Saturday, February 20, 2016

Puding Roti Panggang Santan


Punya stock roti tawar kulit separo bungkus..di tawarkan ke warga rumah  kok pada nggak mau. Sukanya Yodha roti tawar yang tanpa kulit. Kalau aku kok sukanya yang roti tawar pakai kulit..lebih harum..ada aroma gosong pinggirannya maksudnya..hihi. Lebih gurih menurutku. Dan kalau di buat  kue-kue semisal puding itu lebih eksotis kalau pakai roti tawar kulit, karena jadi ada motifnya gitu.

Akhirnya..daripada terlewat kadaluwarsa aku buat puding panggang aja..istilah kerennya  *bread puding kali ya. Tapi nich versi Jowo, karena bukan pakai susu, tapi pakai santan..hihi. Lha lagi ngga punya susu. Aku coba pakai santan, enak juga ternyata. Lebih gurih dan ringan rasanya..nggak semblenger jika pakai susu. Cuma kekurangannya, karena adonan sedikit, dan di panggang, jadi atasnya jadi nggak beraturan..hihi. Nggak apa-apa dech , malah eksotis kan ya..hihi. 

Bahannya cuma simple dan mudah saja..tinggal campur semua bahan basah, siram ke roti yang di potong-potong , biarkan hingga terserap. Lalu panggang hingga matang kira-kira 1 jam. Hasilnya jadi puding roti yang legit dan gurih. Jika mau lebih rapi irisannya, mungkin di buat agak tinggi loyangnya, terus isiannya juga di banyakin..hihi. Kalau aku 6 lembar roti tawar aja udah cukup. roti tawar yang di pakai kalau mau cantik bermotif, yang berkulit ya teman-teman, agar lebih cantik jika di iris. Atau jika mau praktis, bisa di buat ukuran satuan di cup alumunium foil kecil-kecil gitu ya bisa cantik juga ya..kasih toping kismis atau yang yang lain.


Oke..ini dia resepnya ya teman..jika mau coba :

Puding Roti Panggang Bersantan 

Bahan :
6 lembar roti tawar berkulit, aku pakai merk Sari**** tuch..takutnya jika merk lain nanti beda beratnya ya....kalau merk itu kan agak besar ukurannya dan padet gitu rotinya..atau menul-menul gitu. Karana ada merk lain, roti tawarnya tuch ringan..kepes-kepes gitu..hihi. Nanti hasilnya beda. Lain kali aku timbang dech
450 ml Santan
1 butir telur, pilih yang ukuran besar
75 - 100 gram gula, sesuai selera manisnya
1/4 sendok teh garam
1/4 sendok teh vanili
1 sendok teh pasta pandan atau pewarna hijau jika mau

Cara membuat :
Potong kasar roti tawar
Campur semua bahan, kecuali roti tawar
Aduk rata, tuang ke roti tawar, diamkan hingga meresap
Olesi loyang dengan sedikit minyak atau margarin
Aduk adonan roti tawar dengan garpu agar lebih halus
Tuang ke loyang, panggang 1 jam di oven hingga matang


5 comments :

  1. Enaknya mbak.....aku kdg tak bkn ky bubur gt...pgn cb ni resep ahh....

    ReplyDelete
  2. Asiik...masih punya roti tawar nih, siap-siap bikin buat besok..

    ReplyDelete
  3. mamahku hobi bgt klo bikin puding roti pakai santan bukan pakai susu. Katanya mmg lebih gurih.
    Dirumahku juga ada yg suka tanpa kulit, ada juga yg suka2 aja pakai kulit.
    Kalo beli roti sih ttp beli yg pakai klit aja, buat yg gak suka pakai kulit ya di lucuti aja kulitnya, tapi jangan di buang kan kan bisa di manfaatin buat bikin pudiing roti (ibu2, azas manfaat bgt) hhehhehhe

    ReplyDelete
  4. mamahku hobi bgt klo bikin puding roti pakai santan bukan pakai susu. Katanya mmg lebih gurih.
    Dirumahku juga ada yg suka tanpa kulit, ada juga yg suka2 aja pakai kulit.
    Kalo beli roti sih ttp beli yg pakai klit aja, buat yg gak suka pakai kulit ya di lucuti aja kulitnya, tapi jangan di buang kan kan bisa di manfaatin buat bikin pudiing roti (ibu2, azas manfaat bgt) hhehhehhe

    ReplyDelete
  5. Nyam2...puding roti pakai santan ini favoritnya zauji..apalagi pandan..yummy

    ReplyDelete