Saturday, May 13, 2017

Tips Membuat Roti Dengan Bread Maker



Beberapa minggu ini lagi seneng buat Roti..karena punya alat baru untuk nguleni adonan rotinya..Bread Maker. Jadi..seperti biasa ya..aku review ya fungsi dan cara pakai alat ini teman-teman..semoga bermanfaat buat teman-teman yang maju mundur cantik...mau beli atau tidak..hihi. Aku pun dulu begitu..dari dulu pengen beli..tapi mikir..kepakai nggak ya..hasilnya enak nggak ya..hihi. Jadi daripada penasaran terus aku akhirnya nekad aja beli. Dan ternyata untukku berguna banget untukku, minimal untuk menguleni adonan..hihi.

Review ini buat teman-teman yang pengen punya Bread Maker ya..yang masih setia dan rajin nguleni tangan ya boleh-boleh saja kok..anggap aja sedikit informasi baru ya nggak...saolnya kadang-kadang niat kita share sesuatu itu kan untuk berbagi aja..tapi ada juga yang menanggapi secara negatif. Kalau aku yang berkecimpung di dapur, sudah pasti jika ada alat baru untuk dapur ya seneng aja mencoba. Jika bermanfaat aku share, agar bisa juga jadi infomasi untuk teman-teman lain yang membutuhkan. Jadi sudah jadi kerjaan Food Blogger jika mereview gadget dapur yang baru..ya kan..seperti halnya blogger kecantikan..kerjaannya mereview alat make up baru, Travel Blogger, kerjaannya mereview Hotel, Tempat wisata , resto dll..fungsinya ya sama..untuk memberikan informasi yang bermanfaat kepada pembaca. Jadi perlu suatu alat atau tidak, misalnya Bread Maker ini, kembali lagi, tergantung kebutuhan masing-masing ya individu ya. Jika tidak suka postingan tentang alat dapur..silahkan di lewati saja postingannya..hihi.

Kalau aku setelah mencoba Bread Maker ini..sangat pasti bilang..aku butuh..hihi. Karena semakin banyaknya pekerjaan aku, kadang mau membuatkan cemilan atau Roti untuk Yodha..suka nggak sempat. Nah dengan alat ini sangat berguna untukku, minimal untuk menguleni adonan, minimal, jika mau bikin Donat, Roti Panggang, Roti goreng, dll...karena alat sangat praktis, kita tinggal masukin bahan, selanjutnya mesin yang bekerja. Jadi setiap hari mau bikin Roti tawarpun, atau roti lainpun, sangat mudah..tentu lebih sehat dan fresh ya..karena kita bisa pakai bahan yang berkualitas dan kita buat baru, anget juga..sudah pasti lebih enak. Hasil panggangan roti dengan mesin Bread maker ini hasilnya untkku lebih memuaskan..di banding di oven biasa. Cuma sayangnya Rotinya jadi bentuk kotak semua...hahah. Jadi kadang yaa ngalahin di panggang di oven jika mau bentuk lain. Jadi fungsi Bread Makernya hanya untuk menguleni adonan saja...jika kita mau b uat Roti yang pakai isian atau mau di bentuk selain kotak. jadi fungsinya sama seperti Mixer roti ya waktu menguleni adonan, kelebihannya..kalau Bread Maker bisa sekalian untuk memanggang Rotinya sekalian..jika hanya mau membuat sekedar Roti Tawar atau Roti Sobek yang berbentuk kotak. Alat panggangnya panasnya oke kok..mirip oven juga, tapi karena kecil, jadi panasnya pas optimal.

