Thursday, January 28, 2016

Sate Maranggi


Sate Sapi lagi...! Jangan bosan ya teman-teman, menunya sate lagi..hihi. Yodha lagi suka sate. Jika di tanya hari ini mau makan apa ? Jawabannya, pasti minta daging sapi. Terus aku tanya di masak apa..mintanya sate. Ya udah dech...buat Yodha..biar tumbuh besar dan sehat, apa sich ya..yang tidak. Yang penting masak satenya sampai matang dan nggak pakai arang, pakai panggangan listrik, jadi lebih cepat, bersih dan nggak repot. Kebayang kan..kalau sering masak sate pakai arang..repot banget nyalain arangnya..hihi. 

Kalau pakai panggangan listrik, tinggal pencet tombol..pilih mode barbeque..panggang sebentar, matang dech. Menurutku, panggangan listrik ini cukup efektif mematangkan daging dan nggak membuatnya cepat gosong. Aku udah uji coba, kalau  bikin sate, pakai grill pan di atas kompor langsung, itu cepat sekali gosong dan jadi kurang maksimal. Beda dengan panggangan listrik, panas stabil jadi matang  merata dan hasilnya cantik satenya.

Tapi jika mau sedikit repot dan harum aroma bakaran arang...ya terpaksa nyalain arang ya teman-teman, jika mau coba. Mungkin di hari weekend, seru kali ramai-ramai bakar sate dengan keluarga di rumah. Pilihan menu sate kali ini, aku pilih sate Maranggi. Ad aberbagai versi resep, ada yang bumbu minimalis, ada yang komplet. Aku pilih yang bumbu komplit saja. Takaran bumbu sesuai seleraku saja. Ingat, untuk membuat sate yang empuk dan mudah matang, pilih daging has dalam atau has luar ya teman-teman. Jika mau sedikit gurih lumer, bisa di campur sedikit lemak sapi.

Oke dech..selamat mencoba jika suka, maaf nich fotonya seadanya ya..tadi motret udah magrib, jadi terpaksa cepat-cepat. Dan sate memang paling enak di makan hangat, jadi jangan kelamaan di fotonya..hihi.

Sate Maranggi

Bahan :
300 gram daging has dalam / luar
50 gram lemak sapi
3 sendok makan kecap manis
1 sendok teh gula merah
Garam secukupnya
1 sendok teh air asam Jawa kental

Bumbu Halus :
4 butir bawang merah
2 siung bawang putih
1 sendok teh ketumbar bubuk
1 cm lengkuas muda
1 cm kencur

Cara Membuat :
Potong-potong kecil daging dan lemak sapi
Campur dengan bumbu halus dan semua bumbu lain
Diamkan 30 menit agar bumbu meresap
Tusuki dengan tusuk sate, bakar hingga matang sambil di oles sisa bumbu rendama

Sajikan dengan sambal kecap ( kecap, bawang putih goreng dan cabe rawit )

 

10 comments :

  1. Mba, jadi pake 6 bawang merah? Atau 4 bawang merah dan 2 siung bawang putih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba..mksh koreksinya..salah tulis td..udah di update ya :)

      Delete
  2. Maksudnya ini dipanggang pake oven listrik bukan mbak di? Bisa ada gosong2 nya dikit ya? -ayu-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan mba...pakai alat gril kompor listrik..:)

      Delete
  3. Mbak Diah,, kalo boleh berbagi informasi, itu mangkok sambal gambar ayam jago dapat beli dimana yaa... ? cantiik sekali... mathuk sama sate marangginya... :) Sukses selalu.. terima kasih.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di sini banyak mba...:) kan pusatnya keramik Semarang :)

      Delete
  4. Lht pernak-pernik mbak diah lucu2 n unik....rasanya gak sabar pgn cpt pdh kejawa...

    ReplyDelete
  5. Hai mbak dii, mau saran nih.. Hmm, kalo bisa skalian pernik elektronik spt alat grill listrinya ikutan di foto jg.. Jd buat refensi kaya aku ibu rumah tangga mudaa.. Hehe
    Mksh sblmnya..

    ReplyDelete