Thursday, January 28, 2016

Tips Usaha Jamur Krispi




I like krispi..krispi..apapun yang krispi..jamur krispi..ayam krispi..tempe krispi dll, hihi. Dan banyak orang lain juga aku kira suka ya. Terutama anak-anak dan remaja, tentu sangat menyukai cemilan atau lauk krispi yang renyah dan gurih. Tak heran, banyak penjual makanan yang bertajuk krispi ini banyak di minati. Sebut saja..ayam krispi atau fried chicken, banyak di jual di pinggir jalan..dan laku lho. Ada juga yang beberapa waktu ini lagi tren tahu krispi. Tahu biasa, di goreng dengan lapisan tepung krispi ala ayam goreng krispi, ternyata banyak di sukai juga.

Nah, yang tak kalah populer, adalah jamur krispi. Tentu sudah sering makan ya teman-teman. Nah beberapa teman sering menanyakan tips usaha jamur krispi. Baiklah aku ulas lagi ya kali ini, walau sudah sering aku mengulas olahan krispi, tapi jika memang ada yang membutuhkan, mengapa tidak di tulis lagi. Aku memang bukan pengusaha yang tahu banyak seluk beluk usaha makanan, tapi aku tahu sedikit tentang mengolah makanan, jadi aku kira tips tentang pengolahan jamur krispi ini mungkin akan sedikit membantu ya untuk teman-teman yang mau memulai usaha kecil-kecilan. Asalkan penuh semangat dan pantang menyerah, pasti apapun yang kita lakukan akan membuahkan hasil. 

Okey..pertama yang harus kita perhatikan, jika akan membuat olahan jamur krispi itu, pilih jamur yang segar ya teman-teman. Jika perlu banyak, pergi langsung ke perkebunan atau tempat budidaya jamur tiram, saat ini banyak kok pengusaha budidaya jamur tiram skala rumahan, jadi bisa dapat jamur fresh yang baru petik dan harga murah, tentu saja akan dobel untungnya. Jika tidak, bisa cari di pasar. Banyak yang jual. Jangan di supermarket ya. Jamur tiram di supermarket biasa di simpan di lemari pendingin, jadi udah  berair, kurang bagus untuk jamur krispi. Jamur tiram yang segar itu warna masih putih bersih, kesat kenyal dan baunya segar. Jika kita cuci, nggak akan berubah warna coklat atau berair. Jika jamur sudah nggak segar, aromanya nggak segar, dan jika di cuci akan berubah jadi lembek kecoklatan, karena mengandung air. Jika di peras, tambah lembek dech. Jamur nggak segar seperti ini, jika di goreng krispi, akan menyerap banyak minyak.


Lanjut..proses pengolahannya. Jamur krispi nggak perlu di bumbui, nanti dia akan terlalu gurih atau asin, karena mudah menyerap bumbu. Pakai saja tepung bumbu siap pakai yang sudah gurih. Aku, pakai TEPUNG KRISPI jualanku dong..hihi. Sudah terbukti kriuks nya..:D. Jika mau meracik tepung sendiri, bisa juga, takaran, sudah sering aku posting di resep aneka olahan ayam krispi, dll. Itu bisa di pakai untuk olahan jamur krispi ini juga. Tapi jangan terlalu asin ya tepung bumbunya teman-teman, nanti akan neg dan membosankan jika di cemil. Tepung krispi yang aku jual..pas membuat jamur krispi ini, karena memang nggak terlalu kuat bumbunya, jadi pas aja untuk membuat jamur krispi. 

Jika mau jualan jamur krispi di gerobak pinggir jalan, jangan semua langsung di cuci ya, lebih baik  menyetok jamur tiram yang sudah bersih secukupnya, agar tidak berair. Melapisi jamur dengan tepung pelapis, juga jangan sekaligus. Lakukan jika minyak sudah siap panasnya. Siapkan tepung, jamur, segera celup dan lapisi tepung kering, lalu masukkan ke minyak panas, maka lapisan tepung akan keriting cantik dan cepat keringnya. Jika menunggu lama dan sudah di lapis tepung, makan akan berair dan lembek, serta kurang cantik lapisan tepungnya.

Menggoreng jamur krispi, sebaiknya tunggu minyak benar-benar panas, agar cepat matang dan nggak menyerap minyak. Kesalahan tehnik menggoreng, akan membuat jamur krispi keras dan menyerap minyak. Yaitu, minyak belum panas, adonan sudah masuk, api terlalu kecil, hingga waktu menggoreng terlalu lama juga bisa membuat lapisan tepung krispinya jadi keras, dan berminyak. Jadi jika membayar karyawan, latih baik-baik karyawannya agar mengerti tehnik dasar ini ya teman-teman.

Untuk menarik minat pembeli, buat kemasan jamur yang menarik dan trendi, misal kertas yang di beri label dan di bentuk kantong lucu, beri nama yang seru, dll. Untuk variasi rasa, bisa di beri bumbu tabur aneka rasa. Tapi jangan terlalu banyak ya, nanti malah neg..hihi. Atau bisa juga di campuran tepungnya di beri tambahan rasa sekalian, seperti cabe bubuk, jadi dech jamur krispi pedas. Atau yang seperti aku buat kali ini, aku tambah dengan lada hitam, jadi dech jamur krispi lada hitam rasanya. 

Okey, semoga bermanfaat sedikit tipsnya ya teman-teman, dan semangat berwirausaha ya..:) 


Jamur Krispi Lada Hitam

Bahan :
250 gram tepung krispi
1/2 - 1 sendok teh lada hitam bubuk ( sesuai selera )
300 gram jamur tiram

Cara Membuat :
Cuci bersih jamur di air mengalir, sedikit peras agar air keluar
Siapkan 100 gram tepung krispi, larutkan dengan 100 ml air, aduk rata
Panaskan minyak goreng
Celup jamur ke adonan basah ( larutan tepung cair )
Gulingkan ke sisa tepung krispi kering, lumuri sambil di cubit agar lapisan tepung keriting
Masukkan ke minyak panas
Goreng hingga kering


6 comments :

  1. i like tepung krispi nya mb DD,, kmrn bkin ayam / tahu krispi oke bgt,,,br kali ini bisa mkan ayam krispi buatan ndiri bak yg dijual itu,,, kriting2,,, hihi...anak2ku jg suka bgt...thxxx begete ya mb -- bunda Chera

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp mba...jika lagi gak ada ayam, buat goreng tempe di iris tipis2 , jadi tempe krispi enak juga lho..:)

      Delete
  2. iya mb,, ntar dicoba,,, klo tempura nya krg pd suka,, jadinya tak buat campuran gorengan aja,, bisa mekar ga perlu pake telor...mak irit..hihi..

    ReplyDelete
  3. Mba Di tepung krispy sama tepung tempura beda ya. Yg tepung krispy brpan ya

    ReplyDelete
  4. Mba Di tepung krispy sama tepung tempura beda ya. Yg tepung krispy brpan ya

    ReplyDelete
  5. cakep ini jamur krispi nya, mbak kalau tepung yang dijual di pasar2 bilang itu krispi beda kah sama yang bikin sendiri ??

    ReplyDelete