Hasil ulenan adonan Roti pakai Bread Maker ini oke banget menurutku, beda sama hasil ulenan tanganku hihi. Kalau menguleni Donat, Roti goreng, Bakpao itu masih sanggup aku pakai tangan...tapi kalau Roti Oven itu aku malas pakai menguleni pakai tangan karena butuh perjuangan untuk benar-benar kalis dan elastis, walau tau triknya. Bread maker ini berguna banget, jika sewaktu-waktu mau menguleni adonan, mau bikin Roti tawar atau Roti lain sesering mungkinpun nggak bakal pegel tho tangan kita...kita pas banyak kerjaan..ya mending serahkan saja sama ahlinya..ya tho..ya si Bread Maker ini.Kemaren saking senengnya berkeperimen dengan Bread Maker aku bikin dua macam Roti dalam sehari. Capek ?..Nggak sama sekali dong..kan yang kerja mesinnya...hihi. Kita tinggal mbentuk-mbentuk aja...!

Jadi menguleni Roti pakai Bread Maker ini, asal takaran bahan pas, hasilnya sangat oke..elastis banget. Jadi selanjutnya tinggal di proofing, di bentuk, lalu di oven rotinya. Alat untuk menguleni adonan di mesin Bread maker ini, pada dasarnya mirip mixer roti, dia akan memutar adonan, di banting-banting hingga kalis, tapi bantingnya muter-muter aja di mesinnya..hihi. Yang mau lihat seperti apa persinya cara kerja Bread Maker ini, sudah aku post videonya di Ig aku ya..di akun @bunda_didi. Untuk fungsi yang paling sering aku pakai adalah fungsi Dough dan Bake. Ada juga sich fungsi lain total ada 10 tombol fungsi, misal mau bikin Bread ala luar, Sweet Bread, dll. Dari mesinnya di lengkapi juga resep dasar roti..tapi aku kurang cocok, jadi lebih suka pakai resep roti biasa ala Indonesia, sehingga hasilnya lebih lembut dan empuk.

Jadi, pada dasarnya, nggak harus pakai resep bawaan dari mesinnya lho. Pakai Resep sendiri juga bisa. Kuncinya, pakai tombol Dough atau adonan saja. Jika mau bikin Roti Tawar, bisa langsung di panggang di Bread Makernya, kan kotak hasilnya..hihi. Kalau mau bikin roti manis lain, baru dech di panggang di oven. Alhamdulillah roti anget dan menul-menul...mudah di buat kapan saja di rumah. Yodha nggak mau lagi di beliin roti Bakery sekarang..hihi. Kalau masalah lama waktu..menurutku nggak perlu di pikirkan..bikin Roti manual kan juga tetap lama. Jika nguleni pakai mesin Bread Maker ini sekitar 30 menit hingga kalis. Tapi di waktu 30 menit itu kan kita bisa ngerjain kerjaan lain, nggak perlu di pantengin juga ntar kalis sendiri, dan mesinnya bunyi...hihi. Jadi menurut aku, berguna kah Bread Maker ? Untuk aku..sangat berguna...minimal untuk menguleni adonan dan bikin Roti Tawar fresh sesering mungkin.

Oke...jika masih ada yang di tanyakan tentang Bread Maker ini, silahkan tinggalkan pesan di kolom komentar ya..atau mau wa aku ya boleh..di 089654712500. Tapi aku ndak jual mesinnya lho ya..hihi. Silahkan cek di toko peralatan rumah tangga atau di online banyak juga yang jual berbagai merk. Sesuaikan dengan budget masing-masing..hihi. Jika ingin membeli, periksa juga watt nya ya..kalau punyaku wattnya 100 pas menguleni adonan, dan 700 ketika memanggang..jadi normal aja seperti peralatan rumah tangga lain ya.

