Wednesday, January 13, 2016

Apem Putih Telur



Hari ini menu jajanan ya teman-teman. Kali ini aku coba resep kue apem..tapi nich kue apemnya spesial. Kenapa spesial..pakai telur ?..:D Nggak telur utuh sich..tapi pakai putih telur...jadi rasanya itu unik..dan hasil apemnya jadi menul-menul awet empuk hingga dingin. Apalagi jika di makan hangat..hemm..seempuk pukis lho..padahal bahannya tepung beras aja..nggak pakai terigu.

Resep kiriman Ibu Udin ini enak banget..layak di coba. Resep ini adalah resep dari Ibunda beliau, dan resep jadul yang aku suka..karena praktis..pakai gelas  belimbing..hihi. Resep ibuku banget..apa-apa pakai gelas belimbing. Ya mungkin dulu belum ada alat takar ya, jadi takaran umum jaman dulu itu gelas belimbing. Makanya..jangan ragu beli jika nemu gelas belimbing teman-teman, karena berguna di dapur. Masih banyak resep yang beredar di luar pakai takaran gelas belimbing lho..hihi.

Biasanya, kalau aku buat apem, agar lebih empuk, pakai campuran terigu, kalau ini nggak perlu..bahan murni tepung beras, rasa terasa otentik rasa apem..tapi tekture dan rasa lebih empuk dari yang di campur terigu. Hasil akhir adonan agak kental..karena putih telur di kocok kaku dulu baru di campur ke adonan. Penambahan putih telur ini jadi kunci agar kue apemnya awet empuk hingga dingin.

Tadi aku coba separo resep aja..mumpung masih ada tukang yang kerja di rumah..dan mba artku udah masuk kerja..jadi bisa ikut icip-icip. Waktu mateng panggangan pertama..langsung aku suruh coba mba art ku..katanya.."Enak banget ini Bu..!". Langsung dech dia minta resepnya..mau di kasih adiknya yang suka masak dan buat kue-kue katanya. Aku kasih ke tukang yang kerja juga..pada suka..padahal biasanya kalau aku beliin kue apem di pasar nggak pada di makan..hihi. Kalau suamiku..No apem..! haha..sudah mblenger katanya sama kue apem..dari kecil..ibu mertuaku kalau buat kue apem buanyakkk tiap ada acara..!..hihi. Sedang Yodha..pulang sekolah tak suruh nyoba. Komentarnya.." Enak sich Mi..tapi aku lebih suka kue cucur..!"..hihi..oke dech Kak..kapan-kapan Mami buatin Cucur ya..:)

Adonan akhir seperti ini ya teman-teman...setelah di fermentasi selama 1 jam.


Oke..langsung saja ya resepnya..aku copiin dari resep, selamat mencoba jika suka.

Apem putih Telur

Bahan :
1kg tepung beras
3/4 kg gula pasir
1/2 kg tape singkong
2 gelas air kelapa (gelas belimbing)
6 gelas santan dimasak (gelas belimbing)
1 sachet fermipan
5 butir putih telur dikocok kaku

Cara:
Remas gula dan tape singkong hinga lumer tercampur rata tape dan gulanya masukan fernipan. Masukan tepung beras dan santan. Terakhir, masukkan kocokan putih telur yang sudah dicampur sedikit adonan apem hingga agak lembek, baru tuang ke adonan apem keseluruhan.
Biarkan sampe adonan naik ( mengembang ) dulu kurang lebih 1 jam baru aduk, terus cetak dan panggang


8 comments :

  1. kyaknya enak tuh mb,,,apem kesukaanku jg...klo dicolok garam dikit boleh ga mb DD,, biar manteb manisnya,,

    --bunda chera

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh dong mba...ku juga pakai..:) cm di resep kiriman teman nggak pakai :)

      Delete
  2. Kalau dikukus bisa nggak mbak?
    Bunda excel

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mba ku kira..tp aku blm nyoba..:D

      Delete
  3. kalo ga ada tape singkong, bisa di skip? atau diganti dengan bahan lain? soalnya di daerah aku ga ad yg jualan tape :(

    Vhyna

    ReplyDelete
  4. Aku dah cobaa mb dii tapi stengah resep....aku bkin sore paginya masii empukkkk bangetttt ,menul,,enakkk dahhh.aku sllu pakai resep mb dii.makasiiii mb

    ReplyDelete