Google Ad

Friday, June 12, 2015

Mie Ayam Jamur Hot Plate


Membuat mie ayam jamur ala resto di rumah sendiri ?..Bisa banget teman-teman. Hemm..gara-gara sering jajan di luar kalau weekend....icip-icip resto atau warung baru...kerasa mahal ya sekarang teman-teman. Ya..mungkin karena harga bahan-bahan makanan juga tinggi. Tapi nggak apa-apa..makan di luar itu banyak manfaatnya juga buat aku..setelah full semingguan makan makanan rumah, buat refreshing sekali waktu pas weekend, kami suka makan di luar..ketemu banyak orang..icip-icip hal baru atau menu baru..biar bisa jadi ide menu masakan di rumah..dan standarisasi rasa. Apalagi jika icip-icipnya free di undang resto-resto untuk review menu mereka..wuaa..yang nggak bakalan nolak..hihi. Udah makan gratis..dapat *sangu..hahah. Kalau makan di luar..kami suka mencari sesuatu yang baru dan unik-unik. Kadang aku penasaran..kok ada resto atau warung makan yang laris manis..itu seperti apa rasanya. Jadi ketika mencoba di rumah..lidah udah terasah dech dengan rasa yang enak itu seperti gimana. Atau rasa yang di sukai orang-orang itu seperti apa. Dan alhamdulilah ketika ku tuangkan dalam resep-resep yang ku tulis di web ini..banyak teman-teman yang cocok juga ya.

Cuma yang itu tadi..sekarang kalau jajan itu apa-apa mahal ya teman-teman. Kadang makan di warung biasa bertiga..bisa 70 ribu..kayak warung pecel gitu..lho padahal..tapi pecel ngetop sich di sini..hihi..atau kadang nasi goreng seafood, sama cap cay ala Chinese food gitu..2 porsi 60 ribu..hihi. Sate kambing, tongseng, bisa 100 ribu lebih untuk 3 orang. Tapi kami memang pilih-pilih sich kalau jajan...pilih yang enak bener..hihi. Apalagi jika jajannya ke resto..wah yang tambah mahal lagi. Tapi kadang-kadang..justru sering kuciwanya kalau makan di resto ya..hihi..udah mahal..kurang sesuai selera pula rasanya..suka nyeselnya tuch di sini...! *tunjuk dompet..*...hihi. Nah..kalau keseringan jajan di resto..bukan Mak irit lagi dong..makanya..pengen nulis menu-menu ala resto nich teman-teman yang bisa kita masak sendiri di rumah..pasti lebih enak dan lebih ekonomis aja. Siapa tau bisa jadi ide usaha juga nich buat teman-teman.

Nah..kali ini aku mau share resep mie ayam jamur hot plate. Biar mirip kayak di resto..beneran pakai piring besi hot plate dech..hihi. kebetulan aku punya satu di rumah. Jika nggak ada..pakai piring saji biasa ya teman-teman. Tapi buat yang mau buka  usaha..mungkin ide mie ayam hot plate ini bisa di tiru ya, kan jadi unik dan punya daya tarik tersendiri. Keunikan mie ayam hot plate itu adalah di cara penyajian yang unik. Mie dan toping di sajikan di piring besi hot plate, sedang kuah dan pelengkap lain seperti pangsit dll..di sajikan terpisah. Kelebihan lain adalah..karena piring hot platenya di panaskan terlebih dahulu, makan awet panasnya..sewaktu di nikmati. Hati-hati ya..tapi..jangan sentuh piring hot platenya waktu makan..puanass..hihi. Apalagi jika di sajikan untuk anak-anak..awasi atau di suapin aja ya teman-teman.


Biar lebih spesial..mie ayamnya nggak cuma toping ayam, tapi di beri campuran jamur..jadi makin enak dan bergizi dech. Okay..mau coba menu ala resto ini di rumah besok pas weekend teman-teman..yukk di coba ya. Jika mau koleksi resep-resepku yang mudah dan enak..dalam bentuk cetak..bisa juga teman-teman cari buku 62 RESEP MASAKAN LEZAT UNTUK MENU SEHARI-HARI ya..sudah beredar di toko buku Gramedia dan Gunung Agung di seluruh Indonesia lho. Happy cooking...! ^^

Mie Ayam Jamur Hot Plate

Bahan :
200 gram mie kering / mie basah
150 gram ayam rebus, potong kotak kecil
50 gram jamur merang, potong tipis
5 lembar sawi hijau 
2 batang daun bawang
Bawang goreng secukupnya
Kecap manis dan saus sambal atau tomat untuk pelengkap secukupnya

Bahan Kuah :
800 ml kaldu ayam
2 siung bawang putih, geprek hingga remuk
Gula pasir 1/2 sendok teh, merica bubuk 1/8 sendok teh
1/2 sendok teh kaldu ayam dan garam ( sesuai selera )

Bumbu halus ayam kecap :
3 buah bawang merah
1 siung bawang putih, haluskan
2 cm, geprek
¼ sendok teh merica
½ sendok teh garam
1/2 sendok teh gula pasir
3 sendok makan kecap
200 ml air

Cara membuat :
Tumis bawang putih halus dan jahe geprek hingga harum, masukkan daging ayam , jamur dan bumbu lain.
Masak dengan  hingga meresap dan kuah menyusut. Sisihkan.

Kuah :
Panaskan 1 sendok makan minyak
Tumis bawang putih geprek hingga harum, masukkan air kaldu, dan bumbu lain. Masak hingga mendidih dan bumbu meresap.
Koreksi rasa
Penyajian
Panaskan piring hot plate
Tata mie, tumisan ayam jamur, sawi hijau rebus, daun bawang, tuangi kuah kaldu
Taburi bawang goreng
Sajikan hangat dengan saus, acar, sambal, pangsit dll pelengkap sesuai selera.


2 comments :

  1. good idea mbak Di. iya nih udah lama banget ndak incip mi hot plate resto..secara gitu..mahal nian tp ndak mengenyangkan...hehehe.
    eh mbak, mi ceker ayam nya dulu sukses berat..ini mirip spt itu ya mbak cara bikinnya?
    trims.

    ReplyDelete
  2. Salut ama mb diah yg pinter masak tp msh bs respect ama makanan org lain di luar. Aku pny temen yg lidahnya tajem banget ama makanan enak, jd malah fussy deh..soalnya dia jd sering komplain dg makanan, makan di restaurant terkenalpun sering dibilang ga enak, wkwkwk

    ReplyDelete

Google Ad

Visit Our You Tube Channel