Friday, January 29, 2016

Tumis Tahu & Bunga Bawang


Setelah cukup mblenger tiap hari masak ayam, daging, dll..tumisan tahu dan bunga bawang sederhana ini menjadi sarapan yang nikmat untukku. Walau yang suka ya cuma aku sendiri..hihi. Warga di rumah lain makan roti, aku cukup sarapan nasi sayur tumis ini sama kerupuk..enak banget kok. Aku memang suka tumisan begini..aneka sayuran di masak apa aja suka, tapi yang itu..kalau sayuran cuma masak buat sendiri, kadang jika nggak sempat..jadinya males, lebih mementingkan lauk anak dulu dech. Emaknya, kadang nyambel tempe aja udah makan kok..:D

Bunga bawang..sayuran yag enak banget jika di tumis. Aromanya sedep..rasanya itu crunchy manis. Di padu bumbu tumis yang pedas plus saus tiram..hemm enak banget. Menumis bunga bawang sebaiknya jangan terlalu lama ya teman-teman, agar citarasanya tetep crunchy manis. Jadi jika di masak bersama bahan lain, misal tahu, masak dulu tahu sebentar hingga meresap, terakhir masukkan bunga bawang dan masak sebentar saja hingga sedikit layu, tapi warnanya masih hijau cantik...rasanya itu..enak banget..!

Dan tumisan seperti ini paling enak di sajikan dalam keadaan hangat sesaat setelah di masak. Jadi..usahakan memasak sayur tumisan ini ketika mendekati waktu makan. Pasti dech akan berasa makan di restoran..hihi. Aku kurang suka tumisan yang udah dingin di meja makan..pokoknya berbeda citarasa dan aromanya.  Jadi..jika belum waktu makan nengok meja makanku..teman-teman nggak akan menemukan makanan yang udah di masak..hihi. Aku lebih suka masak mendadak, ketika waktu makan akan tiba. Kecuali jika menu masakan yang perlu waktu lama, itupun sesaat sebelum di sajikan, pasti aku panaskan dulu. Jadi, tidak ada makanan dingin di meja makan kami..:D

Okey, aku share resep tumisan sederhana ini ya teman-teman, mungkin saja masih ada yang membutuhkan, buat  teman-teman pemula di dapur..semangat..belajar masak ya..:)

Bunga bawang itu seperti ini ya, buat teman-teman yang belum tahu..:)

Tumis Tahu & Bunga Bawang

Bahan :
5 buah tahu berkulit, potong tipis-tipis
1 ikat bunga bawnag, potong-potong panjang
5 buah bakso, belah dua
2 sendok makan saus tiram
1 sendok teh kecap manis
1/4 sendok teh gula pasir
1/8 sendok teh merica bubuk
Garam sesuai selera 

Bumbu Iris :
4 butir bawang merah, iris tipis
3 siung bawang putih, iris tipis
1/4 buah bawang bombay, iris panjang tipis
6 buah cabai rawit atau cabe merah sesuai selera, iris serong

Cara Membuat :
Tumis bawang bombay, bawang merah, dan bawang putih hingga harum
Masukkan cabe, aduk hingga layu
Masukkan bakso, tahu, air 100 ml dan semua bumbu
Masak hingga meresap tapi kuah masih
Terakhir masukkan bunga bawang, aduk dan masak sebentar hingga layu, korekis rasa
Sajikan hangat

11 comments :

  1. Mbak Diah, saya juga suka tumis2 begini. Kadang2 bosan yg ditumis itu2 saja. Resep ini bisa menambah variasi menu. Warnanya menarik, menggugah selera! Terima kasih.
    Sisca - Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mba Sisca, sama ya...seleranya..:) Selamat mencoba mba :)

      Delete
  2. Mbk bunga bawang sama daun bawang ( onclang) sama ngga? Kok aq baru tau bunga bawang. Tks ya mbk diah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beda mba..bunga bawang ini kaku, nggak mudah layu dan jika di masak kres rasanya, tuch udah ku update fotonya...di atas ya..:)

      Delete
  3. Mbak, maaf koreksi dikit ya. Itu di judulnya kok Tumis Tahu&Dan Bawang? Mksudnya daun bawang ya?

    ReplyDelete
  4. Halo mb diah. Mau nanya nih, ini tahu ny perlu digoreng dl ndak ya?
    Lalu kalo misa bunga bawang diganti kacang panjang gmn?

    ReplyDelete
  5. Halo mb diah. Mau nanya nih, ini tahu ny perlu digoreng dl ndak ya?
    Lalu kalo misa bunga bawang diganti kacang panjang gmn?

    ReplyDelete
  6. Aku kirain bunga nya itu loh mba . yg ditumis,terdengar unik judulnya.

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. salam kenal mbak Diah. Resep-resepnya nikmat apalagi ini, karena saya juga penggemar beratnya si bunga bawang, mbak..simpel tapi maknyuss :)

    ReplyDelete
  9. Akhirnyaaa ngerti juga ini bisa dimasak apa liat posting an Mbak Di, asiiikk besok ke pasar jati mau beli ah penasaran rasanya hehee

    ReplyDelete