Saturday, January 16, 2016

Dempel ( Perkedel Ikan )


Menu lauk buat Yodha hari ini..perkedel ikan..atau kalau di Cirebon, kata mba Sri Makin namanya Dempel. Lauk ini adalah lauk andalan ibu mertua mba Sri, yang memang tinggal di daerah penghasil ikan seger. Wah senengnya ya..tiap hari bisa makan ikan segar langsung dari laut. Di sana harga ikan sampai murah lho harganya teman-teman, karena tangkapan ikan melimpah. Wah..pastinya anak-anak di sana tumbuh sehat..bisa makan ikan segar tiap hari. Sebenernya sudah lama mau coba resep ini, tapi setiap ke pasar nanya ikan cucut kok nggak pernah ada, kemaren nggak sengaja penjual ikan langgananku nawarin ikan cucut, akhirnya bisa coba dech.

Kalau aku..ikan laut yang paling aku suka, cuma tenggiri. Ya..karena itu tadi..sudah sampai pasar ikan lautnya udah pada lemes-lemes..hihi. Kan hasil tangkapan kapan, di jual kapan..kalau di sini. Jadi palingan sering masak ikan itu ikan air tawar, yang lumayan masih seger. Kalau beli udang aja..aku emoh udang laut..lebih suka udang tambak yang masih loncat-loncat di ember tuch..nah tuch baru enak dan manis jika di olah.

Kapan bisa merasakan cumi segar masih hidup dari laut langsung di masak, ikan tenggiri segar, dll..hemm past enak banget dan manis rasanya. Suka ngiri kalau nemenin Yodha lihat Si Bolang dulu waktu tk..kalau sekarang sich nggak sempat dia..nah tuch..kan anak-anak yang tinggal dekat laut tuch enak banget, nangkap ikan..cumi, dll, terus cuma di bakar aja tanpa bumbu, kayaknya enak banget..hihi. Wis..aku tak main ke tempat mba Sri Makin aja ya..ke Cirebon..sapa tau bisa nyicip ikan segar gratis..hihi.

Oke dech..langsung saja ini dia resep Dempel, atau perkedel ikan dari Cirebon, kiriman mba Sri Makin, lauk sehat nich buat anak-anak teman-teman..:) Ikan yang di pakai, bisa ikan tongkol kecil ( dencis ), ikan tengggiri atau ikan cucut, kata mba Sri. Tuna atau kakap merah laut, enak juga mungkin kali ya..teman-teman.


Dempel / Perkedel Ikan

Bahan:
500 gr daging ikan dencis, 1-2 butir telur ( aku pakai ikan cucut )
Garam secukupnya
Minyak utk menggoreng 

Haluskan:
5 siung bawang merah, 3 siung bawang putih, 3 buah kemiri, 1/2 sdt ketumbar 1/2 sdt jinten, seruas jari  jahe, laos, kunyit. 1 lembar daun jeruk.
5 buah cabe merah, 5 buah cabe rawit (sesuai selera ya..)

Caranya:
Pisahkan duri ikan dari dagingnya, campurkan dengan bumbu halus, tambahkan telur, tambah garam dan gula pasir sedikit, koreksi rasanya dengan cara ambil sedikit adonan, goreng dan cicipi sudah pas belum bumbunya.
Siap digoreng.

3 comments :

  1. Bentuknya bulat, lupa nulis resepnya pake tepung ya mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak pakai tepung kok mba, tinggal di bulatin aja..kan ada telur sebagai perekat..:)

      Delete
  2. Mbak di, aku numpang tanya tp untuk yg sambel pecel kediri, asemnya dicairin dulu egk? Apa langsung diaduk sama bahan lain?makasihh mbak di cantik

    ReplyDelete