Wednesday, December 31, 2014

Mendoan Daun Kucai



Selamat menyambut tahun baru teman2..mau ke mana nich..atau mau masak2 aja dan kumpul2 bareng keluarga...aku ada beberapa menu kemaren udah ku posting di SINI ya. Atau menu2 lain..tinggal di search aja ya di web ini..banyak..mau masak apa aja ada kok resep..misal ikan bakar..iga bakar dll..ada semua. Wah tadi ke pasar memang paling ramai penjual ikan. Pada kelarisan semua. Banyak keluarga atau rombongan remaja yang borong ikan gurame dll. Mungkin pada mau buat bakaran ramai2 ya. Ada juga penjual jagung muda..banyak..ya itu juga buat bakar jagung ramai2 di malam tahun baru. Oke dech apapaun rencana merayakan malam pergantian tahun nanti..have fun ya teman2..^^

Aku kayaknya di rumah aja..juga dech. Tadi tanya Yodha..mau nginap di hotel resort seperti rencana kemaren, atau beli Nokia baru idamannya..soalnya harga hotel plus paket gala dinnernya untuk 3 orang..sama dengan harga Nokia yang di inginkan Yodha..hihi..dan akhirnya dia pilih beli Nokia baru aja. Ya udah..di rumah saja berarti ya Kak..tahun baruan..hihi.

Kemaren dapat oleh2 tempe mendoan Purwokerto dari adik ipar..wah senang sekali. Mendoan Purwokerto ini salah satu makanan enak yang selalu ku rindukan..hihi. Nggak tau kenapa memang beda gitu tempenya dari daerah lain, entah jenis kedelainya..airnya atau apanya..tapi yang jelas tempe asli Purwokerto itu paling enak di buat mendoan. Tempe khas Purwokerto kayak gini nich teman2..bentuknya tipis dan lebar..jadi nggak usah motong2 lagi jika mau di buat mendoan. Pas tadi ke pasar lihat daun kucai segar2 juga..jadi pengen buat mendoan kucai dech..enak banget.





Mendoan Kucai

Bahan :
10 buah tempe mendoan, atau tempe biasa potong2 tipis lebar
250 gram tepung terigu protein sedang
1 sendok makan tepung tapioka
400 ml air, plus 1 sendok makan santan instan, biar makin gurih
1/4 ikat daun kucai, di iris halus
minyak untuk menggoreng

Bumbu Halus:
2 siung bawang putih
1 1/2 sendok teh garam / bumbu kaldu bubuk
3/4 sendok teh ketumbar
1/2 cm kencur

Cara membuat  :
Aduk rata tepung terigu, air, dan bumbu halus. Tambahkan daun bawang. Aduk rata.
Celup tempe ke dalam adonan tepung. Goreng sampai setengah kering / masih putih , nggak perlu kering hingga krispi. Tapi jika suka mendoan biasa ala abang2 ya boleh di goreng sampai agak kering. Sesuai selera aja. Kalau aku suka masih basah..jadi lembut mendoannya. Sajikan dengan sambal kecap  atau cabe rawit.

5 comments :

  1. wah enak ya mba kl ad tempe bgtu..dsni ga ada.idex bagus nih..pke kucai jd udh skalian ada sayurx..
    iya mbak pasar rameeee.... smpe mau beli ayam aja ga digubris sm penjualx saking sibukx n panjang antrinya..xixixi... yg terlalu tu jagung mba,, bnyak yg jual trus sekarung 500rb rb,, aduuuhhh emg sih taun baru tp ya kok terlalu,xixixi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..iya mba Anita,..selalu ya momen2 khusus membuat harga2 kadang di luar batas normal..:D

      Delete
  2. daun kucainya susah di cari disini mbak

    ReplyDelete
  3. Daerh purwokerto nyrik sayur kucai dmn y mbk

    ReplyDelete