Wednesday, May 10, 2017

Cimplung Tepung Kentang



Cimplung....dulu aku belum tau menu ini adalah sejenis perkedel..karena kalau di Jawa Tengah Cimplung itu adalah Singkong yang di rebus dalam air Nira Kelapa. Di Jawa Barat, Cimplung adalah sejenis Perkedel yang unik, karena bukan bentuk bulat Gepeng seperti Perkedel Biasa, tapi  bentuknya bulat-bulat..hihi.

Cimplung ini rasanya enak sekali, setelah mencoba pertama kali dulu, aku langsung suka. Rasa luarnya itu renyah, tapi bagian dalamnya lembut..dan sedikit kenyal..enak. Kalau aslinya pakai Tapioka untuk campurannya. Tapi kemaren aku buat resep baru, pakai Tepung kentang semua. Untuk adonan utama aku pakai Tepung kentang Flakes, yang di seduh. Untuk campurannya, aku pakai Pati Kentang, bukan Tapioka...jadi rasanya tetap kentang banget..enak dan gurih.

Tepung Kentang Flakes dan Pati, ready stok ya buat teman-teman yang mau coba. Di TBK besar mungkin ada juga ya Tepung Kentang seduh, tapi beda ya..bukan bentuk Flakes seperti yang aku jual. Kalau di TBK itu lebih kecil-kecil bentuk pasir. Kalau punyaku, bentuk serpihan seperti bubur instan kering, jadi lebih mudah di seduh, lebih *memes istilahnya..jadi begitu di seduh air panas akan langsung mengembang. Tepung kentang Flakes yang aku jual juga fresh, buatan baru terus nich..produksi lokal, umkm. Kalau Tepung Kentang Flakes yang aku jual ini, prosesnya sudah di kukus, di haluskan, lalu di  keringkan. Jadi hasil seduhannya lebih lembut dan kesat di banding yang tepung kentang butiran seperti pasir.

Aku seneng banget, karena Cimplung yang pakai Tepung Kentang flakes dan campuran Tepung kentang Pati ini, selain lebih enak juga awet bentuknya..nggak mudah kisut..hihi. Jadi hingga dingin ya tetap bulat bentuknya, Jika pakai Tapioka, mudah kisut ketika dingin.

Untuk menggoreng cimplung, api jangan terlalu besar ya...minyak juga banyak hingga terendam, agar matang hingga bagian dalam dan bisa mengembang cantik Cimplungnya. Jadi api sedang-sedang saja..jika terlalu kecil juga nanti menyerap minyak Cimplungnya. Untuk lebih detail hasil gorengannya, aku posting di instagram aku kemaren videonya, silahkan cek di akun aku @bunda_didi ya. Yang  mau pesan Tepung kentang Flakes dan Tepung Kentang Pati, juga ready stok. Silahkan sms atau wa ke 089654712500. Berguna banget lho di dapur, apalagi sebentar lagi puasa ya teman-teman, dengan Tepung kentang Flakes ini, akan lebih mudah dan praktis menyiapkan aneka hidangan untuk keluarga di rumah ya.

Tepung kentang flakes ini enak di buat aneka hidangan yang memakai bahan dasar Kentang kukus, bisa olahan manis, gurih juga bisa. Jadi serbaguna. Bisa untuk membuat Perkedel, Kroket, dll. Untuk tepung kentang Pati, bisa di pakai untuk membuat cookies, chicken Karaage ala Jepang, dll.

Contoh resep-resep menu yang memakai Tepung Kentang Flakes, silahkan cek di link berikut ini ya :


Oke...aku share resep yang versi pakai Tepung kentang ini ya, aku buat versi sedikit ya,..jadinya sekitar 14 bijian..hihi...jika mau bikin banyak silahkan di dobel resepnya...:)

Seperti ini ya Tepung Kentang flakes, waktu proses penyeduhan..jadi serpihannya itu mudah di lumatkan dengan air panas..!

Cimplung Tepung Kentang

Bahan :
Bahan :
100 gram Tepung kentang, seduh dengan 250 ml air panas hingga jadi kentang kukus yang kesat
3 sendok makan tepung kentang pati
1/2  butir putih telur
1 sendok teh kaldu Ayam bubuk
1 batang daun bawang, 1 batang sledri, iris halus
Gula pasir 1/2 sendok teh
Garam secukupnya

Bumbu halus:
2 siung bawang putih
2 siung bawang merah
1/2 sendok teh merica butiran

Cara Membuat :
Aduk Tepung Kentang Lumat, tepung Kentang Pati, putih telur dan semua bumbu hingga rata. Cicipi rasa dengan menggoreng sedikit adonan. Bentuk bulat-bulat
Goreng di minyak panas yang banyak supaya terendam rata. Goreng hingga kuning kecoklatan. 
Sajikan hangat.


2 comments :

  1. Mbak ini rasanya mirip mirip perkedel kentang gitu ya

    ReplyDelete
  2. mbDidi... cimplungku gak bisa ngembang... lengket. knp yaa

    ReplyDelete