Saturday, February 13, 2016

Bubur Ala Bandung Komplet



Dari kemaren Yodha pengen makan bubur ala Bandung yang pakai jamur dan kuah semur. Gara-gara pernah makan, ada warung tenda di dekat rumah yang jualan Bubur Bandung tiap pagi beberapa waktu lalu, Yodha jadi suka. Katanya dia lebih suka Bubur Bandung ini, di banding bubur kuah kuning ala Jakarta. Memang sich..bubur Bandung ini kuahnya lebih soft..kuahnya semacam kuah semur encer gitu..jadi lebih pas untuk bubur Bandung yang gurih. Kalau kuah kuning, jika bumbunya terlalu  gurih, kadang malah neg..kalau beli di tukang bubur di pinggir jalan itu..hihi. Jadi Yodha nggak suka. 

Tapi oh ternyata..mau beli bubur Bandung lagi..kok udah tutup warungnya. Duch..sayang banget..padahal Yodha suka. Bubur Bandung yang jual di dekat rumahku kemaren topingnya aneka macam, ada pilhan ayam, udang, jamur, jerohan, telur, dll. Tapi ya itu tadi..pendatang usaha kuliner khas daerah lain kalau di Semarang kok ya pada nggak mau sabar ya..hihi..baru bertahan beberapa minggu sepi..langsung tutup..huhu. Padahal enak lho sebenernya. Tapi kan mengenalkan kuliner khas daerah lain, dan bersaing dengan yang sudah ada di sini itu butuh proses. Tapi kebanyakan memang memilih gulung tenda..alias tutup..hihi.

Ya udah dech..demi anak tersayang..apa sich yang nggak..pagi-pagi bangun langsung masak bubur Bandung komplet ini dech. Beneran komplet..udah kayak mau jualan ajah..haha. Tapi begitu makan Yodha bilang..hemm..lebih enak buburnya daripada beli Mi..gitu...jadi langsung hilang dech capeknya. Okey dech..yang suka bubur ala-ala Bandung nich..silahkan di coba ya teman-teman..ala aku sendiri tapi ya..niru versi di penjual Bubur Bandung yang udah tutup di dekat rumahku...hihi.

Bubur Ala bandung Komplet

Bahan Bubur  :
100 gram beras
1.500 ml air kaldu ayam
1 sendok teh garam

Cara Membuat Bubur :
Masak semua bahan, sambil di aduk hingga menjadi bubur yang lembut
Koreksi rasa gurihnya
Jika mau praktis dan mudah, masukkan saja Rice Cooker, Subuh..pagi hari udah mateng dech buburnya.

Bahan Tumisan :
100 gram usus ayam yang sudah di rebus
5 pasang ati ampela ayam, rebus
2 sendok makan kecap manis
1/4 sendok teh kaldu ayam bubuk 
500 ml air

Bumbu halus :
4 buah bawang merah
2 siung bawang putih 
1/8 sendok teh merica butiran

Cara Memmbuat Tumisan :
Tumis bumbu halus hingga harum dan matang
Masukkan air dan semua bahan lain, tutup panci
Masak hingga meresap dan mengering kuahnya

Bahan Telur Semur dan Kuah :
3 butir telur rebus
3 sendok makan kecap manis
700 ml air kaldu ( atau air biasa )
1 cup jamur merang kemasan, cuci bersih
Bumbu halus :
4 buah bawang merah
1 siung bawang putih 
1/8 sendok teh merica butiran

Cara Membuat :
Tumis bumbu halus hingga harum dan matang, masukkan air kaldu
Masukkan telur dan semua bumbu lain, kecuali jamur
Masak hingga telur agak kecoklatan, tapi kuah jangan sampai habis
Jika sudah kecoklatan, angkat telur dan kuahnya ( untuk kuah bubur ), Sisakan sedikit kuahnya di panci
Masukkan jamur merang
Masak hingga meresap dan kuah habis

Pelengkap Bubur :
Cakwe
Bawang merah goreng
Daun bawang dan sledri cincang
Kerupuk
Sambal rawit

Penyelesaian :
Tata bubur dan tumisan ati ampela, jamur, di piring
Sajikan dengan semur telur, dan pelengkap lain.


2 comments :

  1. Hai mba D.. sy org bdg, malahan br tau bubur ayam versi kuah semur ini.. :)
    Sy suka bgt buryam bdg emg enak. Buburnya ngaldu bgt. , ga pk kuah ky jkt. Simple tp mantaaap.
    Just info buat compare. klo d bdgnya: bubur+kcp asin+kcp mns+ bwg grg+kcg kedelai seledri cakwe krupuk, ayam suir. (Versi bubur kampung)
    Versi buryam kota , skip krupuk, kcg kdlai, seledri, kcp mns.
    Ati ampela, telor, usus itu menu tambahan.
    Oiya, ada memang yg versi ayam suirnya bukan ayam rebus/pun goreng. Tp dimasak kecap spt mba D ini, tp kuahnya ga ditaro ke bubur. Jd ayam n ati ampelanya manis. Thx, zip.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih infonya...iya..banyak varian bubur ya....makanya di atas ku kasih judul ala Bandung..:D

      Dan udah cerita juga..kalau resep di atas niru bubur Bandung favorit Yodha..yang jualan dekat rumah..Tendanya sich bertuliskan *Bubur Ayam Bandung..:D dan yang jualan ya Mang2 ala Sunda gitu ngomongnya. Jadi kit anikamti aja berbagai variasi bubur ya..kapan2 ku coba yang versi lain..:D

      Delete