Wednesday, January 20, 2016

Nasi Tiwul Kuah Sayur Telo


Wah..akhirnya bisa mengudara lagi teman-teman..Yodha udah sehat dan mulai berangkat ke sekolah lagi. Kalau lagi sakit itu..dia nempel kayak perangko..hihi. Di tinggal ke dapur bentar udah teriak..sakit..sakit..minta ini..itu..minta di temani, dll. Wis..ya namanya anak-anak ya..kita aja orang tua kalau sakit ya beneran tersiksa..apalagi mereka. Ya penting sekarang udah sehat..alhamdulillah...jadi bisa mulai masak-masak lagi dech.

Kemaren tuch Yodha sakit nyeri lambung..duch..cemilan anak sekarang mungkin penyebabnya..karena Yodha suka ngemil snack-snack kering beli di supermarket gitu. Kalau makanan di rumah dan di sekolah sich, Insyallah nggak pernah bermasalah. Ke rumah sakit..maksud hati biar dapat kepastian, eh di bilang cuma masalah pencernaan gitu sama dokternya..setelah mendengar keluhan anak. Kalau cuma begitu..beli obat di apotek juga bisa..hihi. Kita minta di *rongtgen perutnya gitu sebenernya, gak di kasih sama dokternya. Alhasil..cuma di beri obat..sesuai keluhan ya bu..obatnya..*aduch..! *

Setelah minum obat dokter ( sejenis obat maag biasa ) sehari..kok masih ngeluh sakit aja perutnya bagian lambung Yodha..akhirnya nggak tega..aku ingat obat herbal..sari teripang yang dulu pernah nyembuhin dia sakit radang telinga..alhamdulillah aku kasih itu, dua kali minum..beberapa jam langsung sembuh nyerinya. Wis..langsung bye bye dech obat dokternya..hihi. Jadinya..tadi udah segar bugar dan nggak ngeluh sakit apapun dan udah minta masuk sekolah..alhamdulillah.

Okey dech..sekarang..kita masak2 lagi yukk teman-teman. Menu give away kali ini kiriman Mak Irowati, yang merupakan menu dari ibunda Mak Irowati dari Nganjuk Jawa Timur. Di daerah asal Mak Irowati nich, telo atau ubi rambat biasa di masak santan, dan di makan dengan nasi tiwul. Wah unik ya. Aku udah pernah coba sayur lodeh ubi beberapa waktu lalu memang enak. nah..kalau resep dari Mak Irowati ini ku lihat beda versi lagi..bumbunya di tumis dan bercitarasa pedas.

Setelah aku coba..eh..enak banget ternyata..sayur telonya miroso pedas gurih, di padu rasa manis dari ubi..jadi seger. Apalagi tambah daging tetelan, jadi gurihnya makin sipp. Selain memakai nasi tiwul, tak kira enak juga untuk makan nasi biasa. Kalau di rumah Mak Irowati, suka di modifikasi untuk makan mie juga lho..jadi menunya..Mie Kuah Sayur Telo, kata beliau..ini juga jadi favorit keluarganya. Kapan-kapan aku coba dech, sekarang lagi pengen coba yang pakai nasi tiwul dulu.

Oke..yang mau coba menu unik ini silahkan ya teman-teman...:) Telo atau Ubi nich bagus lho..buat mencegah nyeri lambung..hihi. Coba Yodha kayak emaknya..suka makan ubi..mungkin nggak akan kena nyeri lambung ya..:D


Nasi Tiwul Kuah Sayur Telo

Bahan : 
2 buah telo 
100 gram daging sapi ( boleh pakai tetelan ) rebus sampai empuk..lalu potong dadu 

Bumbu halus : 
8-10 buah cabe rawit ( sesuai selera, kami suka pedes ) 
4 siung bawang putih 
4 siung bawang merah 
4 butir kemiri 
Garam & gula secukupnya

Bahan tambahan : 
2 buah cabe merah  & 2 cabai hijau iris memanjang 
3 ruas laos digeprak 
2 gelas santan 
1 gelas air kaldu 
2 sendok makan minyak utk menumis 

Pelengkap : Nasi tiwul secukupnya

Cara memasak : 
1. Kupas telo, potong kotak dadu, cuci bersih, sambil menunggu yg lain simpan telo ini di baskom yg ada airnya supaya tidak berubah warna. 
2. Tumis dengan minyak bersama laos sampai harum, masukkan cabe merah, daging dan telo,aduk sebentar, lalu masukkan air kaldu, dan biarkan sp telo matang. 
3. Bila telo sudah matang, masukkan santan. biarkan sp mendidih lalu angkat. Sajikan dengan nasi tiwul hangat.



5 comments :

  1. wah sip tuh mb DD. jd ingat dulu waktu tmp mbah di blitar makan pake nasi tiwul sayurnya santan daun singkong lauknya mendol sama kerupuk singkong jadi serba singkong mantaaap.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya...singkong..ubi..makanan alami sehat ya mba..makanya..mbah2 jaman dulu itu sehat2 dan kuat, soalnya nggak neko-neko ya menu makanannya..:)

      Delete
  2. Mba, apakah masih menjual tepung bakso? Terima kasih.

    ReplyDelete
  3. mb DD,,, ditunggu resep bubur manadonya ya...ibuku kdg bkin tp mreka2 ndiri jd ala jawa gtu,, pngen yg otentik manado klo dr mb DD br prcaya deh...hehehe..--bunda chera

    ReplyDelete
  4. Makasih ya mak...resepnya akhinya mampir di blog mak Diah... seneng plus bangga deh... semoga Yodha sehat2 terus yaa... cemilan beli mmg sering bkin skit mak...spt anak teman sy kr kebykan jajan, perutnya bermslh , mual muntah ga smbuh2, di cek sp mendetil ternyata di ususnya sdh byk mengendap zat pengawet... duh ngeri makk

    ReplyDelete