Monday, January 4, 2016

Gulai Kikil


Semangat tahun baru teman-teman..semoga tahun ini membawa berkah dan kehidupan yang semakin baik ya buat kita semua. Alhamdulillah..rejeki tahun baru juga harus di syukuri..baru mulai aktif hari ini udah dapat order banyak tepung leker..sampai 250 kg lebih..wah..walau capek habis liburan ya tetep semangat packing dll. Jadi baru sempat posting nich. Masak juga masih seadanya..karena belum sempat belanja ke pasar. Memanfaatkan bahan yang ada di kulkas saja..lumayan, nemu sedikit simpanan kikil yang sudah aku rebus sebelum liburan kemaren. Jadi masih bisa di masak hari ini buat lauk.

Karena cuma sedikit bahan, jadi pengen masak yang berkuah aja..jadilah aku masak gulai. Gulai Jawa sich..yang ringan bumbunya..hihi..bukan gulai versi masakan Padang yang sarat bumbu rempah. Bisa pakai kikil atau daging atau jerohan ya teman-teman. Jika ibuku masak gulai begini biasanya agak encer, tapi aku tadi suka yang agak kental kuahnya..jadi aku masak hingga nyemek, biar bummu meresap sempurna gitu.

Gulai versi Jawa ini biasa di sajikan sebagai hidangan waktu acara kendurian..kalau di rumahku, di sajikan dengan nasi putih dan di beri irisan kol dan tomat, serta sedikit kecap jika suka. Enak dan segar rasanya jika kuah encer, dan miroso kuahnya jika di masak hingga nyemek. Jadi sesuaikan selera saja ya.

Memasak gulai ini harus di cicipi bumbunya hingga pas ya teman-teman..karena kunci kelezatan masakan ini jika takaran garam dan gula bisa pas sesuaikan selera. Jika mau kol bisa di masak bersama gulainya sekalian, waktu daging udah empuk..tambah kecap dan cabai rawit..jadi kayak tongseng dech..hihi..enak juga. 

Oke..ini dia resepnya ya teman-teman..besok aku belanja dulu ke pasar dech buat melanjutkan kloter terakhir masak resep give away Minggu ini, soalnya Minggu depan harus fokus ke kerjaan lain..menyusun buku ketigaku. Oke dech..selamat mencoba ya..jika suka teman-teman..:)




Gulai Kikil

Bahan :
300 gram kikil / urat sapi, rebus / presto sebentar hingga agak empuk
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
1 batang serai, geprek
2 lembar daun jeruk purut
1/2 sendok makan gula merah
1 sendok teh kaldu sapi dan garam sesuai selera
800 ml santan sedang

Bumbu halus :
6 butir bawang merah
3 siung bawang putih
2 butir kemiri
1/2 sendok teh ketumbar
1 cm kunyit
1 cm jahe
8 buah cabai merah

Cara Membuat :
Tumis bumbu halus hingga harum dan matang
Masukkan santan dan semua bumbu, serta kikil
Masak dengan api kecil hingg akuah menyusut dan bumbu meresap
Koreksi rasa
Sajikan hangat dengan nasi putih atau lontong, dan sedikit kecap manis jika suka






3 comments :

  1. nyoba ah masak makanan yang "berat" kayak gini, heheh. Makanan ini enak tapi berat masaknya wkwkw

    ReplyDelete
  2. Mba diah.. tips donk memilih kikil yg baik dan benar.. di pasar sering galau mau beli.. yg enak bagus seger itu yg kaya gmn. Soalnya ini gak kaya daging kan warnanya putih gitu

    ReplyDelete
  3. ohya kalau ngga ada presto kikil di apain ya mba biar empuk

    ReplyDelete