Monday, August 31, 2015

Kroket Kentang Isi Keju Mozarella


Happy Monday   again..! ^^

Wah..cepat sekali Senin ya..teman-teman. Kemaren nggak posting web, karena sibuk bersih-bersih dan beres-beres di hari Minggu kemaren, full seharian, sore jalan sebentar muter-muterin Yodha..jadi dech nggak sempat posting..hihi. Pertama kemaren iseng bersihin dapur, bablas seluruh rumah aku rapiin dan di bersihin dech..hihi. Biasalah..aku hampir nggak pernah pegang urusan rumah jika hari biasa, tapi kadang jika di kerjakan di mba tuch ada aja yang kurang..entah itu posisi perabot dll..semua udah bergeser..sampai peralatan dapur aja..jika mba art ku yang ngurus..suka asal di taruh.jadi aku suka bingung dech cari-cari peralatan. Untung sekarang semua properti foto dll..udah aku pindah ke atas..jadi nggak bakalan ilang dech. 

Kayak misal..sendok..takar aja..dulu, entah udah berapa kali aku beli..dan ilang terus. Mungkin nggak ilang kali ya..tapi keselip atau ketumpuk ke mana gitu...*somewhere* di gudang belakang..hihi. Akhirnya..aku terakhir beli sendok takar..yang bagus sekalian..yang dari stainless..harganya 110 ribu..haha. Terus aku wanti-wanti ke mba artku.." Mba..nich sendok..walau kecil..harganya mahal..jadi jangan sampai ilang lagi ya...! " Dan..berhasil..sekarang mba art ku jadi ati-ati..naruh sendok takarku..dan habis di cuci selalu laporan : "Bu..sendok takar yang mahal di sini..ya ! " sambil ngedumel lucu : " Lha sendok kecil-kecil aja kok mahal banget ya Bu..takut Saya kalau ilang !"..hihi. Berhasil dech sekarang nggak pernah ilang lagi sendok takarku..:D


Oke dech..mari kita masak sekarang teman-teman. hari ini..masih bikin snack buat para tukang yang kerja. Aku buatin kroket aja lah..yang cepat..pakai tepung kentang seduh ( potato flour ), soalnya tadi selesai packing udah jam 10 an..takut pada kelaparan dech tukang yang kerja. Aku buat adonan sekalian, lalu separo ku kasih keju Mozarella dalamnya..buat Yodha dan papinya. Kalau buat tukang yang kerja sich nggak pakai, soalnya pada nggak suka keju..hihi. Dulu pernah aku kasih snack pakai keju pada nggak suka je..jadi ya..adonan sama..tapi minus keju aja buat mereka.


Oke..karena hari semakin siang aku belum masak , belum bales sms, email, dll..mari kita langsung saja ya teman-teman..buat kroket ayam isi keju Mozarella ini..dengan step by step dech agar lebih jelas, buat teman-teman yang pemula di dapur dan belum tahu, cara penggunaan tepung kentang..mari merapat ya..aku kasih step by step..lengkap dech.

Oke..pertama timbang 150 gram tepung kentang seduh, kali ini aku pakai yang potato flour, yang butiran halus. Ada juga jenis lain yang aku jual, potato flakes yang bentuk serpihan, tapi untuk sekarang yang ready yang butiran halus atau potato flour. Fungsi dan rasa, sama aja...cuma beda bentuk dan proses pembuatan.



Tuangi tepung kentang seduh dengan air panas, sedikit demi sedikit, sambil di aduk, secukupnya hingga jadi adonan kentang kukus lumat yang halus dan kesat, bisa di sesuaikan selera, takaran air aja yang di sesuaikan jumlahnya. Jangan langsung tuang langsung air panasnya ya teman-teman, tapi sedikit, demi sedikit, sambil di aduk.
Jadi dech adonan kentang lumat yang siap di olah jadi aneka makanan, mudah bukan...? No repot ngukus dan ngupas kentang dech..:D



Sekarang, mari kita mulai buat bumbunya, siapkan 1/2 buah bawang bombay yang di cincang halus, tumis dengan 2 sendok makan margarin. Beri 1/8 sendok teh pala bubuk, aduk rata.


Masukkan 50 gram ayam rebus cincang, dan 3 sendok makan tepung terigu protein sedang, aduk rata hingga bergerindil. Fungsi tepung terigu di aduk-aduk dulu di sini agar tepung matang terlebih dahulu, jadi nggak bau tepung, kroketnya.


