Saturday, January 23, 2016

Cireng Tepung Kentang Pati


Beberapa waktu lalu aku baca komen di web dari mba Eko..kata beliau..coba perkedel crunchy dari tepung kentang yang pernah ku posting di SINI..kok hasilnya...malah seperti cireng krispi..hihi. Ternyata..oh ternyata..tepung kentang punya mba Eko yang di pakai itu yang tepung kentang pati..atau potato starch yang putih bersih. Wah..lha aku kok jadi penasaran..rasanya gimana..cireng..pakai tepung kentang. Ternyata..enak..pakai banget. Rasa kriuknya renyah lembut, tapi nggak se alot pakai tapioka. Enak dech..ada citarasa dan harum aroma kentang..jadi antara wangi perkedel sama cireng..hahah. Bingung kan..cobain aja sendiri makanya ya teman-teman.

Semoga ide resep ini menjawab kegalauan beberapa teman..yang niatnya beli tepung kentang seduh di daerahnya masing-masing..eh keliru tepung kentang pati. dan bingung mau di buat apa. Kadang juga teman-teman yang beli tepung kentang di aku, suka salah kira..di kira sama tepung kentang seduh dan pati. Beda ya teman-teman..jadi jika mau pesan tepung kentang, tolong di tegasin dari awal, mau yang seduh atau pati..hihi.

Pati kentang pati ini putih bersih, tapi lebih putih dari tapioka ya..seperti ini

 
Jadi beda ya teman-teman,..potato flakes dan potato starch..itu sangat berbeda. Kalau potato flakes itu tepung kentang seduh, yang bisa buat perkedel dll. kalau tepung kentang pati itu sari patinya kentang, bentuk putih bersih seperti tapioka. Kalau potato starch ini untuk membuat kue kering, lapisan ayam goreng ala Jepang, lapisan tepung Ayam pedas Korea dan buat cake juga bisa. Nah..penemuanku terbaru, ya buat cireng krispi ini. Cuma warnanya nggak putih bersih seperti cireng, karena ngga ku tambah tapioka. Next time ku coba pakai tapioka dech.

Oke..langsung saja ini dia caranya ya :

100 gram tepung kentang pati, seduh air panas / mendidih secukupnya hingga jadi adonan yang lembek
Beri bumbu : aku sich bawang putih bubuk aja praktis, 1/4 sendok teh, kaldu ayam, merica secukupnya, dan sedikit gula pasir. Jika suka boleh di kasih daun bawang iris.
Udah..tinggal di goreng dech, bentuk nggak beraturan aja..biar seperti cireng krispi beneran..hihi.
Goreng hingga kering

Enak..banget..renyah, gurih..!


1 comment :

  1. Oalaahhh....jadi tepung kentangku itu potato starch ya alias tepung pati kentang...pantesaannn...putih menthir orang jawa bilang...hehehe..tengkiuhh deh mba...di sini emang adanya cuman tepung pati kentang itu...hihihi..pantesan suamiku bilang ini perkedel kagak ada mirip2nya ama perkedel kentang ya...haha

    ReplyDelete