Oke, semoga bermanfaat ya sedikit info mengenai Bread Maker ini ya teman-teman...nah sekarang aku mau share Resep Roti tanpa Telur yang memakai mesin Bread Maker ini waktu menguleninya ya, dan ini yang versi Tanpa Telur, pas kehabisan Telur jadi bisa uji coba jika tanpa telur gimana, dan alhamdulillah tetap okeh Rotinya walau dengan bahan minimalis...:D
Roti Tanpa Telur

Bahan :
400 gram Tepung Terigu Protein Tinggi
75 gram Gula Pasir
260 ml susu cair
1 1/2 sendok teh ragi instan
50 gram mentega dan 1/2 sendok teh garam

Cara membuat :
Masukkan Susu cair ke kotak adonan Bread Maker
Tambahkan Tepung Terigu hingga menutupi Tepung
Beri lubang di tengah Tepung, masukkan ragi
Masukkan Gula pasir
Nyalakan Bread Maker, tekan tombol Dough
Tunggu hingga proses selesai sekitar 30 menit
Diamkan adonan hingga double size
Kempeskan adonan agar udara keluar
Potong-potong adonan sesuai selera
Diamkan 10 menit 
Bentuk dan isi sesuai selera, kali ini aku isi Sosis
Olesi susu cair, taburi wijen untuk pemanis
Panggang dalam oven sekitar 20 menit hingga matang
Note :
Jika belum punya Bread maker, di uleni biasa boleh juga teman-teman. Uleni semua bahan kecuali Mentega dan garam Jika sudah setengah kalis, masukkan mentega dan garam..uleni hingga kalis dan elastis..adonan lentur..jika di bentangkan seperti kain tipis ( lama tergantung kekuatan tangan masing-masing ya..hihihi )
Adonan roti yang kalis, mudah di bentuk seperti ini ya teman-teman..lentur dan lembut adonannya. Hasil Rotinya jadinya lembut dan empuk...jika adonan kalis seperti ini ya.

Cara membentuk adonan seperti ini ya...jika mau buat Roti isi Sosis seperti aku ya...:D Ini pakai Sosis yang kultnya edible ya bisa di bikin..takutnya ada yang protes..kok kulit sosinya nggak di kupas..:D




18 comments :

  1. Nikmat ya, boleh tu untuk di bikin ketika bulan ramadhan. Maksih kak atas tipsnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sipp....selamat mencoba ya 😊😊

      Delete
  2. In sya Allah bermanfaat..bread makerku sdh bertahun tahun msh "anyar grés" blm terpakai.Wah..persis seblm bln Ramadhan..pingin bikin ta'jil unt di nikmati bersm di msjd.
    Terimakasih mbak Diah!.
    Erna J.NL.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba..ayuk di pakai dong ..😃😃..sayang udah di beli 😅😅

      Delete
  3. Bunda didi, resep roti tawarnya yg kyk di IG itu sama seperti ini?

    ReplyDelete
  4. Bunda didi, resep roti tawarnya yg kyk di IG itu sama seperti ini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Blm ku update mba...tgg ya 😊

      Delete

    2. Di tunggu ya bunda didi😊

      Delete
  5. Mbak Diah, kalo pake bread maker, mentega dan garamnya kapan dimasukannya ? Trims sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setelah adonan nyampur mba..kau mesinku biasa berhenti dulu bentar ..nah itu bs di masukkan mentega dan Garamnya...😊

      Delete
    2. Setelah adonan nyampur mba..kau mesinku biasa berhenti dulu bentar ..nah itu bs di masukkan mentega dan Garamnya...😊

      Delete
  6. Mba diah, itu sosisnya masih pakai plastik ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu bukan plastik mba..casing sosis edible..bisa di makan..cb aja browsing byk yg jual di internet casing sosis edible..terbuat dari colagen..👌👌

      Delete
    2. Itu bukan plastik mba..casing sosis edible..bisa di makan..cb aja browsing byk yg jual di internet casing sosis edible..terbuat dari colagen..👌👌

      Delete
  7. Mbak kl pake bread maker mentega ma garamnya jg sekaligus dimasukkan soalnya di resep mbak ga ada

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masukin setelah setengah kalis mba 😊

      Delete
  8. Pertanyaan yg sama dengan di atas bunda didi,update resep roti tawar kaya di IG dong bun

    ReplyDelete
  9. Kalau tanpa telur lembut jg nga jadinya mb? Panduan breadku semua dicampur. Apakah ngefek dgn hasilnya mb?

    ReplyDelete