Sunday, January 24, 2016

Gulai Jantung Pisang Bumbu Kacang


Wah...cepat sekali weekend berlalu, kok ya sudah sore aja..baru sempat posting. Buat teman-teman yang tunggu pengumuman pemenang give away kloter terakhir, sabar ya..segera kok. Ini..seharusnya sich udah berakhir, tapi lanjut dulu coba resep - resep ya..harusnya kan sehari posting dua resep, untuk kloter terakhir nich, karena kesibukan cuma bisa satu resep tiap hari..jadi terpaksa mundur pengumuman pemenangnya ya teman-teman.

Hari ini ke pasar aku nemu jantung pisang bagus-bagus, jadi ingat salah satu resep yang berbahan jantung pisang kiriman mba Irene. Resep ini adalah resep teman mba Irene dan sering di masak bareng ketika libur kerja. Nah..aku pengen coba resep ini, karena unik, pakai bumbu kacang tanah yang di haluskan. Aku jadi penasaran rasanya seperti apa. Mba Irene pun awalnya heran,  masakan berkuah santan kok pakai bumbu kacang tanah, tapi setelah di coba, ternyata enak. Resep ini katanya berasal dari Medan.

Beneran aku tadi coba, memang unik dan enak. Tapi aku nggak berani sebanyak di resep kacangnya..takut terlalu kental, jadi aku pakai separo aja. Rasanya seperti gulai, tapi lebih gurih dan kental, karena memakai kacang halus di bumbunya. Nah..aku tadi kan bikin sate sapi bumbu kacang juga..jadi..waktu makan lontong ini..pakai bumbu kacang manis sekalian..wah..enak juga lho memang..hihi. Mungkin jika kacangnya sebanyak di resep, akan sekental bumbu kacang gitu kali ya.

Untuk maizena aku juga nggak pakai, soalnya aku suka masih berkuah, gulainya. Di sajikan dengan lntong, memang pas dan enak rasanya. Masaknya api kecil ya teman-teman, agar bumbunya benar-benar meresap. 
Oke.....selamat mencoba ya, jika suka, ini aku copiin resep asli dari mba Irene..:)

"LONTONG GULAI JANTUNG PISANG BUMBU KACANG"
Bahan :
3 buah jantung pisang
250gram tetelan sapi 
Bawang goreng untuk taburan
Lontong secukupnya
 
Bumbu halus:
5 buah cabe merah besar 
6 butir bawang merah
3 butir bawang putih
1 sendok teh ketumbar
Sedikit terasi (di goreng dulu)
2 cm kunir (di goreng dulu)
5 btir kemiri (di goreng dulu) 
1 buah serai di geprek
Lengkuas 2 cm di geprek
Jahe 2 cm di geprek
2 lembar daun salam
3 lembar daun jeruk 
Garam, gula merah dan penyedap jika suka
1sendok makan tepung maizena
dilarut kan dg air untuk mengental kan kuah sayur
500gram kacang tanah sangrai di haluskan 
1000 ml santan kelapa sedang kentalnya 

Cara membuat: 
Rebus jantung pisang sampai empuk, tiris kan potong2 
Panas kan wajan kasih sedikit minyak goreng bumbu2 halus hingga harum 
Masuk kan tetelan sapi,daun salam,daun jeruk aduk sebentar masukan kacang tanah halus stelah itu masukan santan 
Rebus sampai mendidih masuk kan jantung pisang masak sampai empuk.
Masukkan larutan maizena. Masak sebentar matikan api.
Sajikan dengan lontong serta taburan bawang goreng


3 comments :

  1. wah lht fotonya aja sdh ngiler apalagi coba rasanya pasti maknyuss, saya suka masakan jantung pisang kadang ditumis sm udang kering kadang di santan, tapi kalau di kasih kacang tanah baru tau ini, perlu di coba nih.tks resepnya mb DD.->niken smd

    ReplyDelete
  2. Terima kasih banyak resepnya mba. Sy udah recook enak bgt deh. Salam kenal.

    ReplyDelete
  3. Terima kasih banyak resepnya mba. Sy udah recook enak bgt deh. Salam kenal.

    ReplyDelete