Monday, February 22, 2016

Tahu Isi Petis Pedas


Petis, salah satu bumbu masakan khas Indonesia yang hanya ada di beberapa daerah, salah satunya di Semarang. Uniknya di Semarang, petis nggak hanya ada yang buat bumbu masakan, tapi ada juga yang untuk isian tahu goreng, dan sudah jadi menu wajib yang ada di penjual gorengan di pinggir jalan di Semarang. Tahu petis yang untuk tahu isi ini justru bukan petis super, tapi petis yang biasa, atau istilahnya petis pasar, yang banyak di jual di pasar-pasar, karena memang di supermarket nggak ada yang jual petis seperti ini. Di Semarang, para pedagang tahu petis ya pakai petis ini untuk isian tahu. Rasanya memang lebih ringan dan nggak neg jika untuk isian tahu petis, karena lebih banyak tepungnya. Jadi adonan sudah di masak hingga matang, dan biasa di jual dalam kemasan kiloan.

Banyak teman dari luar daerah Semarang yang pesan petis dari Semarang untuk usaha tahu petis seperti ini, alhamdulillah aku bisa bantu mereka kirim petis secara rutin. Dan banyak yang menanyakan variasi untuk isian tahu petis itu bagaimana. Kalau untuk isian ya cuma 2 macam aja sich, di buat gurih manis, atau pedas manis. Kalau gurih manis, petis yang untuk isian tahu petis ini sudah ada rasanya. Tapi biasanya para penjual tahu petis di tambahkan bumbu lagi sesuai selera, misal bawang putih, sedikit garam dan gula merah. Petis yang lembek atau banyak tepungnya ini, kalau aku suka aku kukus bentar biar anget, baru di campur bumbu-bumbu.

Okey dech, ini dia cara membuat tahu petis pedas nya ya teman-teman..jika mau untuk usaha, cukup pakai petis pasar yang lembek itu sudah enak dan otentik khas Semarang. Jika mau lebih mantep lagi, bisa di campur dengan sedikit petis yang kualitas super. Cabai yang sedep untuk campuran petis, pakai cabe rawit hijau yang kecil-kecil ya teman-teman..karena aromanya lebih sedep dan pedesnya seger. 10 buah tahu, jika untuk usaha, bisa jadi 20 buah tahu goreng isi petis. Membuatnya juga mudah, jadi..bisa jadi peluang usaha nich buat teman-teman yang mau mencoba usaha gorengan ala pinggir jalan ya.

Tahu Isi Petis Pedas

Bahan :
10 buah tahu, belah dua, rendam dengan sedikit garam dan bawang putih
100 gram petis pasar yang sudah ada gurih manis rasanya
5 hingga 10 buah cabai rawit hijau kecil-kecil ( sesuai selera )
1 siung bawang putih
1/8 sendok teh garam
1/4 sendok teh gula merah

Cara Membuat :
Kukus petis sebentar hingga hangat
Ulek cabai dan bawang, tambahkan gula dan garam, serta petis, aduk rata
Goreng tahu hingga kering luarnya
Belah dua bagian tidak putus
Oles dengan adonan petis
Pencet, hingga sebagian petisnya mencuat keluar..biar menggoda selera dan ketahuan kalau itu isinya petis..hihi.

4 comments :

  1. Hmm...neguk liur mbak,aku jg msh ada sisa petis dikulkas...tp tahunya yg gak ada,hts nunggu tukang syr dl...Btw,mbak brp lama petis ni dismpan?

    ReplyDelete
  2. Waw.. Ini tahu kesukaanku... Kangen makan ini deh..

    ReplyDelete
  3. mbaak, minta rekomendasi tahu isi petis yang enak dong di Semarang, suamiku baru pindah kerja kesana dan kadang aku mbolang kesana juga..pengen nyobain...

    ReplyDelete
  4. Mbak diah jg jual petis semarangnya ?😁

    ReplyDelete