Wednesday, February 17, 2016

*Spicy Chicken Wing Dengan Lada Hitam



Beberapa waktu lalu lihat sayap ayam di supermarket kok masih fresh, langsung dech beli. Apalagi sayapnya sudah di potong-potong..dan hanya bagian ujung sayapnya yang dagingnya sedikit, tapi banyak kulitnya. Wah..itu paling mak nyuss jika di masak..hihi. Akhirnya aku beli dua pack. Eh baru ingat kemaren sore, waktu Yodha minta lauk ayam. Aku akhirnya ingat punya sayap ayam itu. Sayap ayam seperti ini paling enak di goreng krispi, tapi aku takut Yodha bosan krispi terus, akhirnya aku tawari chicken wing seperti kalau beli di Pizza Hut gitu, Yodha mau. Akhirnya aku coba buat aja...sausnya buat sendiri, daripada beli ada kan bumbu saus spicy chicken wing siap pakai gitu, tapi terlampau gurih eneg menurutku. Membuat sendiri bumbu spicy chicken wing mudah dan murah..serta sangat praktis kok teman-teman.

Bumbunya super simple..dan yang pasti hasilnya enak. Cuma nich sesuai seleraku ya..jadi pakai kecap juga...hahah. Tapi beneran enak lho teman-teman..di *krikiti aja nggak pakai nasi juga enak banget. Biar makin mantep rasanya, aku pakai lada hitam juga, lada hitam yang di gerus kasar, memberi aroma khas dan citarasanya makin enak. Jadi menurutku ini bisa jadi cemilan juga..cemilan bergizi buat anak-anak, dan pasti akan di sukai orang dewasa juga. Mau di jadikan frozen food juga bisa, setelah di lumuri bumbu, diamkan di freezer, jika di perlukan tinggal di masak sebentar, lalu panggang atau goreng, hemm..pasti akan semakin meresap bumbu-bumbunya.

 

Kunci utamanya, pilih sayap ayam yang masih segar ya, karena di masaknya nggak terlalu lama, biar aromanya nggak amis. Jika pakai sayap utuh, potong jadi dua bagian agar lebih cepat matang dan tetap ukuran sekali gigit. Waktu mengungkepnya, tambahkan sedikit air, tapi sedikit saja..bukan di ungkep lama dengan air banyak seperti membuat ayam goreng berbumbu biasa ya, karena bumbunya beda..yang ini aneka saus, jadi jika di masak terlalu lama malah kurang enak.

Okey, langsung saja, ini dia resepnya ya teman-teman..aku mau lembur packing dulu..wuaa..hari ini pekerjaan menumpuk banyak banget..badan malah kurang mendukung, lagi nggak enak badan. Tapi tetep..semangat dech...udah biasa kerja keras..:)

*Spicy Chicken Wing Lada Hitam *

Bahan :
600 gram sayap ayam, bagian ujungnya..bisa beli di supermarket, atau pakai sayap ayam utuh, potong jadi 2 bagian sesuai ruas
1 sendok teh air jeruk nipis
1/2 sendok teh garam
2 siung bawang putih, haluskan
2 cm jahe, geprek
1 sendok teh minyak wijen
2 sendok makan saus sambal extra pedas 
2 sendok makan kecap manis
1 sendok makan saur tiram
1/2 - 1 sendok makan merica hitam ( sesuai selera ), tumbuk kasar

Cara membuat :
Cuci bersih sayap ayam, lumuri dengan air jeruk nipis, cuci kembali hingga bersih
Lumuri dengan garam, diamkan 15 menit hingga meresap
Campur ayam dan semua bumbu lain, aduk rata
Letakkan di wajan, tutup rapat dan masak dengan api kecil hingga ayam matang dan saus mengental.
Jika pakai sayap utuh, mungkin perlu sedikit air, tapi sedikit saja ya. Kalau pakai sayap bagian ujungnya saja itu mudah sekali matang, dan ketika di masak akan keluar natural juice nya..jadi nggak perlu air
Koreksi rasa terlebih dahulu sebelum di angkat, boleh di tambah sesuai selera aneka sausnya ..kalau aku suka yang agak manis pedas, gurih..pas dech menurutku
Tinggal di panggang di oven atau di goreng sebentar dech, kalau aku suka aku goreng, karena lebih gurih, ada kilatan warna kemeasan yang mengundang selera jika di goreng..hihi. Tapi sebentar saja ya gorengnya teman-teman..agar tetep empuk. Tapi jika di goreng, sausnya memang akan sedikit luntur, jadi jika suka masih ada saus yang melekat di sayapnya..bisa di panggang saja di teflon atau oven.
Sajikan hangat..hemmm..beneran..Finger - licking good !...alias enak buat di *krikiti pakai tangan..hahah.

Setelah di masak seperti ini, sausnya mengental menyelimuti ayam. Ini juga udah enak sich..jika mau langsung makan..hihi. Kemaran aku sisain separo, dan aku taruh kulkas semalaman, hem..semakin meresap bumbunya waktu pagi ini aku goreng buat sarapan..:)



10 comments :

  1. Wahaaaa kesukaan akuuuh, catet ah resepnya

    ReplyDelete
  2. Mba, kalau masak agak pedes gini mas yodha nya mau ajah makan gitu? Hehe, mf prtanyaan nya oot... Cz kdg2 mw masak gini, buat anak2 agak pedes gt... Mksh mba dd.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau Yodha udah suka pedes kok mba sekarang..udah 9 tahun..:D..Tapi ini ya nggak pedas cetar gitu..kan berpadu saus lain. Jika nggak mau pedas, ganti suas tpmat ajah...:D

      Delete
  3. Td pagi dibikin, pulang kerja sudah ludes. Memang finger licking good. Sampai tulang2nya garing dikrikiti. Mantap mb. Sudah pernah nyobain chicken spicy nya my kopi o? Enak lho mb.

    Salam... devy di malang

    ReplyDelete
  4. Mbak diah semarangnya bagian mana? Boleh dong mampir nyicipi masakannya?

    ReplyDelete
  5. Mbak, resepnya sudah saya coba, yummy.. saya saus cabenya 1 sendok makan dan tanpa lada hitam, anak saya umur 15bulan mau mbak, hehe

    ReplyDelete
  6. Mbak Didi, resepnya tempting banget dehh! Hahaha bsk aku mau cona ahh, cuma mau tanya mbak, ini ngungkepnya airnya sedikit, sedikitnya smana ya mbak kira2?? 100ml kah, atau gmn, hahaha.. #takutgagal#

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp mba Maya..mba Eva...buat mba Alice..100 ml aja cukup..sayap mudah matang kok :)

      Delete
    2. Asikk, ok hr ini aku mo coba ya mbak, doain sukses ya mbak, hahahaha..
      Mantep nih resep mbak Didi bikin hasrat lapar terhapuskan..
      Salam kenal mbak Didi, sukses terus yaa :)

      Delete