Thursday, January 21, 2016

Bubur Manado


Menu kali ini...kedua kalinya aku masak bubur Manado..pas Yodha sakit kemaren aku buatin untuk dia..dan sekarang aku masak lagi buat sarapan..sendiri..versi komplet..hihi. Lha Yodha sama papinya pilih sarapan roti..aku malas makan roti. Akhirnya..aku ingat masih punya ikan asin goreng sore kemaren..wah sipp nich..buat makan bubur Manado..Yummy..di makan anget-anget  plus sambal tomat..wah..sak piring bubur Manado hangat langsung habis..:D

Resep Bubur Manado kali ini..kiriman mba Nita, resep dari Ibunda mba Nita dari Manado nich. Makasih mba..resepnya..aku ya baru dua kali ini makan bubur Manado, jadi ketagihan dech..hihi. Dulu masih selalu ragu untuk mencoba, karena, kalau di Jawa kan makan bubur polos aja..pakai lauk atau sayur di pisah gitu. Ternyata di campur-campur sayuran juga enak rasanya. Dan tentu saja sangat bergizi ya buat keluarga. Biar makin gurih dan bergizi, aku sedikit modifikasi, aku pakai kaldu ayam juga. Rasa buburnya makin gurih. Apalagi aku pakai kaldu ayam kampung, yang aku buat hingga bening..jadi jangan khawatir amis, malahan jadi gurih banget bubur Manadonya teman-teman, asal cara membuat kaldunya benar ya. Cara membuat kaldu bening..sudah pernah aku posting di SINI ya.

Kata mba Nita..lauk yang pas untuk teman makan Bubur Manado itu ikan asin dan sambal tomat. Aku pakai sambal tomat terasi yang nggak di tumis lagi setelah semua bahan di ulek. Jadi semua bahan sambal, cabe, bawang merah, bawang putih, terasi, tomat, di tumis dulu, lalu di ulek langsung dengan garam dan gula sedikit, beri sedikit minyak panas. Rasanya memang enak sekali..sambalnya pedas gurih ada rasa segar asam dari tomatnya masih terasa..berpadu bubur yang lembut dan gurih ikan asin..hemm..enak..! Cobain dech teman-teman..cocok buat sarapan sehat keluarga di rumah. Menurut penelitian, bubur adalah salah satu sarapan yang sehat dan mudah di cerna lho..jadi..bakalan sering masak bubur dech aku. Senengnya bisa menemukan satu variasi bubur Nusantara yang enak ini. Jika malas masak buburnya di atas kompor, pakai rice cooker juga bisa kok, ngalahin aja bangun lebih pagi, masukin bahan bubur ke rice cooker, tinggal tidur lagi bentar..hihi..ntar pas mau sarapan udah siap dech.


Okey..ini dia resepnya, selamat mencoba ya..jika suka teman-teman, aku cuma buat separo resep aja udah jadi banyak, tapi karena susah cari labu kuning di pasar aku ganti ubi tuch, jadi warna buburnya putih ..tapi ganti ubi enak juga kok..hihi.


Bubur Manado

Bahan:
- 1 gelas beras / -+ 100gr
- Garam (sesuai selera)
- 2 batang sereh
- 1 liter air ,bisa dikurangi atau ditambahkan ( Aku pakai separo liter air kaldu ayam dan separo air )
- 2 ikat daun bayam siangi dan cuci bersih ( aku 1 genggam bayam yang udah di siangi ) )
- 1/4 buah labu kuning potong kotak-kotak (seperti untuk kolak)
- 2 buah jagung manis pipil

Pelengkap:
- ikan asin yang tipis/ ikan asin khas tarakan/ ikan asin kapang
- sambal goreng tomat

Cara membuat:
Siapkan panci agak besar, masukkan beras, air, labu, jagung, garam, dan sereh. 
Masak dan aduk-aduk hingga beras menjadi bubur namun labu tidak hancur menjadi bubur. 
Koreksi rasa asin nya. 
Apabila labu dan jagung dirasa sudah empuk, masukkan daun bayam kemudian aduk lagi hingga bahan tercampur rata dan bayam pas matang nya.

Cara Penyajian:
Tuang seporsi bubur ke piring. Tata ikan asin dan sambal di pinggir/ mulut piring. Sajikan dan nikmati hangat-hangat.

Jangan lupakan sambal tomatnya ya teman-teman..ini yang bikin nggak mau berhenti menyuap buburnya..hihi...

 
 

8 comments :

  1. bsok minggu bkin ahhh...udh lama ditunggu2 resep bubur manado asli,,tyt simpel bgt...mkasih mb DD...big hug...:)--bunda chera

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sipp mba..pakai kaldu mba..tambah gurih..:)

      Delete
    2. iya mb,,, sipp... thx

      Delete
  2. Hari hujan,dingin menune bubur manado enak tenan mbak....☺jd pgn bkn bubur manado.......

    ReplyDelete
  3. jd pingin nih lht bubur manado mb DD, dulu waktu msh ngekos sering bikin bubur ini makan rame2, bahannya patungan biar lebih irit biasa anak kos. emang bener mb bubur ini paling siip sama ikan asin tipis tarakan pake sambel terasi kasih jeruk nipis dikit mantaaap bikin pingin nambah terus... ->niken smda

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..iya cocok ya mba buat menu anak kos, padat gizi dan cepat sekali masak..:D

      Delete
  4. Resep AZ Bubur Manado, Enak Buat Sarapan, terimakasih sudah berbagi :D

    ReplyDelete