Tuesday, January 5, 2016

Nasi Lesah Khas Magelang


Sesuai janjiku..minggu ini lanjut menu-menu give away ya teman-teman..jadinya telat banget hingga awal tahun..karena keterbatasan waktu dan tenaga..serta warga yang menikmati masakan di rumah cuma bertiga ini..jadi maksimal hanya bisa masak 2 menu. Tapi karena banyaknya resep yang masuk..dengan terpaksa sekali aku benar-benar pilih yang unik dan masih belum banyak di kenal ya agar misi melestarikan menu-menu tradisional khas daerah di Indonesia..sedikit tercapai.

Nah..ini salah satu menu unik yang udah sangat langka berasal dari Magelang. Walau dari aku browsing masih ada beberapa penjual masakan ini, namun belum banyak di kenal luas ya teman-teman. Nama menunya..Nasi Lesah..khas daerah Magelang. Menu ini kiriman mba Febianti. Resep ini adalah resep warisan Nenek beliau, yang dahulu mempunyai warung makan Nasi lesah dan cukup terkenal serta laris di daerah Magelang. 

Resep kiriman mba Febianti ini memakai daging, tapi aku baca di internet ada beberapa warung yang memakai ayam. Nah biar nggak bosan makan daging terus, aku buat Nasi Lesah versi ayam saja hari ini. Ternyata..enak lho..rasanya unik, rasanya mirip Soto tapi bersantan..jadi kuahnya lebih mirip opor tapi encer. Di sajikan dengan bihun, taoge dan tahu bacem..pas banget. Menurutku sensasi enaknya Nasi Lesah ini justru karena ada potongan tahu bacemnya yang menyumbang rasa gurih manis..melengkapi kuah Nasi Lesah yang cenderung gurih. Aku coba tadi makan tanpa kecap..enak juga..jadi sensasi rasa gurih kaldu ayamnya lebih terasa.

Jika mau pakai daging sapi, silahkan ya teman-teman, aku tuliskan resep dari mba Febianti yang pakai daging sapi ya. Jika mau di ganti ayam seperti aku, pakai ayam kampung ya agar citarasa kaldunya lebih enak dan gurih ayamnya. Oke..selamat mencoba menu unik dan langka dari Magelang ini ya teman-teman. Maaf fotonya seadanya..tadi lagi mau motret..eh tukangku yang kerja di rumah medadak pingsan..sakit..jadinya ribet banget..wis lanjut motret sejadinya cepat-cepat...untung ada tukang satunya yang  aku suruh nganter ke rumah sakit..moga nggak kenapa-napa dech...soalnya beberapa waktu lalu habis jatuh dari pohon.

Nasi Lesah Magelang 

Bahan :
500 gram daging sapi, rebus dengan 3 liter air, 2 cm jahe hingga empuk dagingnya ( atau 1/2 ekor ayam kampung )
2 lembar daun salam
2 lembar daun jeruk purut
1 batang serai, geprek
Garam dan gula pasir sesuai selera

Pelengkap :
Tahu bacem secukupnya 
Taoge secukupnya, rendam air panas
Bihun beras secukupnya, rebus hingga matang
Daun bawang 2 batang dan sledri, iris halus
Bawang merah goreng secukupnya
Sambal cabai dan tomat rebus sesuai selera

Bumbu Halus :
5 buah bawang merah
4 siung bawang putih
2 butir kemiri
1 1/2 sendok teh merica butiran
1 sendok teh ketumbar

Cara Membuat :
Tumis bumbu halus hingga matang dan harum
Masuukan ke dalam air rebusan daging
Masukkan bumbu-bumbu lain
Masak hingga bumbu meresap
Koreksi rasa hingga pas gurih dan ada sedikit manisnya
Masukkan santan kental dan daun bawang
Jika memakai ayam, angkat daging ayam, suwir-suwir
Susun nasi putih, ayam suwir dan bahan pelengkap secukupnya
Tuangi kuah panas, taburi bawang goreng dan sledri
Sajikan hangat dengan sambal..yummy..!


4 comments :

  1. Selama ini cuma secret admirer and silent reader, komen ah... :D
    Aku kemarin habis mudik dari Magelang mbak....ga nemu kuliner ini karna udah jarang banget kali ya...kapan2 mau nyoba di rumah ah...sukses terus ya mbak
    Ade Y

    ReplyDelete
  2. Mba, ini santannya berapa banyak ya?

    ReplyDelete
  3. Iya mb Di, memang soto lesah ini enak banget. Kalo versi ibuku pake kunyit jadi bener2 kayak opor encer dan pake daging sapi. Tahu bacemnya itu lho yang nyumbang rasa yang unik.

    ReplyDelete
  4. Seneng deh mbak nemu artikel ini, sy asli magelang tapi kalo pas mudik kok rasa2nya makin susah cari menu ini di Magelang, sudah jarang yang jual

    ReplyDelete