Tuesday, May 16, 2017

Resep Semur Iwak Kuthuk Khas Kudus


Lanjut ya..posting menu kiriman dari peserta #Giveawaydiahdidi teman-teman. Karena alhamdulillah..belum ada seminggu yang kirim resep lumayan sudah ada 150 an resep yang masuk nich..jadi kudu ngebut coba yang unik-unik nich..biar tahu rasanya dan juga bisa aku di sahre di web atau di instagram, agar bermanfaat juga untuk teman-teman lain.

Menu selanjutnya yang aku coba adalah Semur Iwak Kuthuk. Iwak Kuthuk..kalau di Jawa namanya ya. Kalau di daerah lain mungkin sebutannya adalah Ikan Gabus. Ikan ini mirip Lele atau mirip Ular..hahah. Kepalanya sich memang serem...tapi rasanya enak lho. Nama lainnya banyak..tergantung daerah masing-masing ya. Ikan ini biasa hidup di sungai air tawar, jadi di jual dalam keadaan fresh, kalau di pasar tempatku masih hidup..jadi masih terasa manis dan gurih daging Ikannya.

Rasa dagingnya juga gurih sekali..lebih enak dari Daging ikan lele. Dagingnya tebal..dan bisa di masa  jadi menu apa aja lho ternyata. Jadi ingat kalau di rumahku dulu jaman kecil, saudara suka nangkap Iwak Kuthuk dari sungai, ya cuma di potong-potong, terus di goreng pakai bumbu minimalis gitu aja udah enak banget. Ternyat Iwak Kuthuk ini bisa di olah jadi aneka maacam masakan lho. Bisa di masak Sup, gulai, mangut, bahkan di Kudus ada menu khas yaitu Semur Iwak Kuthuk.

Iwak Kuthuk atau Ikan Gabus ini, banyak manfaat juga lho teman-teman...kandungan Albumin nya tinggi, jadi bagus untuk penyembuhan luka. Jadi jika habis operasi, di anjurkan banyak mengkonsumsi ikan ini, makan akan cepat pulih. Semoga bermanfaat infonya ya..ayuk..banyak makan Ikan..sesuai anjuran Bu Menteri..hihi.

Kata Bunda Ia Yang kirim resep ini di daerah Jekulo Kudus ada Warung khas yang menjual menu  Semur Iwak Kuthuk ini, dan katanya terkenal sekali. Wah...kapan-kapan aku coba dech, beruntung nich Bunda Ia kirim resepnya. Katanya resep ini adalah resep andalan Ibunda beliau. Kemaren sudah aku coba dan rasanya memang enak sekali. Alhamdulillah suamiku suka. Cuma Yodha belum suka..hahah. Karena males makan Duri ikan..katanya..duch..Kakak..!

Oke, langsung aja ini dia resepnya ya..aku share juga :

Semur Iwak Kuthuk Khas Kudus

Bahan :
1 kg Iwak Kuthuk ( 2 ekor )
500 ml santan
2 - 3 sendok makan kecap manis ( aku pakai Kecap Lele dong..sedeppp :D )
1 sendok teh gula merah
1/2 sendok teh kaldu jamur / Ayam dan garam sesuai selera

Bumbu Iris :
6 Bawang merah
2 Bawang putih
5 Cabai merah, 5 cabai rawit

Bumbu halus:
6 butir Bawang Merah
2 siung Bawang Putih
1/2 sendok teh merica butiran
4 butir kemiri
1 cm jahe
1 cm lengkuas

Cara membuat Cuci ikan Kuthuk dengan sedikita ir jeruk nipis, Cuci bersih
Lumuri Ikan dengan sedikit garam, goreng hingga kering agar tidak hancur ketika di masak
Tumis semua bumbu hingga harum dan matang
Masukkan santan dan semua bumbu lain
Didihkan
Masukkan Iwak Kuthuk goreng
Masak dengan api kecil hingga meresap
Koreksi rasa
Sajikan hangat


Jika mau melihat menu unik lain peserta give away, silahkan klik link berikut :


2 comments :

  1. bun, ini bumbu diiris atau di haluskan? koq ada merica butiran?? ada kemiri juga? berarti mericanya dan kemiri dibiarkan aja butiran ya waktu masak??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yg atas di iris..bawah di ulek mba 😊

      Delete