Friday, February 12, 2016

Sambal Terasi Petai & Teri Medan


Hemm hujan-hujan...kok pengen makan sambel di temani nasi hangat yang ngepul...:D Tapi karena sedari pagi hujan, belum sempat belanja ke pasar, akhirnya mengandalkan budhe sayur aja. Pengennya sich nyambel sama ikan asin goreng gitu..enak pastinya. Sayangnya di budhe ayur hanya ada teri Medan. Ya okelah di campur saja ke dalam sambalnya, campurin pete juga, jadilah sambal pete..hihi. Walau aku bukan penggemar pete, kalau cuma untuk bumbu sambal aja masih oke, tapi tetep di sisihin, nggak di makan.

Dan akhirnya..bisa makan siang dengan sambal yang enak. Saat ini banyak sekali beredar aneka sambal  kemasan ya teman-teman, tapi belum ada yang nendang di lidahku rasanya. menurutku masih terasa cemplang. Kalau dari ide dan variasi sich menarik ya sebenernya jika rasa sambelnya sendiri enak. Banyak yang beredar di pasaran tuch sambel tumis kemasan aneka rasa ya saat ini, dan kebanyakan itu citarasanya kemanisan, jadi membuat mblenger, coba sekali udah..nggak mau lagi.

Sebenernya membuat sambel itu mudah, kunci utamanya itu ya..di bahan penyedap alami, seperti terasi. Jika terasi yang di pakai berkualitas dan enak..pasti sambelnya juga akan sedep. Kalau terasi andalanku buat masak..sudah pasti..TERASI JUWANA..nggak bisa berpaling lagi dech ke terasi lain..hihi. Sudah aku coba soalnya berbagai macam terasi dari berbagai daerah..dan menurutku..memang the  best..! Dan bukan hanya aku yang bilang sich..dan semua teman yang pernah order terasi Juwana dariku, alhamdulillah kok pada suka dan cocok. Terasi Juwana yang aku jual ini sudah aku ujikan ke dinas Kesehatan kota Semarang dan sudah lolos sensor, bebas pengawet, dan pewarna.


Kemaren dapat oleh-oleh sambal tumis udang dari mana gitu nggak tau Eyangnya Yodha..duch rasanya muanis banget..jadi mblenger aku..jadi sementara lagi ngga mau bikin sambel tumis. Jadi aku sekarang lebih suka sambel langsung ulek yang lebih seger rasanya, karena masih sedikit terasa segarnya tomat. Resep sambelnya sich mudah banget kok..dan biasa aja..yang istimewa..terasinya dong..hihi.

Sambal Terasi Petai & Teri Medan

Bahan :
12 buah cabai merah keriting
7 buah cabai rawit merah
6 butir bawang merah, potong-potong
2 siung bawang putih, potong-potong
1 buah tomat, potong-potong
1/2 sendok makan terasi 
1/4 sendok teh garam
1 sendok teh gula merah
50 gram teri medan, goreng hingga kering
1 papan petai, potong-potong, goreng sebentar hingga layu

Cara Membuat :
Goreng semua bumbu bahan sambal hingga matang
Haluskan bersama garam dan gula, koreksi rasa
Masukkan petai dan teri medan goreng
Aduk rata, sajikan dengan nasi putih hangat ya masih ngepul...hemmm...! Yummy..


2 comments :

  1. Emang mak nyus nih mbk, sudah jadi menu andalan ku

    ReplyDelete
  2. Mba kiriman list jualannya mba diah dong.. hiks dah berkali2 minta tapi gak masuk2 nih mba.... emailku (luks22r@gmail.com)

    ReplyDelete