Sunday, January 31, 2016

Nasi Kucing Tak Harus Murah


Akhirnya bisa posting lagi. Kemaren seharian kok muterin Semarang..hihi. Sebenernya gak ada rencana pergi, tapi kok ternyata Yodha kemaren janjian sama temannya bertiga pada mau jalan ke mall, setelah ada acara ke sekolah. Aku kira tuch cuma pada becanda, eh lha kok beneran, pulang acara sekolah aku cek beneran pada kabur bertiga. Duch..sapa yang nggak ketar ketir ( khawatir )..lha anak-anak abg kecil yang ganteng-ganteng, hihi..pada ke mall tanpa orangtua. Setelah aku cek ternyata di anter sopir temannya. Tapi tetep saja aku khawatir, takut kalau cuma di drop aja sama sopir, jadilah kemaren ngebut ngurusi kerjaan buat nyusul Yodha siang. Untunglah sopirnya bertanggung jawab, anak-anak di temani main di mall..hihi. Yodha malah heboh..kok Mami nyusul sich, kan aku bisa pulang sendiri di anter temen, katanya. Aduch..gak kebayang ntar kalau udah abg beneran ya..hihi.

Akhirnya setelah jemput Yodha..sekalian aja muter ke mall..ke sango, dll..cari pernak pernik..dan jadilah yang nggak niat belanja, pulang kok nenteng tas banyak..hihi. Beneran capek sampai Semarang atas udah jam 7 an malam. Akhirnya sekalian cari makan aja di luar, itupun cari yang di dekat rumah aja. Di jalan dekat rumah kebetulan ada banyak warung-warung baru yang belum kami coba. Akhirnya kita coba salah satu warung angkringan. Menunya sich angkringan biasa, aneka nasi kucing, lauk pauk dan minuman aneka wedang. Yang menarik itu tempatnya bersih, karena bukan warung tenda ya. Makanannya juga bersih-bersih dan di bungkus rapi kecil-kecil.

Setelah kami coba, rasanya lumayan enak juga. Dan yang jelas lebih bersih makanannya ya, beda sama di angkringan biasa yang warung tenda yang kadang kena debu jalanan..hihi. Jadi..jika teman-teman lagi cari ide usaha, mungkin ide warung angkrngan bergaya warung atau cafe yang lebih bersih dan tempatnya nyaman seperti ini bisa jadi ide juga ya. Seperti di Yogya, yang makanannya super komplet itu ada Angkringan Ndalem, kalau di Solo, ada Angkringan 3 Ceret, tuch juga model Cafe gitu angkringannya. Jika mau usaha warung angkringan, usahakan masak sendiri semua agar kebersihan dan citarasa terjaga. Jadi beda sama warung angkringan pinggir jalan yang serba titipan, jadi yang masak beda-beda, rasa juga beda-beda..hihi.

Jika mau mulai usaha, nggak harus banyak-banyak masaknya, seperti warung angkringan tempat kami makan itu, lauknya cukup variatif, tapi masaknya sepertinya sedikit, jadi mengurangi kerugian ya, jika masih sepi. Dari segi harga..nggak harus murah seperti warung angkringan tenda kok, asal tempat bersih, makanan bersih, di bungkus rapi nasinya dan lucu imut kecil-kecil, jadi lebih menarik. Jadi mau di pathok harga lebih mahal dari angkringan biasa, tidak akan masalah. Apalagi jika teman-teman buka warung angkringan seperti ini, mungkin di tempat-tempat yang strategis, perkantoran dll, pasti dech akan di minati, karena banyak kalangan menengah ke atas pun ingin bisa menikmati nasi bungkus, atau nasi kucing, tapi tentu di tempat yang lebih nyaman dan enak. 

Nasi kucingnya biar menarik, di beri banyak varian lauk...jadi orang akan penasaran isinya dan nggak cuma makan satu bungkus. Seperti di warung angkringan kemaren, variasi lauknya banyak dan aku coba beberapa lumayan enak. Tapi jangan berharap lauk nasi kucing itu sepotong besar ya teman-teman. Namanya juga nasi kucing..tentu saja..nasi sekepal, lauk secuil..pokoknya porsi kucing dah..haha. Makanya..di sebut nasi kucing. Biasa di rumah goreng ikan bandeng dua biji aja nggak habis, nggak ada yang makan, kalau di angkringan lauk bandeng secuil kok berasa enak..hihi. Ya itulah seninya..makan nasi kucing..! 


Nasi kucing,  nasi sekepal, lauk secuil...bisa jadi mahal juga, soalnya lauknya macam-macam..haha. Kemaren makan bertiga sama minum..kok habisnya 75 ribu. Jadi Nasi Kucing jika kita mau mengemas lebih menarik, bisa jadi  mahal juga lho teman-teman..hihi.









Pilihan tempat yang strategis, sangat penting untuk usaha makanan. Seperti warung angkringan yang kami coba kemaren tempatnya dekat taman kota..dekat rumahku yang dulu cuma lapangan kosong, setelah di jadikan taman..sekarang jadi lahan rejeki banyak orang ..:)





8 comments :

  1. Jd ingat jaman ngekos dijogja dl...angkringan menu makannya....murah meriah,sayangnya dikalimantn gak ono mbak...cm ada 1-2 aja..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..belum byk saingan berarti kalau usaha angkringan di sana ya mba..:D

      Delete
  2. Mba diah itu warung angkringannya dmn ? Banyumanik kah ? Wini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mba..di ruko2 dekat Taman Tirtoagung belakang perumahan Graha estetika..:)

      Delete
  3. hmm..yummy...
    makan di angkringan tuh selalu nikmat, kadang ga cukup sebungkus nasi kucing, hahahha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget Mba...keliatannya murah ya satuan tapi krn makan nggak cuma satu dan luk macam2...jatuhnya jadi byk..:D

      Delete
  4. sluuurp..jadi lapar lagi.. *padahal habis makan

    ReplyDelete
  5. Tante blognya profesional banget ya
    resep2nya juga bagus2 loh
    recommended deh :)

    ReplyDelete