Saturday, May 27, 2017

Krengsengan Daging Jawa Timur


Menu kedua kali ini, masih dari peserta #giveawaydiahdidi. Kali ini kiriman Ibu Bara dari Jawa Timur. Nama menunya..Krengsengan Daging. Menu kiriman Ibu Bara ini nggak pakai Petis ya...aku kok malah suka rasanya..di banding dengan yang Kresengan pakai Petis..agak amis aromanya..hihi. Kalau ini lebih njawani soft gitu..gurih manis dan sedikit pedas.

Menu ini sangat cocok untuk menu berbuka atau sahur teman-teman. Jika buat menu berbuka, padukan dengan sayur berkuah yang agak tawar seperti sayur nangka muda, atau sayur aneka tumisan cocok juga. Jika untuk sahur juga cocok, karena lebih miroso bumbunya, jadi bisa membangkitkan selera di pagi hari di kala keluarga masih mengantuk..mencium aroma harum masakan ini, pasti dech langsung melek..hihi.

Agar lebih sedep, aku pakai Daging bagian Koyoran, atau Sandung Lamur juga boleh, jadi lebih sedep dan gurih. Sebelum di masak, di presto dulu hingga empuk. Jadi waktu mengungkep dengan bumbunya bisa cepat empuk. Jenis masakan seperti ini memang jenis masakan yang harus sabar ya, butuh waktu hingga bumbu bisa mengental dan mlekoh gini dengan api kecil. Jadi saran aku jika mau masak  buat buka atau sahur agar tidak terburu-buru...lebih baik di masak di siang hari. Jadi sore atau malam tinggal di panaskan untuk sahur.

Oke, langsung saja ya..aku share resepnya teman-teman. Aslinya Ibu Bara pakai daging Ayam. Tapi aku udah beberapa hari kemaren masak Ayam terus, biar Yodha nggak bosan, aku ganti Daging aja..rasanya..sama enak. Selamat emncoba teman-teman..dan selamat menjalankan Ibadah puasa ya..:)

KRENGSENGAN DAGING

Bahan :
500 gram Daging, boleh bagian apa saja, presto hingga empuk, potong-potong
2 lembar daun salam
1 serai
2 cm lengkuas
3 sendok makan kecap manis
1 sendok teh kaldu sapi / garam sesuai selera 
Bumbu Halus :
10 buah bawang merah
4 siung bawang putih
4 kemiri
2 cm jahe
4 cabai rawit, aku cabai merah..karena untuk Yodha
1 /2 sendok teh merica butiran

Cara membuat :
Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan sisa kaldu rebusan daging dan daging
Masukkan semua bumbu lain
Tutup panci..masak hingga meresap bumbunya dan kuah mengental
Koreksi rasa

 




No comments :

Post a Comment