Google Ad

Monday, January 25, 2016

Bakwan Jamur Telur Puyuh


Mulai dingin ya teman-teman hawanya sekarang. Di Semarang yang  biasanya sumuk panas aja, sekarang udah dingin banget. Nggak kebayang teman-teman yang tinggal di Amerika...yang sekarang lagi musim salju ya..pasti dingin banget ya. Semoga badai salju cepat berlalu ya..di sana. Saat-saat dingin gini, tubuh butuh nutrisi dan makanan yang hangat-hangat ya teman-teman. Alhamdulillah di saat musim dingin gini Yodha udah suka makan, jadi nggak khawatir seperti dulu...soalnya..kalau asupan nutrisi kurang di musim gini jadi gampang sakit.

Dan di pagi hari yang dingin banget ini...aku butuh kehangatan..haha. Apa itu..?  Secangkir white coffee aja cukup sich..hihi. Ikutan mas Lee Min Ho ah..minum white coffee..lol..! Oh ya..biasanya..kalau weekend juga aku menghangatkan hati dengan nonton drama Korea..tapi kok akhir-akhir ini..kurang nendang ya..drama-drama baru ceritanya. Buat penggemar drama Korea..ada rekomend nggak drama terbaru yang bagus awal tahun ini. Aku nonton di Kbs, Oh my Venus, school..dll..kok gak ada yang seru ya ceritanya. Akhirnya sekarang nonton film-film pendek aja. Tapi film Korea juga  beda sich ya..sama dramanya.

Walah..pagi-pagi sudah ngomongin yang hangat-hangat..haha. Mau hangat lagi..? Masak di depan kompor, pasti hangat banget dech. Apalagi sambil goreng dan nyemil bakwan yang baru matang hangat dari penggorengan, di jamin hangat bingits..hihi. Cemilan gorengan..asal goreng sendiri, lebih enak..dan bersih..bisa jadi cemilan cepat dan murah meriah. Kemaren lihat jamur di pasar seger banget, langsung beli beberapa dech dan aku buat bakwan ini. Enak banget !

Jika mau bakwan jamur tiram ini, pilih yang segar ya teman-teman, agar nggak berair, dan aromanya masih fresh jamurnya. cuci bersih di air mengalir, dan sedikit di peras agar kesat. Kalau jamurnya segar, di peras nggak bakal layu kok jamurnya, tapi jika sudah nggak segar, jika di peras biasanya kan lemes dan berwarna kocoklatan, karena sudah mengandung air jamurnya. 

Oke..yang butuh kehangatan di pagi yang dingin ini..hihi...bikin bakwan ini yukk :)


Bakwan Jamur Telur Puyuh
Bahan :
150 gram jamur tiram, cuci bersih, peras, suwir kecil
100 gram wortel, potong korek api
1/4 buah bawang bombay, iris halus panjang
1 batang daun bawang, iris halus
1 batang sledri, iris halus
100 gram tepung terigu serbaguna
1 sendok makan tapioka
150 ml air
50 gram  udang kupas, cincang kasar
1 siung bawang putih, haluskan
1/4 sendok teh merica bubuk
1 sendok teh kaldu ayam bubuk
1/8 sendok teh garam
1/8 sendok teh gula pasir

Cara Membuat :
Aduk rata semua bahan kecuali telur puyuh
Panaskan minyak goreng
Ambil satu sendok sayur adonan, beri satu telur puyuh di atasnya, goreng hingga matang dan kecoklatan


13 comments :

  1. Enak nih....bisa buat tmn minum teh dipagi hari atau buat lauk sarapan....☺

    ReplyDelete
  2. pagi Mbak Diah..
    Udah nonton Oh My Ghost? menurutku itu heartwarming banget.. :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah mba..Oh my Ghost..She was Pretty...udah nonton semua je..ringan tapi menarik. Nah, udah nonton yang terbaruu banget..gak ada yang oke..:D

      Delete
  3. Wah pas banget depan rumah ada warung pecel, mau buat ah untuk kawan makan pecel....

    ReplyDelete
  4. mbak diah, coba nonton reply 1988 deh. dijamin nagih. gak cuma cinta2an aja tapi ada family story.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mba..mksh..kayak reply yang sebelumnya ya..ada lucu2nya juga..?..:)

      Delete
  5. Alhamdulillah,camilan yg unik dg telur puyuh.Tp Mbk, tak bc ber-kali2, tdk terbaca tlh disebutkan brp telur puyuhnya,dan kelihatannya telur puyuh rebus ya? Ma'af mungk krn mataku sdh letih jln2 browsing.Mhn infonya ya Mbk Di?Penasaran,ingin nyoba,(walaupun telur puyuh tinggi kolesterolnya.)Matur nuwun seblmnya. Jzkh khr.(Salam dari Omi van Obien).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf Bunda baru bales, 10 atau secukupnya adonan ya..:)

      Delete
  6. Mbak Diah, kemarin sdh saya coba buat temen lauk sup daging dan asem2 daging. Saya peras, dan benar kata mbak Diah, jamurnya gak layu krn masih segar. Enak, kenyal apalagi kalo masih panas. Saya tdk pake telur puyuh. Mirip ote2 ya mbak. O ya, batang jamurnya juga dipakai? Terima kasih.
    Sisca - Surabaya

    ReplyDelete
  7. Mbak didi kalau mau pesan tepung dan kaldu gmn caranya, dikirim ke malang apa bisa?

    ReplyDelete

Google Ad

Visit Our You Tube Channel