Thursday, February 11, 2016

Misoa Bakso Kuah


Misoa...adalah salah satu bahan makanan yang aku kenal sejak pindah ke Semarang. Kalau di Yogya sich jarang kami mengolah misoa. Mungkin karena di Semarang memang kental budaya Tionghoa juga, jadi di sini ada satu olahan misoa yang cukup banyak di kenal. Mungkin karena pembauran budaya, terciptalah menu Misoa Goreng. Jadi alih-alih di olah jadi menu Chinese, misoa ini di Semarang malah sering di olah menjadi kudapan ala Jawa..yaitu misoa goreng. Misoa goreng ini di campur sayuran seperti wortel, daging ayam, daun bawang, aneka bumbu dan di masak, di cetak, lalu di goreng. Olahan misoa goreng di Semarang bisa di temui di mana-mana. Di pasar, di penjual jajanan, hingga kelas bakery, banyak menjual misoa goreng, baik versi di bungkus adonan telur atau di celup adonan tepung. Semuanya enak..semuanya aku suka..hihi. Di makan pakai cabe rawit..enak banget Misoa goreng ini. Resep Misoa goreng sudah pernah aku posting di SINI.


Atau jika di masak pun, di Semarang sini lebih banyak jadi olahan misoa ayam kuah yang bertoping ayam bumbu kecap dan telur pindang..hihi. Jowo banget kan ya. Menu Misoa kuah ini bisa di jumpai di sekitar Simpang Lima Semarang, banyak warung tenda yang jual Misoa kuah ayam seperti ini.
Tapi..kadang-kadang jadi penasaran pengen lebih mengulik variasi menu misoa ini. Yang umum jika di buat masakan, biasanya di buat  sup untuk balita, orang tua, dll. Memang misoa ini tekturenya lembut sekali. Lebih lembut daripada mie biasa. Makanya sangat cocok untuk menu anak-anak dan orang tua.  Mengapa misoa bisa lebih lembut..itulah yang aku masih panasaran. Kalau secara tradisional, proses pembuatannya sich katanya di pilin-pilin dan di tarik hingga menjadi mie yang panjang dan kecil seukuran lebih besar sedikit dari benang. Tapi, kalau sekarang sich kebanyakan buatan pabrik ya misoa itu. Dari yang aku baca lagi, misoa ini di anggap lebih tinggi nilainya di banding mie biasa, maka sering di jadika menu spesial di acara ulang tahun warga keturunan atau di jadikan hadiah  untuk kerabat.

Jadilah aku mau mencoba sering mengolah misao dalam versi masakan berbeda ah..karena aku suka misoa. Menurutku unik, rasanya itu lembyut banget..nggak perlu di kunyah...udah *mak legender..begitu masuk ke mulut..hahah. Misoa kali ini aku buat menu yang super simple dan cepat. cobain yukk..cocok buat menu anak-anak nich :)


Misoa Bakso Kuah

Bahan :
1 bungkus misoa ( 150 gram )
10 buah bakso sapi
Bawang goreng secukupnya

Bahan Kuah:
1000 ml air kaldu ayam
3 siung bawang putih , digoreng utuh dan dimemarkan
2 tangkai seledri , cincang
1 sendok teh kaldu ayam ( aku pakai Alsultan ) dan garam sesuai selera
1/2 sendok teh merica bubuk
1 sendok teh gula pasir 


Cara Membuat :

Rebus bahan kuah hingga mendidih, kecuali sledri
Masukkan bakso dan misoa
Masak hingga misoa matang dan lembut
Koreksi rasa, sajikan hangat dengan kecap manis dan taburan bawang goreng, serta sambal jika suka


2 comments :

  1. Misoa enak jg dicampur buat sop mbak di.....ditmptku yg jual misoa cm ada 2 tmpt ditoko china aja...kcg merah jg yg jual jg ditoko china...kalo dipsr tradisional gak ada.....

    ReplyDelete
  2. Wah pas di rumah punya stok mie soa instan lengkap dg bumbunya mau dincoba pake kaldu ayam kampung pasti maknyuss

    ReplyDelete