Friday, February 20, 2015

Tahu Pong Mercon


Waktu ke toko daging langganan kemaren..lihat  tahu pong yang sudah di goreng tuch baru datang di setor sama suppliernya..langsung mupeng dech..secara aku tuch penggemar tahu pong banget. Tahu pong di toko daging langgananku itu adalah tahu Sumedang yang kopong dalamnya..jadi enak banget..garing di luar..dalamnya lemut gitu lho teman2. Nah..di makan gitu aja sich udah enak sebenernya. Tapi..mari kita buat lebih enak lagi..kita buat tahu pong isi. 

Beberapa waktu lalu mba Elmi minta aku buat tahu pong pedas..katanya ada yang jual gitu judulnya tahu pong mercon. Isinya sayuran plus jamur kuping yang di iris halus, dan di bumbuin pedas..makanya di sebut tahu pong. Jadi pengen buat dech, secara aku paling suka juga tahu isi..*apa yang nggak di suka ya teman..hihi..*

Akhirnya aku buat aja..ngarang sendiri biasa resepnya..jadi intinya tahu isi yang super pedas tho..baiklah..mudah saja. Oh ya..kulit lapisannya juga kriuk gitu  kata Mba Elmi..ya oke..mudah juga. Dan udah ku coba..ya memang kriuk kok kulitnya..hihi. 

Jika tidak ada tahu pong Sumedang..pakai tahu pong pasar biasa juga nggak apa2. Tapi jika ada tahu Sumedang lebih enak..karena dalamnya lebih lembut. Isinya aku pakai wortel, taoge dan jamur kuping yang ku iris tipis2 dan aku tambah udang kupas cincang kasar, biar makin gurih isinya. Dan beneran..memang enak banget..gurih pedes seger isinya..nggak perlu nyeplus cabai lagi..hihi


Oke dech mau coba..ini dia resepnya ya teman2. Jika kurang suka udang..bisa di ganti ayam aja. Sayuran isian juga sesuai selera ya. Tingkat kepedasan isinya silahkan di sesuaikan selera saja ya..^^

Tahu Pong Mercon

Bahan :
10 buah tahu
1 buah wortel iris korek api
50 gram udang kupas, cincang kasar
50 gram jamur putih, rebus sebentar, iris halus
50 gram taoge, 8 cabai rawit merah , iris halus   ( sesuai selera ya pedasnya )
1 batang daun bawang, iris halus
2 siung bawang putih, haluskan
2 butir bawang merah, haluskan
1/4 sendok teh merica
1/2 sendok teh gula
1/2 sendok teh kaldu bubuk rasa ayam, optional ( aku pakai Alsultan ) , garam sesuai selera

Adonan pencelup :
75 gram tepung beras
50 gram tepung terigu protein rendah
200 ml air
1/4 sendok teh baking powder

Bumbu halus :
1 siung bawang putih
1/4 sendok teh ketumbar
1 cm kunyit
Garam sesuai selera

Cara membuat :
Campur semua bahan pencelup, sisihkan
Tumis bawang merah dan bawang putih yang untuk bumbu tumisan hingga harum dan matang, masukkan udang, aduk hingga berubah warna, masukkan wortel dan jamur kuping , aduk hingga layu.
Tuangi sedikit air ( 50 ml )
Masukkan taoge, daun bawang dan bumbu2 lain. Aduk rata. Koreksi rasa hingga pas sesuai selera.
Masukkan tumisan secukupnya ke dalam tahu pong yang dilubangi salah satu sisinya.
Celup ke adonan pencelup, lalu goreng hingga matang dan renyah luarnya.
Sajikan hangat. Dengan sambal petis..hemmm..tambah yummy..! ^^

Nah..tadi aku makan tahu merconnya pakai sambel petis pedas..wuaa..tambah enak bingits. Sambal petis ini udah siap makan..jadi nggak perlu repot2 kasih bumbu. Petisnya ini kental..karena di masak dalam waktu yang lama hingga mengental dan liat petisnya..tapi masih bisa di colek pakai gorengan..hihi. Petis ini alami dari udang segar, tepung terigu dan bumbu2, dan nggak pakai pewarna. Warnanya coklat kehitaman karena proses memasaknya lama..maka petis ini awet berbulan2 lho teman..bahkan bisa 1 tahun kalau kata produsennya. Rasanya enak..nggak terlalu amis dan bumbunya itu pas banget pedes, manis dan gurihnya.

Eh..petis bumbunya juga ada yang sedang juga kok pedesnya sekarang, buat yang nggak suka pedas. Jadi yang kemaren teman2 yang pesan petis dan kehabisan..ini ya..udah datang lagi stock barunya. Yang mau order sambel petis ini juga silahkan lho. Bisa lewat email di bundadidi@gmail.com, atau inbox fb ku, atau isi contact form aja di bagian kanan atas blog ini. Sambel Petisnya kemasan per cup seperti foto di bawah ini ya.


7 comments :

  1. Ya Allah enak banget nih dimakan dikala hujan..petisnya ajib banget mbak didi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget mba...enak di cemal cemil gurih..kriuk..pedes seger..hihi..

      Delete
  2. Buru2 ambil piring ahh... mumpung masih anget siapa tahu dibagi sama mbak Diah...hihih. Asli ngecess nih aku mbak lihat tahu diolesi petis. ^_^

    ReplyDelete
  3. Wah, kayaknya yummy banget....Petisnya itu cari dimana ya kalau di batam...jadi ngiler deh...:)

    ReplyDelete
  4. Mba diah punya resep bubur sumsum yg anek binggooo ha mbaa
    Mau dong resepnya kalo ada
    Lagi ngiler bubur sumsum tapi pengen nuat sendiri
    Makasih mba diah

    ReplyDelete
  5. Mbak diah...ak minta tolong di buatin resep kue tampah donk....yg isinya kue jajan pasar yg kecil2 trus ada 10 macem gitu....:)

    Makasih sebelumnya....;)

    ReplyDelete
  6. Ohh yaaa....resep donat menul2 udah ak coba....enak bingitttt.....maturnuwun sanget....;)

    ReplyDelete