Monday, February 1, 2016

Orak Arik Peda Tanpa Telur


Orak Arik peda tanpa telur, apakah enak ?...Enak lho..teman-teman. Setelah kemaren aku mencobanya di warung angkringan...aku jadi penasaran untuk membuatnya di rumah. Rasanya lebih enak dan miroso gurihnya menurutku. Pertama mencoba aku juga heran, judul nasi kucingnya itu lauknya pakai orak arik peda, tapi setelah aku cicipin, nggak pakai telur. Jadi semacam oseng peda suwir pedas. Rasanya pedas agak manis..enak banget. Akhirnya tadi ke pasar aku beli peda untuk mencobanya. Dan ternyata buat sendiri lebih enak..karena lebih bisa sesuai selera. 

Ikan asin sekarang mahal-mahal ya teman-teman..apalagi yang kualitas bagus..hihi..bisa sama dengan daging lho harganya. Nah..karena lagi pengen mengulas orak arik ini jika untuk usaha nasi kucing seperti yang aku coba di warung angkringan kemaren, aku coba yang ikan peda murah aja. Maksudnya yang kualitasnya bagus, tapi memang jenis murah, yang agak kecil-kecil. Aku beli 250 gram tadi 10 ribu. Setelah aku coba, tetep enak kok orak arik pedanya. Jadi jika ada yang mau usaha orak arik peda ini tetap bisa ya teman-teman, pilih peda yang berkualitas, tapi yang ekonomis harganya.

Biar lebih hemat dan sehat, pedanya di kukus aja. Menurutku memang lebih enak di kukus jika peda mau di buat orak arik, jadi nggak terlalu berminyak, dan kesat. Kukus peda hingga matang, buang duri, suwir-suwir, lalu di tumis dengan bumbu-bumbu, dan di aduk hingga kesat. Tinggal siap-siap stock nasi yang banyak..hihi. Karena kalau lauk orak arik peda ini..1 piring gak akan cukup...! Lol..

Okey dech ini dia resepnya ya teman-teman..aku kira-kira aja sich..tapi rasanya udah mirip sama yang aku makan kemaren di warung angkringan..:)


Orak Arik Peda Tanpa Telur

Bahan :
6 ekor ikan peda ukuran kecil ( 250 gram ), kukus dan suwir dagingnya
4 buah bawang merah
2 siung bawag putih
10 buah cabai rawit merah ( sesuai selera )
2 cm lengkuas, memarkan
1 lembar daun salam
50 ml air
Gula merah 1 1/2 sendok teh
Terasi bakar 1/4 sendok teh

Cara Membuat :
Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum dan matang
Masukkan cabai rawit, aduk hingga layu
Masukkan air, ikan peda suwir dan gula
Orak arik / aduk hingga kesat 
Koreksi rasa
Sajikan hangat dengan nasi putih


No comments :

Post a Comment