Friday, February 5, 2016

Sambal Ikan Cue


Kemaren ada Mas paket ketok-ketok pagar..perasaan nggak belanja online apa-apa..kok ada paket. Ternyata ada kiriman dari mba Indah di Muntilan..isinya cobek imut Hello Kitty dan cobek pakai tutup. Wah.."I'm lucky & happy girl ! "..hihi. Dapat cobek senengnya. Mba Indah itu punya usaha pembuatan cobek di Muntilan..tau kan pusatnya cobek batu..asli dari Gunung merapi batunya teman-teman. Makasih mba Indah, nanti kalau aku ke Yogya, tak mampir ke tokonya ya..di Muntilan.

Cobek dari mba Indah nich bagus banget. Biasanya aku kalau ke Muntilan beli cobek, milihnya bisa lama..karena ada yang cuwil sana..cuwil sini atau bentuknya nggak presisi...hihi. Kalau punya mba Indah nich..detail bagus..padahal hand made ya biasanya cobek begini..suka dech. Aku mau  pesan lumpang kecil ah ke mba Indah..ntar ambil kalau mudik...hihi. Punya cobek baru, langsung semangat nyambel..hihi. sambelnya yang murah meriah aja..karena di tukang sayur adanya cuma ini..udah dua hari nggak ngiderin pasar..jadi kulkas kosong. 

Sambelnya, sambel ikan cue, pakai terasi dan pete. Udah gitu aja..di makan sama soulmatenya..nasi putih...udah bikin diet gagal kok..hihi. Ikan cue itu ikan keranjang yang udah di kukus tuch ya teman-teman. Bisa di suwir-suwir sekalian atau di potong kasar aja juga boleh. Okeh..langsung aja..nyambel yuk..catet resepnya ya. Awas..jangan gagal fokus..lihat cobek imutnya ya ..:D


Sambal Ikan Cue

Bahan :
150 gram cabai, campur merah sama rawit
100 gram tomat ( 2 buah ), 1/2 papan pete, belah dua
1/ 2 sendok makan terasi
1 sendok teh gula merah
1/4 sendok teh garam
8 bawang merah, potong-potong
2 siung bawang putih, potong-potong
4 ekor ikan cue ( ikan keranjang ) , goreng, potong kasar atau suwir
Cara membuat :
Goreng semua bahan bumbu sambal kecuali gula dan garam 
Haluskan
Tumis kembali  sambal, beri sedikit air
Masukkan ikan cue, masak hingga meresap
Sajikan hangat...


12 comments :

  1. wah, harus beli nih nanti kalau pas mudik ke magelang... mbak, ikan keranjang gitu kalau mau dimasak musti dicuci dulu nggak sih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau aku di cuci bersih m ba di air mengalir pelan2 agar nggak remuk..:)

      Delete
  2. Mbak di...dimuntilan disblh mana toko mbak indah yg jual cobek ya...ntar kalo plg kejw mau beli jg ...hehehe...itu imut bgt cobeknya hello kitty punya....xixixi

    ReplyDelete
    Replies
    1. sms / wa aku mbdi 089654712500, ntar tak kasih alamatnya..ada di wa ku alamtanya :)

      Delete
  3. Cobek Muntilan memang oke bgt, mbak. Waktu baru nikah dulu aku dikasih cobek muntilan sama tante aku, sampai skrg udh 18th masih bagus lho.

    Liza

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba..asli dari gunung Merapi bahannya..biasanya :)

      Delete
  4. Mbak gmn carany klo mw psen cobek sm mbk indah itu ya? Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa atau sms mba ke 089654712500, ntar ku kasih no nya..:)

      Delete
  5. Mau donk cobeknya....gmn cara pesennya....

    ReplyDelete
  6. Mbak...petenya ikut dimasak apa dicemplungin pas mau mateng aja(mentah)?

    ReplyDelete