Monday, May 22, 2017

Empis - Empis Ikan


Empis-Empis, adalah makanan khas dari Temanggung. Setauku dulu seperti sayur santan berkuah pedas yang memakai cabae hijau dalam jumlah banyak dan di masak hingga medok kuahnya, jadi cabenya agak layu gitu. Isinya bisa Tahu atau Tempe. Tapi ternyata..ada juga Empis-Empis Ikan lho di Temanggung teman-teman. Jadi mungkin Empis-Empis ini lebih mengacu ke bumbu cabai hijaunya yang banyak ya...bukan bahan isian atau yang di masak. Karena ternyata  bisa pakai Ikan, Ati Ampela, dll. Dan tidak semua bersantan, ada juga yang berkuah tanpa santan, berkecap seperti ini.

Baiklah..jadi tau kan sekarang, setelah aku ngadain event #giveawaydiahdidi yang bertema resep daerah. Semoga bisa bermanfaat ya buat teman-teman lain juga..agar resep-resep tradisional dari berbagai daerah yang unik-unik seperti ini bisa di kenal luas. Jadi ayuk yang punya resep andalan keluarga, silahkan ya..jika mau di share juga. Berbagi ilmu, dan juga bisa berkesempatan memenangkan salah satu hadiah, dari total hadiah 20 Crepes maker lho dan hadiah lain. Silahkan cek di Ig aku di akun @bunda_didi ya..atau langsung cari di #giveawaydiahdidi..ada kok syarat dan ketentuannya. Untuk Give away kali ini aku adakan di Ig, agar lebih mudah mengumpulkan resep-resep peserta di sana. 

Resep Empis-Empis ini kiriman mba Naimma dari temanggung. Aslinya  menggunakan cabai 250 gram..hihi. tapi aku kurangi aja seproh karena yang doyan cabai hijau gini cuma aku. Suamiku jika makan cabenya di sisihin...hihi. Padahal enak lho Cabai hijua itu..sedepnya khas menurutku. Atau dasar aku pemakan Cabe kali ya..hahah. cabe apa aja kok suka...!  Kalau di resep mba Naimma ini versi cepat dan praktis, beda sama Empis-Empis yang biasa aku masak, itu di masak api kecil dan lama hingga cabenya layu, dan di kuah santan itu ada aroma khas cabai hijau yang sudah layu. Aku niru dari Empis-Empis yang di jual di warung di Alun-Alun Temanggung yang aku coba waktu Lebaran lalu. Enak sekali...tapi yang ini juga enak.

Oke, langsung aja aku share ya resepnya teman-teman..selamat mencoba..jika suka...menu ini cocok..jadi menu sahur juga nich..catet ya.
Untuk Ikannya aku pakai Ikan Mujair Jowo, seperti ini..rasa Ikannya gurih sekali, sayangnya duri nya agak banyak..hihi. Aslinya sich pakai Ikan sungai yang langka..Ikan Uceng namanya..tapi aku nggak punya..jadi ganti Ikan air tawar lain bisa, misal Mujair Jowo ini.

Empis-Empis Ikan

Bahan :
1/2 kg Ikan Mujair
Lumuri dengan sedikit garam, goreng hingga kering

Bumbu :
250 gram Cabai Hijau keriting, iris serong ( aku 150 gram aja plus cabai rawit hijau )
2 butir bawang merah ( aku pakai 6 )
2 siung bawnag putih ( aku pakai 3 )
1 ruas jahe, geprek
1 batang serai, geprek
1 lembar daun salam
1/2 sendok teh  kaldu jamur dan garam secukupnya
1 sendok teh gula merah, dan 1 sendok makan kecap manis ( sesuai selera
200 ml air

Cara membuat :
Tumis Bawang merah dan putih hingga harum
masukkan Cabai dan rempah daun, masak hingga cabai layu
Masukkan air, ikan dan bumbu lain
Terakhir masukkan Kecap manis, aduk rata dan masak hingga bumbu meresap sebentar saja
Sajikan dengan Nasi hangat..Ini Enakkk..!




4 comments :

  1. Dear mbk Dd...
    Itu bumbunya setelah mateng di siramkan di ikan yg udah d goreng gt po?? Atau ikut di masak bareng bumbu??kq d cara membuat ga ada si ikan ikutan nimbrung di situ?☺

    ReplyDelete
  2. Dear mbk Dd...
    Itu bumbunya setelah mateng di siramkan di ikan yg udah d goreng gt po?? Atau ikut di masak bareng bumbu??kq d cara membuat ga ada si ikan ikutan nimbrung di situ?☺

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu dicara membuatnya kan jelas ada mbak sesudah bumbu ditumis ikan dimasukkan.

      Delete
    2. yupp mba Rini, Mba Mitha..mksh udah di upsate ya :)

      Delete