Thursday, February 18, 2016

Ketan Kukus Isi Pisang


Membuat cemilan yang enak, nggak perlu bahan mahal kok teman-teman. Kadang-kadang kita hanya perlu teliti cek dapur, terutama lemari penyimpanan tuch, kadang pasti akan banyak bahan tersisa yang lupa di masak..hihi. Hayo..siapa yang suka belanja bahan, tapi lupa masaknya...?..Saya..Saya..hahah. Ngacung sendiri...Lol...! Aku kalau ke pasar tuch suka iseng aja beli ini..itu..terus kadang-kadang niat bikin ini, kok yang di buat beda lagi..jadi kadang ada bahan-bahan yang akhirnya tersimpan manis di rak dapur. Baru ketika bongkar-bongkar ketemu dech...dan baru ingat..oh..ternyata punya bahan ini..itu..

Seperti kemaren ada tukang yang kerja di rumah, nggak ada cemilan, nengok dapur..masih ada 250 gram beras ketan putih. Akhirnya langsung aku buat cemilan aja. Pas kebetulan juga masih punya beberapa biji pisang raja yang ranum, pas banget dech..dan jadilah ketan kukus isi pisang..hihi. Pokoknya kalau di dapurku semua di buat pas aja dech..dan setelah aku coba..hemm..enak kok..rasanya memang pas, ketan berpadu dengan pisang yang harum dan wangi. Enak sekali. Membuatnya juga cepat dan mudah, karena ngga perlu membuat adonan isi apapun, cukup pisang aja di potong-potong, udah jadi ketan kukus yang enak. Aku ingat dulu waktu ke Solo makan Ledre isi pisang itu enak banget dan setelah aku coba ketan kukus isi pisang, rasanya juga tak kalah enak.

Ok..ini dia resepnya ya teman-teman..jika mau coca, siapa tahu menemukan stck ketan di lemari dapur juga..hihi. Jika di Lemari dapur nggak ada..carilah di pasar..pasti banyak stock beras ketan...hahah.

Ketan Kukus Isi Pisang

Bahan :
250 gram ketan, rendam minimal 2 jam
125 ml santan kental
2 sendok makan gula pasir
1/4 sendok teh garam
2 lembar daun pandan
Pisang raja matang secukupnya untuk isian
Daun pisang untuk membungkus

Cara Membuat :
Kukus ketan dan daun pandan 15 - 20 menit hingga setengah matang
Rebus santan, gula dan garam hingga mendidih, masukkan ketan
Aduk hingga santan terserap ke ketan
Kukus 30 menit hingga matang
Ambil daun pisang, beri adonan ketan secukupnya, isi dengan potongan pisang, lipat daun psiang, tekuk kedua ujungnya
Kukus 15 menit hingga matang
Sajikan  

7 comments :

  1. . mb dd tyt jago mbanyol jg...wkwkwk..
    . menarik mb resepnya,,,sipp..sipp..abis itu dibakar kyknya makin sipp tuh mb.. -- bunda chera

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi...iya mba..jadi kayak lemper bakar manis :D

      Delete
  2. hihihi... mb diah ini kreatif ya... saya jadi ada ide ini. mksih ya mb utk resep2nya.. izin nyomot resep ya mb

    ReplyDelete
  3. Wah, jadi ingat aku punya beras ketan 1kg,masih terbungkus rapi, belum tersentuh sejak beli beberapa bulan lalu, Mbak :-). Memang suka kalap ya ,Mbak kalo lagi belanja ada bahan2 yang menarik. Mau nyoba resep ini ah, mumpung ketannya masih bagus. Tinggal beli pisangnya. Trima kasih resepnya, Mbak Diah.

    Liza

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi.. Sippp ayuk di coba mba..biar nggak numpuk bahan...kayak aku..:D

      Delete