Thursday, January 7, 2016

Rawon Iga Penyet


Ngebut posting menu give away ya teman-teman..moga-moga bisa selesai minggu ini. Kali ini resep kiriman mba Ussi dari Madiun. Sudah tau kan menu-menu dari Madiun Jawa Timur itu banyak yang terkenal ya, seperti Pecel Madiun, tahu telur dan juga rawon.

Nah kali ini aku mau posting menu unik kiriman mba Ussi, resep andalan ibunda beliau dari Madiun. Rawon  nya unik, karena memakai daging iga. Daging iga yang di ungkep bumbu rawon ini, kemudian di goreng dan di sajikan dengan sambal penyet. Jadi sensasinya rasanya memang berbeda. Lebih gurih..dan khas ada rasa dan aroma rawon.

Aku masak kemaren sore, aku coba nikmati dengan kuah rawonnya..enak. Terus tadi pagi setelah semalam aku inapkan di kulkas, aku kok kepikiran di masak lagi hingga kuah menyusut, jadi bumbu rawonnya benar-benar meresap ke dalam daging iganya. Setelah itu, baru aku goreng daging iganya, dan aku makan tanpa kuah..tapi pakai sambel penyetnya. Hemmm...enak banget ternyata..Iga goreng penyet..bumbu rawon.

Kapan-kapan jika buat ini lagi..aku mau ungkep hingga kuah habis ahh..pasti makin sedep dan meresep bumbunya, baru di goreng atau di bakar, jadi bisa menikmati rawon dengan cara yang berbeda. Makasih mba Ussi kiriman resepnya yang Mak Nyuss...:D Ini dia resepnya aku copiin dari kiriman mba Ussi ya teman-teman..:

Rawon Iga Penyet

Bahan: 1.) 600 gr iga sapi 2.) 2 batang daun bawang iris tipis 3.) 1 batang serai memarkan 4.) 4 lembar daun jeruk 5.) 4 bawang merah iris tipis 6.) 2 liter air 7.) Garam secukupnya 8.) Gula secukupnya


Bumbu halus: 1.) 5 buah kluwek yang udah mateng, rendam di wadah berisi air 2.) 4 bawang merah 3.) 5 bawang putih 4.) 2 ruas kunyit 5.) 1/2 sdt ketumbar 6.) 1/2 sdt merica


Sambal penyet rawon iga: 1.) Sambal tomat (bisa pake terasi) 2.) Sambal bawang putih (cabe rawit, bawang putih, garam, dan minyak goreng)


Pelengkap: 1.) Nasi putih hangat 2.) Kecambah/toge kecil/ganteng 3.) Kerupuk udang


Caranya: Tumis bawang merah dengan sedikit minyak sampai harum, kemudian masukkan bumbu halus, daun jeruk dan batang serai Tumis sampai bumbu matang.Masukkan iga masak sampai berubah warna dan daging mengeras. Masukkan air. Masukkan garam dan gula, icip2 pas atau belum. Masak sampai mendidih, masukkan irisan daun bawang. Masak sampai daging empuk.

Sesudah rawonnya matang. Ambil iga dan tiriskan, biarkan sampai benar2 air di iga berkurang. Panaskan minyak banyak, goreng iga hingga kering atau sesuai selera. Angkat iga dan langsung tuang ke cobek sambal



2 comments :

  1. Mba diah.. klo mau pesen tepung kentang gmn caranya y? Domisili saya di tangerang selatan.
    Noor

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi mba..sms atau wa ke sini ya..089654712500 :)

      Delete