Tuesday, January 26, 2016

Opor Tahu Tempe


Kemaren sebelum boss kecilku pulang sekolah, udah siap bikin opor ayam kampung, udah aku bumbuin, dll siap masak. Eh pas Yodha lihat ayam di dapur, lha kok requestnya ayam goreng. Aduch..padahal udah  bumbuin opor..hihi. Akhirnya ayamnya di ungkep aja bumbu kuning. Tapi Emaknya nggak mau rugi, karena ayam kampung sayang kan jika nggak di buat kaldu dulu, jadi sebelum di ungkep di buat kaldu dulu. Bikin opornya tetep, tapi opor tahu tempe..hahah. Biar ada aroma ayam, jadi opornya pakai kaldu ayam kampungnya. Jadinya..*win-win solution kan..tetap kok aromanya opor ayam, tapi isinya tahu tempe..hahah.

Yodha..kalau ayam kampung sukanya ya di goreng atau di bakar, kalau di masak kuah  kurang suka. Ya sudahlah..kan yang penting anaknya seneng..karena dia yang masih perlu banyak nutrisi protein...jadi kalau di masakin yang dia mau kan jadi lahap makannya. Opor tahu tempe kali ini opor ayam putihan aja, tanpa kunyit, jadi mirip dengan terik. Bedanya..kalau terik itu santannya banyak dan di masak hingga mlekoh berkanil santannya. Kalau opor tahu dan tempe ini versi berkuah santan nggak terlalu kental. Tapi jika udah matang ya seperti kental juga, karena pakai kemiri. Yang jelas bedanya ini kuahnya masih seger, jadi cocok untuk makan lontong. 

Opor seperti ini cocok juga sebagai pelengkap lentog, lontong sayur khas Kudus. Selain opor tahu tempe, Lentog Kudus lauknya pakai sayur nangka, dan sambal terasi..hemm enaknya...! Citarasanya gurih dan sedikit manis, seger. Apalagi aku pakai air kaldu ayam kampung buat bikin santannya, lebih gurih rasanya. Jadi berasa opor ayam..hihi. Tapi jika nggak ada air kaldu, pakai santan biasa juga ngga masalah kok teman-teman.

Oke dech, selamat mencoba menu murah meriah ini ya teman-teman, jika suka.

Opor Putih Tahu Tempe

Bahan :
5 buah tahu kulit segitiga, belah dua
200 gram tempe, dipotong kotak 
1/2 butir kelapa parut
1 liter air kaldu ayam
1 batang serai, diambil putihnya, dimemarkan
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, dimemarkan
2 lembar daun jeruk
1 sendok teh kaldu ayam dan garam secukupnya
1 sendok makan gula merah

Bumbu Halus :
6 butir bawang merah
3 siung bawang putih
4 butir kemiri, disangrai
1 sendok teh ketumbar
1/4 sendok teh merica
1/8 sendok teh jintan

Cara Membuat :
Peras santan kelapa dengan air kaldu ayam ( atau pakai santan biasa juga boleh )
Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan santan dan semua bumbu lain
Biarkan hingga mendidih, masukkan tahu dan tempe
Masak hingga meresap 
Sajikan hangat dengan lontong atau nasi putih, dan sambal terasi ..enak..!








3 comments :

  1. Mbak, kalo ayamnya diambil kaldunya dulu apa ayam gorengnya gak sepo?

    Liza

    ReplyDelete
  2. Nggak dong mba..kan ayamnya tetep di bumbuin..jadi ya tetep gurih enak..aku selalu nyetok kaldu ayam di freezer, kalau beli ayam kampung, jika mau di masak apapun..selalu aku buat kaldu dulu..:)Jadi bisa buat stock kalau bikin sup, bakso kuah, dll..:)Lha kalau kita buat kaldu ayam, jika ayamnya nggak di masak buat apa mba..hihi..masak di buang..:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. O gitu ya,mbak. Soalnya selama ini kalo aku punya ayam kampung mau ambil kaldunya kok sayang, takut ayamnya gak gurih lagi. Next time kalo punya ayam kampung aku coba deh mbak, ambil kaldunya dulu baru ayamnya diolah jadi masakan yang lain. Matur suwun pencerahannya ya, Mbak Diah. :)

      Liza

      Delete