Friday, May 5, 2017

Risoles Makaroni Segitiga Balut Telur



Kemaren beres-beres dapur, manggil tukang lagi. Rumahku tingkat kelembaban tinggi..jadi warna cat suka cepat berubah..jadi musti teratur mengecat ulang jendela..dll. Sekalian aja dech kemaren panggil tukang kerja dua hari. Kalau ada yang kerja gini aku selalu bikin cemilan untuk mereka. Nah..karena bapak-bapak tetap kan sukanya gorengan..hihi. Kebetulan di rak dapur masih ada Makaroni sedikit, aku buat risoles Makaroni aja..jadi mengenyangkan dan enak buat pekerja.

Risoles Makaroni ini jika di jual lumayan ekonomis juga ya teman-teman, karena ada isian Makaroninya, jadi iisan bisa lebih banyak volumenya..hihi. Jadi walau kelihatan besar-besar, tetap ekonomis ya. Untuk rasa gurihnya bisa di tambaahkan daging Ayam rebus, sosis, atau daging cincang dll. Bahkan jika bumbunya pas, hanya isi makaroni dan sayurpun tetap enak. Jadi sangat ekonomis kan.

Untuk risol kali ini juga sengaja aku buat tanpa panir, agar nggak mblenger ya. Nanti terlalu  banyak karbo..hihi. Lha kan kulitnya udah terigu, isinya terigu, jika di lapis panir, berarti lapis terigu  lagi...hihi. Jadi menurutku jika risoles makaroni, lebih enak tanpa panir. Jadi kulitnya juga lebih lembut rasanya.

Nah kali ini aku bikin variasi beda lagi, aku celup kulitnya ke kocokan telur, waktu menggorengnya. Dan ternyata makin enak rasanya. Makin lembut dan juga mencegah jika ada lubang atau kulit risolnya sedikit sobek, lebih aman ketika di goreng. Jadi tehniknya seperti menggoreng Sosis Solo Balut Telur gitu lho teman-teman. Senengnya jika bereksperimen di dapur dan hasilnya oke..hihi. 

Oke..selamat mencoba ya teman-teman..ide baruku ini..semoga sesuai selera ya...:D
Risoles Makaroni Segitiga Balut Telur

Bahan kulit
150 gram tepung terigu protein rendah atau sedang
2 butir telur
400  ml air
1/4 sendok teh garam,
Aduk rata semua bahan hingga adonan halus, saring jika perlu. Buat dadar tipis. Aku pakai Wajan Kewalik, lebih mudah dan rata tipis hasilnya. Juga lebih cepat dan praktis untuk  membuat aneka dadar seperti ini.
Lakukan hingga adonan habis.

Bahan isian :
100 gram makaroni, rebus hingga matang
100 gram daging Ayam rebus, cincang
1 buah wortel, rebus sebentar, potong dadu
1 batang sledri, cincang halus
1 sendok teh kaldu ayam / sapi..sesuai dagingnya ( optional )
1/2 sendok makan gula pasir ( sesuai selera ), 1/4 sendok teh merica bubuk, 1/8 sendok teh pala bubuk
1 siung bawang putih, haluskan
1/2 buah bawang bombay, iris halus
Garam secukupnya
Air 25 ml
1 butir Telur untuk pencelup
Cara membuat :
Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum, masukkan wortel, dan ayam. Aduk rata hingga matang
Masukkan wortel, makaroni, dan semua bumbu lain serta air. Aduk hingga bumbu merata, meresap dan kering. Koreksi rasa, rasa akhirnya gurih dan sedikit manis ya. Dinginkan.

Penyelesaian :
Ambil selembar kulit, isi dengan bahan isian secukupnya. Lipat bentuk risoles segitiga, rekatkan ujungnya dengan putih telur atau sisa adonan kulit.
celup ke kocokan telur, goreng hingga matang
Note :
Cara melipat risoles bentuk Segitiga, silahkan di lihat di postinganku di SINI ya teman-teman..jika masih bingung.
Oh iya..teman-teman yang mau order Wajan Kewalik sekarang sudah ready lagi ya..ini tinggal tunggu datang aja di kirim dari pabriknya dari Jakarta. Minggu besok udah datang. Yuhu, yang minat juga silahkan sms atau wa ke 089654712500...buruan..biar nggak kehabisan seperti dulu...hihi. Ini salah satu alat dapur yang aku rekomendasikan banget, karena serba guna. Bisa untuk bikin kue leker, kulit risol, kulit lumpia, dadar gulung, crepes, dll...prlatis banget.....!
Contoh penggunaan Wajan Kewalik untuk membuat kue Leker, bisa di lihat di SINI ya teman-teman.

No comments :

Post a Comment