Friday, February 19, 2016

Tempura Sayuran


Banyak teman yang membeli tepung tempura dari aku menanyakan fungsi tepung ini selain untuk menggoreng udang. Wah..yang banyak sekali fungsinya. Di web ini sudah sering aku tulis aneka olahan memakai tepung tempura yang aku jual ya teman-teman. Yang pasti sudah terkenal enak ya tempura udang, silahkan cek di SINI hasilnya. Tapi sebenernya, bisa di buat aneka goreng lain lho. Aku pernah coba untuk goreng pisang juga enak..lihat di SINI caranya. Dan aku pernah buat untuk bakwan jagung..itu juga enak banget. Bakwan jagungnya jadi lebih kres rasanya. Lihat aja di SINI.

Terus ada teman yang tanya, apa  bisa untuk membuat tempura sayuran. Ya..bisa banget dong. Aslinya Tempura Jepang itu kan ada sayuran juga bahannya. Coba aja pesan Tempura komplet di restoran Jepang, pasti akan ada udang, dan aneka sayuran seperti ubi, terong, dan bawang bombay. Jadi ingat dulu jaman single pas kerja..kalau makan di restoran Jepang bersama teman-teman itu tunggu hari gajian...atau tunggu ada yang traktir..hahah. Karena kebanyakan dulu masih mahal restoran Jepang di Yogya. Kalau sekarang sich banyak resto Jepang yang ala-ala fast food gitu, jadi lebih murah ya, harganya. kalau dulu makan Tempura Jepang tuch serasa makan makanan mewah..sekarang..biasa wae..sering makan dan buat sendiri di rumah soalnya.

Apalagi sekarang sudah ada tepung tempura Jepang..asli yang rasanya otentik ala Jepang, jadi lebih sering lagi kalau cuma makan tempura. Jika sekarang ada yang mau traktir aku makan tempura..emoh wis...terimakasih, soalnya sudah bisa bikin sendiri..lebih baik traktir aku makan bakso saja ya..hahah. Tepung tempura Jepang yang aku jual ini rasanya persis sama dengan tempura ala resto. Rasanya memang cenderung tawar sesuai aslinya, jadi jika suka gurih seperti aku, musti tambah garam atau bumbu lain sesuai selera, jadinya. Ada beberapa restoran Jepang yang order Tepung tempura ini ke aku lho teman-teman..jadi jika mau makan tempura Jepang ala resto, tapi lebih murah, bisa kok membuat tempura sendiri di rumah, pakai tepung tempura yang aku jual ini. Untuk order sms atau wa ke 089654712500 ya.



Ini aku kasih satu resep lagi cara membuat tempura sayuran ya teman-teman. Dari beragam sayuran bisa di buat tempura, favoritku..bawang bombay..hihi. Karena ada rasa manis dan gurih dari bawang bombay yang enak banget jika di padu adonan tepung tempura ini. Oh sama satu lagi..tempura jagung, atau untuk bakwan jagung..itu juga salah satu favoritku..:)

Tempura Aneka Sayuran

Bahan :
1 buah ubi kecil, potong tipis
1/2 buah terong, potong serong tipis
1 buah bawang bombay, iris bulat
5 lonjor buncis, bagi dua
1/2 buah wortel, iris tipis
Dll, sayuran bisa di ganti sesuai selera

Cara Membuat :
Panaskan Minyak
Ambil 200 gram tepung tempura, aduk rata atau mixer sebentar dengan 350 ml air es, karena aku suka gurih, aku tambah sedikit kaldu ayam, dan 1/8 sendok teh gula, serta 1/2 sendok teh bawang putih bubuk
Ambil 50 gram tepung tempura kering, balurkan ke sayuran yang akan di goreng, sebagian dulu
Celup sayuran yang sudah berlapis tepung kering ke minyak yang sudah di panaskan hingga matang dan renyah
Sajikan hangat



7 comments :

  1. nyoba ah besok, hehe.

    Makasih mak, selalu oke resepnya

    ReplyDelete
  2. mba di mau tanya, klo pakai donat maker elektrik boros listrik ngga? secara kan 500 w. Nah klo untuk jualan boros ngga ya mb listrikny? atau lbh baik pakai donat maker yg di ats kompor y mb? soalny blm ada review klo yg lgsg kompor. Ada saran ngga mb di, klo untuk jualan lbh baik pakai yg elektrik atw lgsg kompor?
    makasih sebelumny

    ReplyDelete
  3. Kalau di pakai terus menerus ya boros mba..buat jualan,kalau listrik , ngangkat pertama panas kan tinggi ya..:) Nanti mati..nyala..mati nyalain lagi..:D

    ReplyDelete
  4. Mbak diah, boleh minta daftar produk + harganya yaa, minta tlg diemail ke taqyhaq@gmail.com makasih ya mbak

    ReplyDelete
  5. Mb minta daftar produk+hargany ya

    ReplyDelete
  6. Mb minta daftar produk+hargany ya

    ReplyDelete