Sunday, February 28, 2016

Sayur Gurih Pepaya Muda


Tadi nggak sempat ke pasar pagi-pagi, alhamdulillah kok masih bisa masak sayur. Kebetulan pohon pepaya di depan rumah kok berbuah lebat, dari kemaren pengen ngambil untuk sayur, kok males..naik-naik tangga. Untung tadi ada Pak tukang kebunku datang, mau nanam tanaman di belakang rumah..akhirnya tak suruh nagmbilin pepaya muda sekalian buat di masak. Aku lagi pengen sayur pepaya muda di masak gurih bersantan, ala ibuku. Pas di kulkas, masih ada sedikit sawi dan tempe, campur sekalian biat komplet dech.

Sayur gurih, kalau di kampungku di Yogya, namanya *Jangan Anyep*..mungkin karena memang nggak memakai cabai di bumbu uleknya, dan rasanya itu gurih ringan, jadi sebutannya demikian. Jangan Anyep ini bisa apa saja bahannya, yang ada di kebun..bisa jadi Jangan Anyep. Menu ini cocok untuk menu anak-anak, karena rasanya gurih ngga pedas. 



Sayur gurih ini paling enak di nikmati sama sambal terasi atau sambal tomat, atau sambal bawang juga enak. Tapi jika tidak sempat nyambal dan mau tetep ada citarasa pedes, bisa kok di cemplungin cabe rawit utuh, jadi kalau makan tinggal nyeplus ranjau cabe rawitnya, itu sensasinya juga enak banget..hihi. Dan bisa sekalian masaknya, karena untuk anak-anak nggak pedes kuahnya, tapi untuk yang dewasa, akan tetap merasakan sensasi pedes dari cabai rawit utuh itu. Praktis kan..!

Sayur  gurih atau jangan anyep ini, juga semakin enak, jika sudah nginap satu malam, terus di panaskan, paginya semakin medok dan gurih kuahnya..hihi. Di makan pakai Pindang Kemul seperti ini juga sangat pas rasanya. 


Oke, ini dia..langsung saja resepnya ya teman-teman..cobain yuk..Pepaya muda, itu banyak gizinya juga lho..jadi jangan ragu untuk mengolahnya ya :)

Sayur Gurih Pepaya Muda

Bahan :
1 buah Pepaya muda / mengkal, kupas, cuci dan potong-potong tipis sesuai selera
Beberapa lembar sawi putih, potong-potong
100 gram tempe, potong-potong
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
1 batang sere, memarkan
2 lembar daun jeruk
1 sendok makan gula merah
1 sendok teh kaldu dapi dan garam sesuai selera
800 ml santan sedang

Bumbu Halus :
8 butir bawang merah
3 siung bawang putih
4 butir kemiri
1 sendok teh ketumbar

Cara Membuat :
Tumis bumbu halus hingga benar-benar matang
Masukkan santan dan semua bumbu
Didihkan
Masukkan pepaya, tempe dan sawi
Masak dengan api kecil, sambil sesekali di aduk agar santan tidak pecah
Masak hingga  sayuran empuk dan bumbu meresap
Koreksi rasa
Sajikan hangat




7 comments :

  1. Pas bgt nih menunya,dirmh jg ada sawi,tempe,tp gak ada pepaya muda,dignt sm jipan....enak gak mbak kalo pake jipan

    ReplyDelete
  2. Salam kenal mb...dr rohmah,,,oh ya mba dd trimakash ats resepnya..suami sy sgt suka baca blog mba...dan brusan sy masak ayam goreng kampung resepnya mantap bgt bikin suami ketagihan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga mba..sipp..syukurlah jika sesuai selera ya :)

      Delete
  3. Hai mb diah. Makasih atas share menunya ya..
    Aku jadi bisa masak menu paporit waktu aku kecil dulu. Dan mengobati kerinduan ku pada masakan ibu. Walo kini ibu sudah tiada. Tapi aroma wangi masakannya masih tercium dari dapurku. Peluk hangat..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, sama2..selamat mencoba ya mba..moga mirip sama masakan ibu Mba dulu resepnya :)

      Delete
  4. Pepaya muda emang enak to mbak disayur? Apa mungkin rasanya mirip labu ya?

    ReplyDelete