Sunday, January 3, 2016

Eksotika Situs Kraton Prabu Boko


Karena masih dalam suasana liburan..aku selingi posting tempat wisata di Yogya ya teman-teman. Soalnya dari kemaren wisata kuliner baru belum ketemu yang sipp dan unik..karena sudah banyak yang aku posting sich kalau di Yogya. Jadi posting tempat yang unik dan bagus nich..siapa tahu masih ada yang liburan ke Yogya..jangan lupa mampir ke situs Kraton Boko di dekat Prambanan teman-teman. Tempatnya..bagus banget..eksotis..mistis..hihi. Tapi sekarang sich udah di bangun bagus sekelilingnya..beda sama jaman aku muda dulu aku sering ke sana..masih berupa reruntuhan Kraton yang benar-benar mistis dan eksotis. Kalau sekarang..masih bagus..tapi sudah indah dan tertata rapi sekelilingnya..seperti tempat wisata modern..dengan berbagai fasilitas, resto, dll. Namun jangan khawatir, tempatnya luas banget..dan jika kita mau bercapek-capek ria masuk dan naik sampai ke ujung-ujung kraton..nuansa mistis dan eksotisnya masih terasa. Dan yang jelas nggak *kemruyuk ( kebanyakan orang ) seperti obyek wisata lain di Yogya jika musim liburan tiba..jadi buat yang hobi selfie dan motret2..masih okeh banget tempat dan viewnya.

Situs Kraton Boko ini sebenernya nggak jauh dari kota..tapi karena letaknya berada di perbukitan yang tinggi..jadi begitu di sana itu serasa berada di dunia lain..hihi. Klau mau ke atas harus melewati tiga step tangga yang lumayan tinggi dan bikin pegel.., baru dech terhampar pemandangan perbukitan yang luas banget di mana situs dan reruntuhan Karton Boko berada. Jadi kalau ke sana jangan pakai high heel ya teman-teman..ntar malah keseleo kaki..hihi. Tapi tempatnya beneran asri banget, dari atas bisa melihat view kota Yogya. Aku sarankan sich..kalau ke sana itu sekalian pagi hari atau sore sekalian, karena berada di dataran tinggi, otomatis panas banget kalau siang. Waktu yang sempurna untuk ke sana itu jika sudah mau mendekati matahari terbenam..itu nanti viewnya eksotis banget..dan romantis...hihi. Sayang kemaren tuch pada tak suruh nunggu sunset pada nggak mau Yodha dan papinya..huhu..padahal tinggal nunggu 1 jam lagi..haha. Udah pada kecapekan..akhirnya nggak bisa motret waktu sunset di sana dech. Tapi nggak apa-apa..sudah dapat beberapa foto yang lumayan untuk gambaran teman-teman..jika mau berkunjung ke sana ya.

Oh ya..biar makin seru..aku cerita sedikit ya tentang legenda Kraton Boko ini. Jadi dulu di daerah Jawa Tengah sekitar candi Prambanan ada dua kerajaan Hindu, kerajaan Pengging di pimpin oleh Prabu Damar Moyo. Prabu Damar Moyo mempunyai seorang putra namanya Raden Bandung Bondowoso. Nah ada satu kerajaan lagi yang berada di bawah kekuasaan kerajaan Pengging, yaitu Kerajaan Boko..atau Kraton Boko ini. Kraton Boko di pimpin oleh seorang raja yang berwujud raksasa yang bernama Prabu Boko. Prabu Boko mempunyai putri yang cantik jelita bak Bidadari Kayangan ( Hihi..beneran begitu lho..kalau baca sejarah di museum Candi Prambanan begitu ), bernama Loro Jonggrang. 

