Thursday, January 7, 2016

Rendang Keripik Kentang


Postingan hari ini telat banget..siang pulsa internet kok muter-muter nggak bisa upload..sore hingga malam mati lampu alias listrik di rumah. Ya udah..seharian coba beberapa menu give away aja..jadi telat postingnya. Mumpung listrik udah nyala dan nggak ngantuk, tadi udah tiduran bentar,  ya udah rekap orderan hari ini sekalian posting. Jadi ini postingan tengah malam..hihi.

Hidup itu menurut pepatah Jawa, *sawang sinawang ya..atau saling melihat. Kemaren ngobrol sama teman yang kerja kantoran..wah enak ya mba Diah..di rumah aja bisa dapat uang, dll. Tapi taukah..bahwa semua itu perlu usaha lho teman-teman..salah satunya ya seperti ini..lembur kerja hingga malam, bukan cuma untuk pekerja kantoran, tapi untuk kami para pelaku usaha kecil seperti kami, adalah hal biasa. Kemaren 2 hari lembur orderan 550 tepung leker..sudah hal biasa, jadi..apapun yang kita lakukan..mari lakukan dengan semangat dan pantang menyerah ya teman-teman. Karena kita sendirilah yang dapat merubah nasib..jika mau berusaha. Tetap semangat..berkarya..bekerja..berdoa dan berusaha apapun yang menjadi cita-cita dan keinginan kita di tahun ini..pasti akan terwujud jika kita mau bekerja keras dan pantang menyerah.

Okeh...daripada bablas ngobrol ngalor ngidul..hihi..aku posting dulu ya menu give away kali ini. Resep andalan keluarga mba Isye dari Padang...yaitu rendang. Tapi kali ini bukan rendang daging, tapi Rendang keripik Kentang...atau bisa di sebut juga Kering Kentang Bumbu Rendang kali ya. Menu ini adalah menu andalan Ibunda mba Isye yang sering di buat untuk bekal keluar kota, dan sering di request keluarga mba Isye untuk oleh-oleh.

Pertama aku kira menu ini adalah menu Rendang basah gitu, ternyata kering, jadi bumbu menyelimuti keripik kentangnya. Tapi untuk takaran 1 kg kentang menurutku 1 sendok cabe halus kurang mba Isye..hihi..jadi aku tambah hingga 3 sendok tadi..eh masih tipis aja menyelimuti keripiknya..bumbunya. Tapi rasa rendangnya sich udah terasa...enak dan gurih khas aroma rendang. Tapi seperti biasa..aku kasih sedikit gula..hihi..jadi versi Jowo ya kalau aku..biar rasanya balance.


Okey..ini dia resepnya ya teman..aku copiin dari resep kiriman mba Isye..:

Rendang Keripik Kentang

Bahan :

1 kg kentang ukuran sedang,kupas,iris tipis 
1 sendok makan kapur sirih air untuk merendam irisan kentang 

Bahan rendang : 
1 sendok makan cabe merah (kepedasan tergantung selera) 
5 siung bawang merah, iris 
1/2 sendok makan bawang putih halus 
1/2 sendok makan kunyit halus 
1/3 sendok makan jahe halus 
1 lbr daun kunyit 
1 btg sereh, memarkan 
3 lbr daun jeruk garam secukupnya 
1/4 kg teri medan, goreng sampai kering 
Garam dan gula sesuai selera jika perlu ( karena teri medan sudah gurih juga )

Cara membuat : 
Siapkan air dalam wadah kemudian larutkan kapur sirih rendam kentang yang sudah diiris kedalam air tersebut selama 10 menit selanjutnya keluarkan kentang dan cuci dengan air bersih. 
Goreng kentang sampai berwarna agak kecoklatan.sisihkan. 
Kemudian kita buat rendangnya. 
Siapkan wajan dan masukkan santan serta semua bumbu kecuali teri medan.
Hidupkan api dan masak sambil diaduk sesekali sampai jadi rendang (berwarna kecoklatan dan keluar minyaknya) kering (klo diambil sedikit pas dipegang terasa kering/berderik) 
Kemudian matikan api dan masukkan kentang goreng dan teri medan goreng.
Aduk sampai tercampur




8 comments :

  1. Klo di maem kemripik atau agak lembek gitu mbk krn dksh santan. Tks - Indah-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kering mba seperti kering kentang tapi bumbu rendang, santannya di masak dengan bumbu hingga mengering..:)

      Delete
  2. Di bahannya ga ada santan tapi di cara membuat ada santan mba diah

    ReplyDelete
  3. santanny dimasak dgn api kecil atau sedang, mbak? brp lama proses sampe mengeringny?
    thx b4

    ReplyDelete