Monday, May 8, 2017

Ayam Kecap Ala Padang



Masakan Padang ada yang berbumbu Kecap ? Ada lho..di Warung makan Padang dekat rumahku...hihi. Dulu itu kurang suka jajan di warung padang, karena Yodha nggak bisa makan..kan masakannya berbumbu kuat semua. Nah..pas kepepet mau pergi itu makan di salah satu warung makan Padang di sini, kok ada Ayam Kecapnya...wah..sejak itu Yodha ketagihan, jadi malah sering ngajak makan ke sana..hihi. Jadi Ayamnya itu Ayam yang di goreng dulu, terus di tumis pakai kuah Kecap. jadi Ayamnya nggak lembek, tetap keset dan bumbu Kecapnya juga ngga terlalu manis. Enak juga sich, aku pernah juga mencicipinya.

Nah..kemaren kok Yodha kepengen di buatin Ayam Kecap ala warung makan Padang itu. Wah..jadinya aku  penasaran..cari informasi di internet ternyata memang ada kok Menu Ayam Kecap ala Padang ini. Menu ini di daerah padang tertentu katanya jadi menu hidangan pesta  malahan. Okeh..berarti beneran ada..hihi. Kemaren aku posting di ig..memang ada juga beberapa teman yang dari Minang atau Padang bilang memang ada masakan ini. Okeh dech jadi kan nggak mengarang menu sendiri kan ya..hihi.

Setelah aku pelajari, ternyata benar dugaanku, Ayamnya di goreng dulu. Karena waktu makan di rumah makan Padang itu Ayamnya keset, nggak lembek seperti jika di masak langsung dengan kuahnya...seperti kalau kita buat Semur itu lho teman-teman..kalau itu mesti kan Ayamnya jadi empuk dan nggak keset. Jadi kalau Ayam Kecap ala Padang ini, Ayamnya di bumbuin dulu, di ungkep, lalu di goreng hingga agak kering, lalu di tumis dengan bumbu Kecap. Jadi memang dua kali proses. Tapi hasilnya memang enak. Jadi Ayamnya masih ada tekturenya kesat gitu. Alhamdulillah uji coba pertama Yodha langsung suka..hihi..udah mirip katanya sama yang di Warung makan Padang dekat rumah yang jual Ayam Kecap ini.

Oke, aku share aja ya resepnya teman-teman..semoga juga suka..bisa buat tabungan menu Sahur  nich..kan sebentar lagi masuk bulan puasa. Menu masakan seperti ini, enak berbumbu..dan pasti nglawuhi..jika di makan pas sahur di bulan puasa besok, karena biasanya anak-anak pada malas makan ya..jika di masakin yang enak dan berbumbu gini pasti dech pada semangat sahurnya. catat ya..resepnya. Oh ya...kadang menu search di webku suka bermasalah..jika mau cari menu tertentu di sini, bisa via google search ya. Ketik aja..misal resep Rendang Diah Didi...nanti akan langsung muncul link resepnya di webku..gitu lebih cepat dan mudah ya. Selamat mencoba ya. 

Menu luar daerah Jawa di webku memang masih sedikit..hihi...ntar aku ngulik lagi dech. Kemaren sering lihat acara di Wonderful Indonesia di Afc..yang hostnya Chef Marinka..jadi terharu dan bangga...Indonesia ternyata sangat kaya ragam menu kulinernya. Ntar aku coba satu persatu ya...makanya ayuk teman-teman dari semua daerah di Indonesia...ikutan give away aku ya..di instagram..di mulai hari ini. Silahkan kirim postingan menu tradisional dari seluruh Indonesia di akun instagram masing-masing, khas daerah masing-masing ya...lalu di tag ke akun aku @bunda_didi. Menu yang unik dan terpilih, nanti aku re cook dan aku posting di web serta di ig. Hadiahnya oke lho ada 20 Crepes maker atau wajan kewalik dan 10 buat pernak pernik Tupperware...oke..yuk kita seru-seruan sambil melestarikan aneka kuliner Nusantara ya...:D
Ayam Kecap Ala Padang

Bahan :
1 ekor Ayam Pejantan ukuran kecil, bagi jadi 5 atau 6 bagian
Rebus Ayam dengan 500 ml air dan bumbu halus : 6 butir bawang merah, 2 siung bawang putih, dan 2 cm kunyit, sedikit 1 sendok teh garam ( sesuai selera ), serta 1 sendok teh gula pasir. Masak hingga meresap. Koreksi rasa udah gurih pas belum. Goreng ayam hingga matang.

Siapkan bumbu tumisan Kecap, 5 buah cabai merah, iris serong, 1/2 buah bawang bombay, iris panjang, dan bumbu halus :
6 butir Bawang merah
2 siung bawang putih
1/2 sendok teh  merica butiran

Tumis bawang bombay, cabai dan bumbu halus hingga harum, masukkan air sekitar 200 ml
Tambahkan 1/2 sendok teh kaldu ayam / garam dan kecap manis sesuai selera 
Masukkan Ayam, tutup dan masak sebentar hingga kuah mengental, tapi masih ada kuahnya ya
Sajikan hangat



4 comments :

  1. Saya sering membaca resep2 dlm web mba diah... terimakasih atas resep2nya mba...:)

    ReplyDelete
  2. jadi ngiler lihat makanannya..yummmi

    ReplyDelete
  3. mbak... kalo mau nambahin rasa masakannya biar jadi pedas yang ditambahin cabainya atau mericanya ya ?
    terimakasih mbak

    ReplyDelete