Monday, January 11, 2016

Tips Menggoreng dan Membungkus Kremesan


Wah...hari ini sibuk banget..maaf belum masak ya teman-teman..seharian sibuk nginem lagi..hihi..beres-beres dapur. Mba artku libur jika Senin..jadi lihat dapur berantakan itu gemes dech..akhirnya ya turun tangan sendiri. Jadi ceritanya lagi bongkar-bongkar dapur bawah dan taman belakang, jadi mumpung masih ada tukang 2 hari besok, sekalian dech beres-beres ini itu di dapur bawah hingga asyik seharian. Jadi besok biar lebih semangat masak-masaknya jika dapur beres semua..atas oke..bawah oke..:D..siap untuk berkarya lagi besok..hihi. Berkarya masak-masak maksudnya..moga bisa segera memulai menyusun buku Minggu ini..:)

Jadi hari ini aku posting tips dulu ya. Teringat janji ke temen untuk bikin video kremesan..tapi belum terlaksana, aku posting lagi fotonya aja dulu ya. Jadi ada teman yang nanya..kok minyak berbusa waktu buat kremesan hingga nggak tau kremesan kering belum. Nah..aku kok belum pernah ngalamin seperti itu. Karena penasaran..aku tadi buat pisang kremes lagi tadi buat cemilan tukang, aku pakai gula aren lagi..hemm..enak..gurih banget..langsung ludes. Aku pakai tepung kremesan yang aku jual..dan baik-baik saja itu..nggak berbusa yang hingga menutupi kremesnya. Jadi kremesnya keliatan dengan jelas, kapan baru ngembang, hampir kering dan ketika kering..nampak jelas di wajan jadulku..:D 

Membuat kremesan..minyak harus di panaskan dulu hingga benar-benar panas, tapi..jangan api besar, api sedang saja. Kalau api besar, nanti cepat gosong kremesannya. Setelah gorengan kedua, jika di rasa api terlalu besar, boleh di kecilkan sedikit, kan suhu panas udah stabil. Dan usahakan menggoreng kremesan..memakai wajan yang tebal..dan cekung, karena akan lebih mudah membetuk dan membungkus bahan yang akan di kremes. Nggak perlu wajan mahal..merk ternama..cukup modal wajan besi jadul beli di pasar tuch lho teman-teman..tuch bagus jika mau buat usaha kremesan. Tahan banting, nggak mudah gosong dan panas minyak stabil. Jangan lupa, sebelum amsuk ke wajan, aduk-aduk adonan kremesan agar nggak ngendap di bawah.

Cara membungkus bahan kremesan, jika kremesan sudah mengembang, dorong-dorong ke tengah wajan dengan sutil agar menyatu dan saling nempel...dan setengah kering. Jangan terlambat memasukkan bahan kremesan ketika kremesan di wajan udah kering ya teman-teman..nanti ngak bisa di lipat. Celup bahan yang akan di balut ke adonan tepung kremes ( sebagai perekat ). Lalu, lipat kremesan menyelimuti bahan yang di kremes, dan goreng hingga kering. Nggak perlu waktu lama kok..secepat menggoreng gorengan lain..jadi jika mau usaha pisang kremes, dll..jangan kuatir, nggak seribet yang di bayangkan. Semangat mencoba terus ya teman-teman..yang belum berhasil membungkus kremesan...:D

Menyaring kremes, sebaiknya pakai serok atau saringan berlubang halus, jadi sebelum di tuang adonan kedua, saring sisa remahan kremes di minyak. Mudah kok di angkat, jika pakai saringan yang lubang halus. Tiriskan kremesan di serok beberapa waktu dalam posisi agak tinggi, misal bawahnya di beri mangkuk, agar sisa minyak menetes atau bisa di tiriskan pakai tisue dapur. 

Terus...apalagi ya..pertanyaan yang sering di tanyakan seputar kremesan..hemm..oh iya..ada juga yang tanya..jika mau lebih kokoh nggak *krememes ( renyah ngeprul ) kremesannya..kuning telur boleh di ganti telur utuh yang di kocok lepas, tapi jangan terlalu banyak, nanti nggak bisa kriuk malahan..:D

Moga nggak bosan baca tips kremesan ya..hihi..soalnya dari pada aku bolak balik jelasin ke teman-teman yang nanya tentang cara menggoreng kremesan ini satu persatu..aku tulis aja lagi..tips yang lebih detail dan komplit ini..:D. Semoga bermanfaat ya teman-teman, sedikit tipsnya...:)

Ini foto kremesan..setelah di dorong pinggir-pinggirnya ketengah pakai sutil..jadi yang awalnya agak renggang dan menyebar kremesannya, jadi menyatu dan saling nempel dech..satu sama lain kremesannya, jadi lebih mudah di lipat.


Jika mau lebih menempel kuat di bahan yang di kremes dan nggak rontok kremesannya, ketika hampir kering, di tekan-tekan sedikit, jadi nempel banget dech kremesan ke bahannya..hihi.


4 comments :

  1. Mksh tipnya mbak diah....slm kenal dr shinta dikalteng

    ReplyDelete
  2. Mksh tipnya mbak diah....slm kenal dr shinta dikalteng

    ReplyDelete
  3. Awww...susah juga ternyata bikinnya. Hahaha

    ReplyDelete