Tuesday, January 12, 2016

SOGOL Khas Bumiayu





Hari ini..telat lagi posting..maaf ya teman-teman..udah mulai sibuk ngerjain persiapan buku jajanan, terus ribet urusan di rumah..art ku sakit..huhu..repot sekali, mengerjakan semua sendiri. Alhamdulillah masih bisa mencoba satu menu baru resep give away kiriman teman, yaitu resep SOGOL, dari Bumiayu Brebes. Resep kiriman Mak Riski ini unik banget..aku baru pertama denger dan mencoba menu ini.

Menu SOGOL ini adalah menu khas Bumiayu yang biasa di sajikan untuk sarapan. Menunya sederhana banget..terbuat dari taoge yang di sajikan dengan kuah santan encer berbumbu. Nah uniknya..ampas kelapanya ikut di masak..jadi seperti urap rebus dech rasanya. Aku kira-kira aja tadi takaran bumbunya, karena Mak Riski nggak menyertakan takaran. Dah bener dugaanku..rasanya surprise..! Enak lho..seger...seperti urap..tapi versi bekuah..hihi. Dan karena aku suka taoge..jadi ya nggak masalah jika isinya cuma taoge aja.

Karena penasaran, aku cari referensi di internet, ternyata belum banyak yang menulis tentang SOGOL ini, cuma di blog Mak Riski, tapi fotonya kurang besar, jadi aku sendiri kurang yakin bagaimana penampakan asli SOGOL ini..jadi aku kira-kira saja seperti ini..semoga nggak beda jauh ya Mak Riski..hihi. Di banding pakai nasi..aku lebih memilih pakai lontong, karena ada referensi satu blog lagi yang mengulas sogol ini..katanya ada satu penjual SOGOL yang enak di Bumiayu yaitu SOGOL mah Kamil..itu pakai lontong, jadi aku ikutan pakai lontong aja ya Mak Riski..:D



Okeh..langsung saja..ini dia resepnya..menu sederhana tapi unik dan seger lho teman-teman..lain kali aku tamah kemangi seger lagi kali ya..hihi. Makasih Mak Riski kiriman resep uniknya..jadi tau menu khas dari Bumiayu ini..:)

SOGOL
Bahan :
100 gram taoge, rendam air panas hingga matang
300 ml santan encer dari 1/4 butir kelapa ( jangan buang ampasnya )
1 lembar daun salam
1 cm lengkuas, memarkan

Bumbu halus :
3 buah cabai rawit merah
4 butir bawang merah
1 butir bawang putih 
1 cm kencur
1/4 sendok teh terasi bakar
1 1/2  sendok teh gula merah
1/4 sendok teh garam

Cara membuat :
Tiriskan taoge
Tumis bumbu halus hingga harum dan matang
Masukkan santan, ampas kelapa dan semua bumbu lain
Masak api kecil hingga bumbu meresap
Koreksi rasa
Tata lontong secukupnya di piring, beri taoge, siram dengan kuah
Sajikan hangat

Tips : Bisa di tambah daun bawang yang di tumis bersama bumbu kata Mak Riski, tapi aku tadi lagi kehabisan daun bawang..jadi ngga pakai. 
Ini aku screen shot blog lain selain punya Mak Riski, yang mengulas tentang SOGOL ini..jadi kuliner ini beneran ada lho teman-teman..dan menjadi salah satu kuliner khas Bumiayu...yang patut kita kenal dan lestarikan..:)..Setuju ?


 

5 comments :

  1. Aplg mknya di tmbh gorengan dage.....weshhhh mantapp...kalo pd mudik maunya mkn sogol , gorengan dage, kupat tahu ama opak petis truss krupuk sadul....weshhh jd kemecerrr.....hihihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku yang pansaran itu dage sama petis itu mba..belum eprnah makan :)

      Delete
  2. Ibuku orang bumiayu asli mbak...dulu waktu aku kecil kalau pagi2 di tempat simbah itu ada yg jualan bubur, petis, sogol trus ditaburi krupuk mi, jam setengah 6 udah buka, jam 8 habis...kalau kangen masakan itu aku nelponi ibu tentang bumbunya..cuma krupuk mi ga ada yg jual d bekasi...
    Ade

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sarapan yang enak pastinya ya mba..mogaa kapan2 bisa nyoba ke Bumiayu langsung :)

      Delete
  3. Aku surprise bgt mba posting sogol...secara aku fans berat mba diah dan aku asli bumiayu...
    peluk jauh...makasi ya mba sudah memperkenalkan sogol lebih luas.

    ReplyDelete