 Tuang susu cair 150 ml, aduk rata, hingga jadi adonan pasta yang halus.


Masukkan kentang seduh, bumbu : 1 sendok teh kaldu bubuk, 1/4 sendok teh merica bubuk, 1/2 sendok makan gula pasir ( atau sesuai selera ) dan garam jika perlu atau masih kurang asin. Jadi intinya rasa perbandingan gurih kroket, sesuaikan selera masing-masing. Kalau aku suka kroket yang gurih dan sedikit manis, jadi pakai gula pasirnya..lumayan. Jadi rasanya bakalan balance..gurihnya makin nendang..:D


Oke..jika adonan sudah siap, bentuk lonjong sesuai selera ukurannya, isi bagian dalam dengan keju Mozarella yang di potong panjang.



Jika adonan sudah di bentuk bulat lonjong semua, celup kroket ke kocokan telur, gulingkan ke tepung panir orange kasar agar hasil kroket lebih cantik, lalu goreng dech hingga matang dan kering. Jangan terlalu lama menggoreng kroket ya..agar tidak pecah, jadi intinya kroket itu adonannya kan sudah matang, cukup di goreng sebentar hingga tepung panirnya atau bagian luarnya kecoklatan. Makanya panaskan dahulu minyak hingga benar-benar panas dengan api sedang, jadi selain akan cepat matang, kroket juga nggak terlalu berminyak, jika di goreng ke dalam minyak sudah di panaskan terlebih dahulu. Jadi...jika teman-teman..sering makan gorengan yang berminyak..itu..karena dua hal, minyak kurang panas, adonan udah masuk, atau minyak sudah panas, tapi masukin adonan yang di goreng, kebanyakan. Jadi..suhu minyak langsung turun, di jamin dech bakalan berminyak gorengan kita dan akan lebih lama matangnya. Jadi..walaupun wajan kita besar, tapi jika menggoreng gorengan, jangan langsung di penuhi ya teman-teman...agar suhu minyak tetap stabil selama proses menggorengnya.




Yang belum tahu, potato flour atau tepung kentang seduh, kayak gini nich teman-teman..untuk saat ini tersedia yang halus ya..tepung kentang seduhnya. di TBK besar mungkin ada juga ya...merk  impor dari luar, kalau yang ku jual..fresh..buatan umkm Jawa Tengah aja..jadi selalu di buat baru..jika stock aku udah habis. Jika mau beli sama aku..boleh juga..ready stock..bonus resep donat kentang menul-menul..hihi.


Yang mau order tepung kentang atau lainnya..seperti biasa..email di bundadidi@gmail.com, atau inbox fb, wa juga udah bisa, pakai axus Yodha..hihi..daripada cuma buat main games..nah yang punya kan siang sekolah seharian tuch..jadi bisa aku pakai buat nerima order.  Yodha..kalau lagi main games malam hari suka bilang gini : " Mi..nich ada yang order tepung !"..haha..langsung teriak gitu, jika dia dengar bunyi tab nya..:D, ntar kalau udah besar, sekalian jadi assisten penjualan ya Kak..bales wa nya ya..:D

No wa nya..sama no hpku : 089654712500, cuma beda tab aja..biar nggak hang terus tab aku..sms aja udah penuh terus..:D. Tapi harap bersabar ya..karena keterbatasan waktu, dan kerjaan banyak tiap hari, jadi selalu bilang duluan..mohon maaf jika order via wa, kadang telat bales dll..mohon pengertiannya..karena tak jarang juga ada teman yang kurang sabar...hihi.

7 comments :

  1. wah enak sekali mozarella, mbak didi mozarella yang baik itu gimana ngecek dan liat nya mbak?
    Bingung kalau nyari mozarella yang enak itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pokoke yang mahalan kali ya mba yang enak..hihi..aku pernah coba impor dr Australia..enak banget..beda sama yang murah..hihi

      Delete
  2. Mbk wajan nya keliatane enak banget dipake,merk apa tu mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu maspion atau maxim mba..hihi.,.lupa aku pokoke beli di Carefour pas diskon..haha..199 jadi 100 rb an gt..:D

      Delete
  3. Mbak Diah..mengapa ya kalau kroket saat digoreng suka ada yang meletus..😊. Terima kasih

    ReplyDelete
  4. Ngilerrr liat kroketnya, ngiler liat peralatan dapurnya......

    ReplyDelete
  5. Mba...nggak pake telur ya resep kroketnya....

    ReplyDelete