Friday, January 15, 2016

Oseng Gori Teri



Hari ini lanjut menu give away, hingga akhir Minggu ini ya teman-teman..mau ngebut kok ya ada kendala aja..kemaren ndak enak badan lagi..gara-gara begadang ngerjain kerjaan..hihi. Badan dan beda ya..dari jaman muda dulu..:D. Dulu tuch ya.kayaknya..pas umur-umur 20 an ke atas tuch jaman kerja..tidur 3 jam aja nggak apa-apa ya..sekarang udah umur kali ya..hihi..jadinya kalau kurang tidur..cepet meriang..:D. Kemaren itu waktu aku panggil tukang pijit, aku di tawari obat herbal dari teripang yang bisa buat tidur nyenyak..aku beli dech. Eh tapinya..bukannya bisa tidur nyenyak..malah nggak  bisa tidur aku..huhu..apa obatnya yang terlalu bagus, jadi aku jadi sehat terjaga nggak ngantuk..hahah.

Okeh..langsung ini resep dari Ummu Hasna, resep ini dari Betawi. Jadi ceritanya, awal pindah Jakarta kan tinggal di lingkungan Betawi, di sekitar tempat tinggalnya banyak pohon nangka. Salah satu olahan nangka muda di daerah sana itu di oseng. Bunda Hasna..awalnya nggak suka karena merasa agak aneh, nggak biasa nangka di oseng, setelah di beri icip-icip tetangganya, akhirnya jadi suka, dan ini jadi salah satu menu keluarga Bunda Hasna.

Memang sich..seumur-umur aku dari kecil, biasa makan nangka muda, alias gori, alias tewel, tapi memang di rumah..ibuku jarang masak dengan cara di oseng. Biasa di masak santan aja selalu, baik pedas, anyep atau yang utama gudeg. Jadi aku penasaran juga akhirnya..jika nangka muda di oseng itu gimana rasanya. Akhirnya aku coba, dan ternyata enak lho..hihi. Tapi aku rebus nangkanya keempukan kemaren..hihi. Nggak apa-apa dech yang penting enak rasanya.

Oke..ini dia resepnya aku copiin dari resep kiriman Ummu Hasna ya, selamat mencoba ya teman-teman..:)
Oseng Gori Teri 
Bahan: 
1 buah gori (nangka muda) ukuran sedang (rebus setengah matang, cacah (potong kecil2)
1 ons ikan teri sedang (goreng hingga matang) 
10 butir bawang merah, iris 
4 butir bawang putih , iris 10 / 15 cabai rawit merah (sesuai selera, pedas lebih nikmat), iris
2 ruas jari lengkuas, geprek 
3 lembar daun salam 
Garam, merica, penyedap rasa jika suka, dan gula pasir 

Cara membuat: 
Tuang sedikit minyak goreng untuk menumis masukkan bawang merah, bawang putih, cabai rawit, lengkuas dan daun salam tumis sampe wangi masukkan teri tumis sampe matang, kemudian masukkan gori, aduk terus tambahkan air secukupnya garam, gula pasir, penyedap rasa, merica aduk lagi kemudian tes rasa. 
Kalau sudah pas rasanya tunggu sampai semua matang dan air meresap siap dihidangkan dengan nasi hangat.

4 comments :

  1. Segeeeerrr....pagi2 postingnya oseng2 gori,aku biasanya bkn tp gak pake teri...hehehe..ditmptku lg musim cempedak mbak diah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sippp mba...aku kok blm pernah makan cempedak mba..huhu..:D

      Delete
  2. Mbak oseng gori itu asalnya darimana ? makasih.

    mampir mbak ke resep spaghetti carbonara keju yang paling mudah dan enak.

    ReplyDelete
  3. Cempedak itu adiknya nangka mbak di...kalo mentah bisa dimsk sprt lodeh gori,tp kalo dah msk dimkn ky nangka,dan kulitnya bisa dimasak difermentasi direndam pake bwg pth n garam jdlah mandai...aku ni wong jw tp lidah ngikuti mskn org dayak....

    ReplyDelete