Tuesday, February 23, 2016

Kue Kekupa Khas Bali



Di kulkas masih ada sisa enten-enten ( unti ) kelapa sedikit sisa bikin kue mendut..kok sayang jika tidak di manfaatkan. Mau buat kue yang beda dan belum pernah yang isi enten atau unti kelapa ini. Akhirnya aku ingat pernah baca buku kue tradisional dari Bali, yaitu kue Kekupa. Terbuat dari adonan tepung beras dan sagu, yang di beri isi unti kelapa ini. Cara membuat adonannya sich seperti membuat adonan Putu Mayang.

Kalau dari bentuknya, mirip sama bentuk kue Kipo dari Kota gede Yogya, tapi lebih besar bentuknya. Kalau Kipo dari Kotagede terbuat dari adonan tepung ketan, kemudian di panggang di atas bara api. Enak semua sich..tapi kalau aku lebih suka kipo..lebih legit..nggak tau kenapa dari dulu aku suka adonan tepung ketan yang di isi unti kelapa, seperti kue bugis, kue paria, dll..jadi adonan ketan itu legit di padu gurih unti kelapa, jadi pas banget rasanya..enak..!

Kalau Kue Kekupa ini rasanya mirip Nagasari atau kue Putu Mayang gitu, di padu legit isian unti kelapa. Sebenernya kue-kue dari Bali itu banyak yang mirip kue-kue tradisional Jawa, cuma beda nama aja ya teman-teman. Tapi memang ngga ada salahnya kok kita mengenal dan mencoba aneka kue tradisional dari seluruh Indonesia, agar lebih di kenal luas ya teman-teman. Seperti kue Kekupa ini, aku browsing kok belum ada ulasan tentang kue ini...jadi mungkin belum banyak di kenal ya. Biasanya, kue yang terkenal dan sering di ulas dari Bali itu..kue Pisang Rai atau malah Pie Susu yang kekinian..hihi. Kapan-kapan aku coba kue-kue tradisional lain dari Bali dech. Oke..ini dia resepnya ya teman-teman, dari buku Kue Tradisional Bali :

Kue Kekupa

Bahan :
250 gram tepung beras
100 ml santan 
1 sendok makan gula pasir
Garam secukupnya ( aku 1/4 sendok teh )
Pewarna hijau secukupnya
Air secukupnya ( aku kira-kira 50 ml )

Bahan isian :
1/2 butir kelapa, parut panjang
150 gram gula pasir
125 ml air
1/2 sendok teh vanili
Garam secukupnya 
Cara : Masak semua bahan hingga kais dan kesat,dinginkan

Cara Membuat Kulit :
Aduk tepung beras, pewarna hijau, gula, garam dan santan, masak hingga kental di api kecil ( adonan kental banget )
Dinginkan
Uleni adonan dengan tepung kanji dan air secukupnya hingga kalis dan bisa di bentuk
Panaskan kukusan
Ambil 1 sendok makan adonan, bentuk bulat, pipihkan
isi dengan unti kelapa secukupnya
Lipat dua, bentuk seperti pastel
Kukus dalam dandang yang di alas daun pisang hingga matang
Sajikan


2 comments :

  1. Mirip kue ku ya. Cuma kalau kue ku isinya kacang hijau dan makannya gak pakai kelapa parut.

    ReplyDelete
  2. Mba Di, tepung kanjinya berapa banyak ya? Besok Sabtu pengin coba buat...Terimakasih, Aci

    ReplyDelete