Suatu ketika, Prabu Boko ingin memberontak dan mengusai Kerajaan Pengging, maka terjadilah pertempuran sengit antara Raden Bandung Bondowoso dan Prabu Boko. Karena kesaktian Raden Bandung Bondowoso, Prabu Boko pun tewas. Ketika Raden Bandung Bondowoso mendatangi Kraton Boko, di  sana dia melihat seorang yang putri yang cantik jelita yang tak lain adalah Loro Jonggrang. Diapun jatuh hati padanya...dan ingin mempersuntingnya. Loro Jonggrang tak mau menikah dengan Raden Bandung Bondowoso yang sudah menewaskan ayahnya. Maka untuk menolaknya, dia meminta syarat untuk di buatkan seribu candi dalam waktu satu malam. Nah..karena kesaktian Bandung Bondowoso, dengan bantuan jin..maka dalam waktu semalam, sudah hampir jadi seribu candinya. Namun Loro Jonggrang ingin menggagalkan usaha Bandung Bondowoso. Ketika candi hampir jadi seribu, Loro Jonggrang meminta gadis-gadis di sekitar Prambanan untuk membunyikan lesung, dan membakar jerami agar suasana seperti pagi hari sudah terang dan ayam pun berkokok bersaut-sautan. Pada waktu tersebut raden Bandung Bondowoso, sudah berhasil membuat hampir seribu candi, hanya kurang satu aja. Karena murka merasa di tipu, maka Raden Bandung Bondowoso yang sakti mengutuk Loro Jonggrang menjadi patung, untuk menggenapkannya menjadi 1000 candi. Huhu...cerita sedih ya...!

Nah begitu dech cerita legenda tentang Kraton Boko dan candi Prambanan ini teman-teman menurut sejarah. Tapi ya...pada kenyataannya memang dekat sich..letak Kraton Boko dan candi Prambanan itu teman-teman. Kraton Boko berjarak sekitar 2 km dari candi Prambanan, dan berada di atas bukit. Candi Prambanan berada di bawahnya, yang sekarang berada yang jalan raya itu. Pokoknya merinding juga sich kalau ke Kraton Boko tempat Prabu Boko dan putri Loro Jongrang dulu tinggal, nuansa mistis masih terasa. Membayangkan dulu seorang raja dan putri cantik jelita..jaman dahulu tinggal di sana..lengkap dengan cerita legenda yang romantis tapi tragis..hihi. Pokoknya menurutku beda aja auranya sama candi Prambanan atau candi Borobudur. 

Jangan lupa ke sini ya teman-teman..kalau main ke Yogya..di jamin  nggak akan nyesel..super keren viewnya. Kalau dari arah kota Yogya, sebelum masuk Prambanan, belok kanan ya ke arah jalan Piyungan, sekitar 2 km aja..nanati ada papan petunjuknya kok. Kraton Boko ini berada di atas bukit tinggi, jadi musti rada capek dulu naik ke atas ya dan Kratonnya nggak kelihatan dari jalan raya. Benar-baner Kraton yang indah ya pastinya jaman dulu..milih tempatnya aja keren banget...berada tersembunyi di atas bukit yang indah. Nich cekidot beberapa view yang aku abadikan kemaren ya..bagus kan..?..:D

Ini view Candi Prambanan dari atas Kraton Boko....


Kalau ini gerbang Kraton Boko..cobalah ambil momen matahari terbenam..di situ bakalan bagus banget teman-teman..apalagi jika suasana sepi..hemm..romatis..mistis..hihi.






























6 comments :

  1. Kapan2 kesana ah kyknya enak bgt ya mbk ga begitu bnyk org kyk di prambanan, btw mbk diah skrg tmbh gendut ya hehe hbs maemnya enak2 sihh :) indah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mba beum byk yg tahu tempatnya..jadi nggak penuh sesak..:) Makanya resolusi tahun barunya pengen langsing mba..hahah..

      Delete
  2. Wah dulu 5 thn tinggal d jogja kok gak tau ada kraton ini ya. Kpn2 hrs kesana nih. Btw dr dulu sampai sekarang msh suka bertanya2 lho. Kenapa Bandung, nama kota d jabar, dan Bondowoso, nama kota d jatim, disatukan jd sebuah nama orang jateng? Hehe.....

    ReplyDelete
  3. Ga sampe lihat senjanya kak?
    katanya baguuuus banget disini senjanya mah

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. Lihat foto Prambanan dari Kraton Boko, sekarang diantaranya dipenuhi rumah-rumah penduduk ya. Saya jadi bayangin dulunya apa di sana? Apakah hutan yang di dalamnya hanya ada jalan setapak, atau perkampungan desa petani, atau taman aja.

    ReplyDelete