Google Ad

Tuesday, January 13, 2015

Bikin Bekal Sekolah Anak Praktis & Bergizi Yuk Bersama Lock & Lock E-Cook Deco Fry Pan...Risoles Roti Tawar


Musin hujan seperti ini anak - anak jadi lebih suka makan ya teman. Termasuk Yodhaku..walaupun di sekolah sudah di sediakan makan siang dan snack..tapi ya tetap saja minta di bawakan bekal snack lain. Tiap pulang aku cek pasti kotak bekalnya selalu kosong..hihi..tandanya di makan semua. Tentu saja aku malah seneng sich..kalau dia suka ngemil dan makan..karena kan anak - anak butuh banyak energi..apalagi Yodha sekolah *full day sampai sore. Jadilah Emaknya harus tambah  rajin bikin snack atau bekal tambahan buat Yodha.

Buat bekal sekolah anak sendiri itu nggak ribet kok teman. Pinter - pinter aja memanfaatkan bahan yang ada di rumah agar bisa jadi bekal yang bervariasi. Seperti roti tawar..jika di buat sandwich terus atau roti isi selai dll anak bisa bosan dong..jadi mari kita kreatif yuk bikin bekal yang praktis..enak dan bergizi buat anak berbahan dasar roti tawar ini. Nah kali ini aku buat risoles roti tawar isi ragout kentang. Rasanya enak sekali teman..dan bergizi untuk anak, serta mengenyangkan..karena banyak karbohidratnya kan ya. Untuk gizinya bisa di tambah daging cincang , ayam, sosis, dll sesuai selera ya. Kali ini aku pakai daging asap lagi...karena Yodhaku memang sangat suka daging asap. Jika mau bisa di tambahkan telur rebus iris, keju , wah makin lengkap dech gizinya.

Membuatnya juga cepat dan mudah..nggak perlu repot membuat kulit risolesnya..cukup pakai roti tawar aja, yang di giling sampai tipis, di isi ragout, di lapis tepung panir, lalu goreng dech. Biar lebih praktis..bisa di siapkan dari malam lho, lalu simpan di kulkas dalam keadaan sudah terpanir risolesnya teman..lalu pagi tinggal goreng dech untuk bekal sekolah anak anak.

 

Oke..buat teman - teman yang mau coba..yukk simak resepnya ya..pertama kita buat ragoutnya dulu ya. Membuat ragout susah ?..Tentu tidak teman2..kuncinya..pakailah pan yang anti lengket ya..agar ragout nggak nempel dan gosong. Untuk membuat ragout ini ..tentu saja aku pakai pan anti lengket yang serba guna, yang selalu menemani hari - hari ku di dapur nich untuk memasak aneka jenis masakan. Seneng banget dech..sejak pakai Lock & Lock E-Cook Deco Fry Pan ini masak apapun jadi makin mudah dan menyenangkan. Bikin ragout seperti ini..juga lebih mudah..nggak nempel dan gosong. Kalau pakai pan biasa..kadang suka nempel di pan ragoutnya.
Resep Ragout Kentang Daging Asap

Bahan :
200 gram kentang kukus yang di haluskan ( aku pakai Tepung kentang seduh 100 gram, seduh dengan air panas kira 250 ml atau secukupnya )
5 lembar daging asap, potong kecil
1 buah wortel, rebus sebentar, iris kecil
50 gram kacang polong
1/2 buah bawang bombai, cincang halus
Garam secukupnya
Kaldu ayam 1/2 sendok teh
Gula pasir 1 sendok makan ( atau sesuai selera )
Merica bubuk 1/4 sendok teh
Pala bubuk 1/8 sendok teh
Susu bubuk 1 sendok makan
Tepung terigu 2 sendok makan
Air 150 ml
Margarin atau minyak untuk menumis bumbu secukupnya

Bumbu halus :
1 siung bawang putih
2 butir bawang merah
Tumis bawang bombay dan bumbu halus hingga harum dan matang. Masukkan daging asap, wortel dan kacang polong, aduk rata. Masukkan tepung terigu, aduk hingga berbutir, tuangi air, aduk rata. Masukkan susu bubuk, kentang dan bumbu2 lain. Kecilkan api. Aduk rata, sampai jadi adonan ragout yang kesat. Koreksi rasa..udah pas belum gurih manisnya sesuai selera. Jika udah matikan api..Angkat...dinginkan. Siap di gunakan untuk isian risoles roti tawar.

