Wednesday, January 27, 2016

Ungkep Sate Usus & Ampela Bumbu Kuning


Weekend kemaren..seperti biasa kita jalan ke Living Plaza Ace Hard Ware Simpang Lima. Wah sejak ada wahana bermain di lantai paling atas tuch yang baru..Yodha tiap Minggu ngajak ke sana. Yodha suka karena tempat mainnya cool katanya, beda sama mall lain, dan masih baru..hihi. Aku sich..asyik-asyik aja..soalnya pas dia main..aku bisa cuci mata dan berburu pernik dapur dapur di Ace atau Informa..hihi. Giliran Papinya yang bosan ngantarnya..hahah. 

Karena keasyikan main Yodha, tau-tau udah jam 7 an malam, akhirnya sekalian cari makan di dekat situ. Akhirnya kami makan aja di lesehan Nasi Ayam di belakang Ace. Pertama Yodha sich protes, kok makannya nasi ayam..hihi. Dia maunya ayam goreng. Kalau nasi ayam itu  nasi khas Semarang, lauk opor ayam, sayur labu siam dan aneka sate jerohan ayam yang di masak bumbu opor. Awalnya protes, tapi setelah mencoba sae usunya yang empuk, Yodha jadi suka..karena satenya empuk dan nggak bau. "Enak ya Mi..ususnya..! " katanya. Walah..ke mana aja Kak..biasa di masakin usus nggak pernah mau, giliran makan nggak sengaja di tempat Nasi Ayam, jadi mau usus dia..hihi. Padahal, kalau usus di bubur ayam, warung soto, dll, nggak mau dia, nah waktu coba usus bumbu opor kemaren kok suka.

Akhirnya waktu ke pasar lihat usus, Yodha request, sate usus seperti yang kemaren makan di lesehan katanya. Okeh dech Kak..siap..laksanakan. Biar empuk ususnya, aku masak pakai presto..dan sipp dech..empuk, enak..gurih dan sedikit manis, nggak amis atau bau ususnya. Kunci masak usus ayam yang enak itu, pilih yang masih segar ya teman-teman, maksudnya dari ayam yang baru potong. Kadang ada pedagang nakal udah masuk kulkas ususnya, di jual lagi..itu bakalan amis dan nggak enak baunya. Cuci bersih di air mengalir, sebelumnya kucuri jeruk nipis dulu. Biar steril sebelum di masak, rebus dulu dech sama jahe dan daun salam hingga mendidih. Di jamin..gak bau dech olahan ususnya.


Oke...selamat mencoba ya..jika suka menu sate usus bumbu opor, ala lauk Nasi Ayam khas Semarangan ini..enak lho.....:)
Sate Usus & Ampela Bumbu Kuning ( Opor )

Bahan :
250 gram usus ayam
5 ampela ayam
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, geprek
2 lembar daun jeruk
1 batang serai, geprek
700 ml santan kelapa sedang
1 sendok makan gula merah
1 sendok teh kaldu ayam dan garam sesuai selera

Bumbu Halus :
6 butir bawang merah
2 siung bawang putih
4 butir kemiri
1/2 sendok teh ketumbar
1/8 sendok teh merica bubuk
2 cm kunyit, bakar sebentar

Cara Membuat :
Cuci bersih ati ampela dan usus rebus hingga mendidih untuk mengurangi lemak, tiriskan
Tumis bumbu hingga harum dan matang, masukkan santan dan semua bumbu
Masukkan ati ampela dan usus
Masak hingga mendidih, koreksi rasa
Jika sudah pas gurih manisnya, tutup panci dan masak hingga empuk dan kuah menyusut
Bisa di sajikan dengan kuah atau di ungkep hingga agak kering dan mengental kuahnya

Tips : Jika mau cepat empuk, bisa pakai panci presto






No comments :

Post a Comment