..hihi. Walau ada juga mungkin ya..yang malu makan rebung...atau nggak doyan. Kalau aku kok  nggak..dari jaman kecil ya udah biasa makan rebung..hahah...saingan sama Panda..:D

Oke dech..siapa yang suka rebung alias bambu muda..yukk..cobain :)

Lodeh Rebung Bumbu Ebi

Bahan :
300 gram rebung, iris tipis, rebus hingga empuk
700 ml santan sedang
1 sendok makan ebi, rendam air panas hingga mekar
50 gram tempe semangit, potong-potong 
50 gram ( kira-kira 1 genggam daun so / daun melinjo muda )
1/2 sendok makan gula merah
1 sendok makan kaldu sapi
Garam sesuai selera
2 cm lengkuas, memarkan
2 lembar daun salam

Bumbu Iris :
6 bawang merah, iris tipis
3 siung bawang putih, iris tipis
6 cabai merah, iris tipis
3 cabai rawit, iris tipis

Cara Membuat :
Tumis bawang emrah, bawang putih, hingga matang dan harum
Masukkan cabai, aduk hingga layu dan matang
Masukkan ebi, tempe semangit, santan dan semua bumbu lain, didihkan
Masukkan rebung, masak hingga bumbu meresap dengan api kecil 
Koreksi rasa, terakhir masukkan daun so, masak hingga layu
Sajikan hangat

5 comments :

  1. Aku juga suka rebung mak, secara di belakang rumah ada rumpun bambu. Jadi terbiasa makan rebung. Kalau pahit nggak nya itu tergantung jenis bambunya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak..kalau di Semarang ku jarang nemu rebung pahit sich :D kalau di rumahku di Yogya memang agak pahit, tapi jika di olah jadi sayur ya berkurang, tapi kalau buat lumpia, kurang enak..rebung Yogya..:)

      Delete
  2. ngiler mb...:)
    minta price listnya ya mb...ke wiekcp@gmail.com...
    makasih...

    ReplyDelete
  3. klangenan jg ini mb,,sluruppss....;)

    mb DD ada resep bkin sosis sendirikah? kmrn nuggetnya enak..anakku suka... si kcl bilangnya kreasi bunda chera mmg enak,,nyontek tnte diah didi lg ya bun,,kakaknya nimpalin..hehehe....ikut ngefans jg lo sma mb DD...

    ReplyDelete
  4. Aku suka lodeh dan rebung.. Klop bangeet mba :)

    ReplyDelete