Giling roti tawar hingga agak tipis, isi dengan ragout secukupnya, lalu bentuk pipih seperti bentuk risoles


Celup risoles ke kocokan telur, lalu gulingkan ke tepung panir kasar ya teman2 hingga terbalut rata seperti ini, jangan lupa bagian ujung2nya di dobel ya melapisnya agar   tertutup isinya.


Nah..inilah satu bagian yang menyenangkan untukku...yaitu menggorengnya. Karena  aku  pakai Lock & Lock E-Cook Deco Fry Pan. Pan anti lengket yang serba guna, cantik designnya, dan berwarna warni bikin dapur makin samarak.


Biarpun pan anti lengkat tapi Lock & Lock E-Cook Deco Fry Pan ini bisa di gunakan untuk menggoreng dengan cara deep frying..jadi makanan yang di goreng bisa terendam minyak tanpa takut tumpah2..minyaknya. Karena mudah menyerap panas pannya..jadi cukup pakai api kecil atau sedang saja..gorengan bisa matang sempurna. Menggoreng apapun jadi lebih mudah.

Jadi makin cinta dech sama si merah cantik Lock & Lock E-Cook Deco Fry Pan  ku ini..memasak apapun jadi lebih mudah dan menyenangkan.



Dan..bekal anak sekolah yang praktis dan bergizi siap menemani aktifitas anak teman..selamat mencoba ya. Semoga bermanfaat resepnya.



Tips :
Jika ragout kentangnya masih sisa, bisa di buat bekal berbeda lho teman - teman. Bentuk bola - bola kecil, gulingkan ke tepung terigu, celup ke kocokan telur, lalu gulingkan ke tepung panir, simpan di wadah tertutup, taruh di kulkas. Bisa di goreng pagi hari selanjutnya..jadi dech bekal lain yang berbeda bentuk untuk anak - anak..walau rasanya mirip..tapi anak - anak pasti lebih semangat makannya..karena bentuknya berbeda..^^








17 comments :

  1. Kalo gak suka susu boleh di skip apa tidak??

    ReplyDelete
  2. praktis banget & enak nih mbak apalagi buat camilan

    ReplyDelete
  3. Mbak Diah, aku baru pertama kali masuk ke blog mbak ini..
    wah sepertinya masak menjadi sangat menyenangkan ya...
    aku pasti coba semua menu di blog mbak :)
    thanks for sharing ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Anstasia...happy cooking ya,...yukk belajar sama2..:)

      Delete
  4. Mba Diah, this is sooooo delicious. I made this using flavored mashed potato mix here and followed your instruction. It came out perfect. This recipe is very easy to follow and is very creative. Thank you so very much for sharing your recipe.

    Very best regards ♡

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank Mba Nathalie..glad ..you enjoyed..:) You are very welcome..:)

      Delete
  5. Kayaknya gampang dibuatnya ya mbak... Coba ah

    ReplyDelete
  6. Kayaknya gampang dibuatnya ya mbak... Coba ah

    ReplyDelete
  7. Thank resepnya mbak, bisa jadi menu baru jualan snack di sekolah

    ReplyDelete
  8. Thank resepnya mbak, bisa jadi menu baru jualan snack di sekolah

    ReplyDelete
  9. Thank resepnya mbak, bisa jadi menu baru jualan snack di sekolah

    ReplyDelete
  10. Makasih mbak resepnya, aku cb yahh.. Pasti anakku suka

    ReplyDelete
  11. Mbak Diah.. Makasih resepnya.. Enaaak.. Dan sangat berguna untuk ngabisin roti tawar yg selalu sisa.. Dan rougut sisanya sy bikin bola2 juga hehe..

    ReplyDelete
  12. Mbak diah, kq kepikiran idenya ya pake roti tawar, ditipisin lagi...biasanya yg bikin males tu kulitnya itu , thanks resepnya mbk diah- Novi@bandung-

    ReplyDelete
  13. terima kasih mba didi atas sharing resepnya yang selalu kreatif dan enak

    ReplyDelete

Google Ad

Visit Our You Tube Channel