Google Ad

Tuesday, February 9, 2016

Mangut Iwak Pe & Bunga Bawang





Wah..udah sore..baru sempat posting. Baru selesai mengurai tugas dan pekerjaan yang tertunda selama liburan. Biasa, habis liburan..pengiriman orderan jadi menumpuk. Tapi tetap harus semangat bekerja dan berkarya. Di tahun Monyet ini..harus cepat dan bekerja keras lho katanya..jika mau sukses...tadi sekilas melihat perbincangan para ahli tentang tentang tahun ini di tivi. Tapi perasaan dari dulu ya harus begitu ya jika mau berhasil dalam apapun..hihi.

Oke dech..lanjut lagi yuk masak-masaknya..aku lagi suka masak bunga bawang nich. Kali ini, sesuai saran teman, katanya enak juga di campur mangut iwak pe. Dan setelah aku coba..hemmm..memang tambah sedep banget. Pokoknya..selama musim bunga bawang ini, mau aku coba semua dech masakan dengan bunga bawang ini. 

Kuah mangut yang sedep aroma asap..tambah enak dan aromatik jika di campur bunga bawang ini. Rasanya tetep kres manis, menunjang rasa gurih dan pedas mangut. Hemm..pakai lauk ini aja sama kerupuk..buat ngabisin nasi putih..udah oke bingits. Jika mau pedas lebih mengigit, cabai rawit boleh ikut di haluskan ya teman-teman. Kalau aku cabainya utuhkan saja kemaren, karena suami nggak kuat makan cabe rawit sekarang. Jadi buat aku, tetep bisa merasakan pedas mengigit dengan cabai rawit yang di utuhin. Jadi itu salah satu trik juga teman-teman, jika di rumah beda selera. Nggak perlu masak dua kali. 

Oke dech..selamat mencoba ya teman-teman..jika suka mangut, coba kasih bunga bawang..tambah enak lho..! :D

Mangut Iwak Pe Bunga Bawang

Bahan :
5 buah iwak pe asap
3 buah tahu, potong serong
100 gram bunga bawang, potong-potong
700 ml santan sedang kentalnya
2 cm lengkuas, geprek
2 lembar daun salam
1 sendok teh garam, 1/2 sendok makan gula merah
1/2 sendok teh kaldu bubuk
8 butir bawang merah
3 siung bawang putih

Bumbu halus :
1 cm kencur
1 cm sunti ( biasanya di jual sepaket dengan bumbu dapur, salam laos, dll ), optional..kalau gak ada gak pakai gak pa-pa.
Cabai merah 50 gram, dan cabai rawit merah utuh sesuai selera

Cara membuat :
Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum, masukkan bumbu halus, tumis hingga bumbu matang semua.
Masukkan santan dan bumbu2 lain, tunggu sampai mendidih, baru masukkan iwak pe dan tahu
masak dengan api sedang hingga kuah berkurang dan bumbu meresap, baru masukkan daun bawang. Koreksi rasa. Masak sebentar hingga layu. Sajikan hangat.


3 comments :

  1. Wah, kayaknya sedap banget mbak. Dimakan bareng nasi hangat plus kerupuk. Nyam nyaaam

    ReplyDelete
  2. kemenyuss....kemrecess,,,asli mb DD mmg jago bkin org ngiler..!!
    -- bunda chera

    ReplyDelete

Google Ad

Visit Our You Tube Channel